Wajib Teliti, Produk Makeup Punya Jangka Waktu Pemakaian!

Jumat, 22 Juli 2022 | 14:42:00

Wajib Teliti, Produk Makeup Punya Jangka Waktu Pemakaian!

Ilustrasi alat-alat makeup. (Special)

Ladiestory.id - Sebagai seorang yang sering atau bahkan jarang make up, kecuali pada acara-acara penting yang mengharuskan untuk merias diri, tentu kamu hanya melihat produk make up dari tanggal kadaluarsa yang biasanya tercantum dalam produk atau packaging-nya saja.

Perlu diketahui, produk make up memiliki masa jangka waktu sendiri meski belum melewati tanggal kadaluarsanya.

Maskara (4-6 bulan)

Ilustrasi Penggunakan Maskara.  (Special)

Biasanya para wanita menggunakan maskara hingga produk benar-benar habis. Padahal jangka waktu pemakaian maskara adalah setiap empat hingga enam bulan. Setelah itu, tanpa kita sadari, maskara akan mulai berbau funky (plastik terbakar) dan lebih banyak memiliki gumpalan daripada warna.

Menurut Dokter Jaennate Graf, MD, seorang dokter kulit dari New York mengatakan, jangan mengambil risiko dengan produk mata, atau formula yang sudah terkandung banyak kuman, karena dapat menyebabkan iritasi dan infeksi.

Lebih baik keluarkan uang untuk membeli produk baru, daripada kamu harus menanggung risiko yang diakibatkan maskara yang sudah terkandung bakteri. Cara yang benar dalam penyimpanan adalah tutup rapat setelah setiap kali digunakan, hindari memompa gagang pada maskara masuk dan keluar, dan jangan pernah berbagi maskara dengan siapapun.

Eyeliner (6 bulan)

Ilustrasi eyeliner sempurna. (Special)

Segera buang eyeliner jika ujung pensil liner mulai mengeluarkan zat minyak atau bentuk lapisan putih. Tahan liner cair selama tidak lebih dari enam bulan dan buang lebih cepat jika terjadi pengentalan dan mulai berbau. Hati-hati dan selalu teliti setiap kali make up ujung aplikatornya akan bersentuhan dengan mata karena hak ini bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.

Kamu bisa mengantisipasi dengan mengasah pensil eyeliner setiap saat digunakan untuk menghindari kuman dan bakteri yang menempel pada wajah kamu.

Foundation (1 tahun)

Ilustrasi menggunakan foundation. (Special)

Pecinta berbagai foundation baik itu stick, cream, bahkan yang cair mau tak mau harus teliti dengan jangka waktunya. Biasanya, foundation dapat bertahan selama setahun jika penyimpanannya jauh dari sinar matahari atau pemanas lainnya. Begitu cairan foundation berwarna aneh, berbau, dan kental segeralah untuk membuangnya.

Kamu dapat memperpanjang umur foundation dengan mencuci puff atau spons setiap beberapa minggu, agar bakteri dan kuman tidak terkandung dalam foundation yang juga mengakibatkan cepat teroksidasi.

Concealer (1 tahun)

Illustrasi Menggunakan concealer. (Ladiestory.id)

Jika kamu menggunakan yang berbentuk pan atau stick, kamu akan tahu dengan bentuk yang retak atau berubah menjadi keras. Buang concealer kamu jika sudah terpisah, tampak berminyak, dan berbau busuk. Jauhkan tangan dari area concealernya dan tutup dengan rapat untuk mengurangi oksidasi dengan cepat sebelum setahun berakhir.

Lipstik (8 bulan)

Ilustrasi Wanita memakai Lipstik (Ladiestory.id)

Teliti jika kamu sering mengoleksi berbagai pilihan warna lipstik hanya untuk coba-coba. Pastikan tidak lengket, berbau karet, dan terasa aneh jika digunakan pada bibir kamu. Setidaknya, jangka waktu lipstik adalah delapan bulan. Jika lipstik saat dipakai dapat mengakibatkan jerawatan atau infeksi bibir, buanglah segera.

Brush Make Up (1 tahun atau lebih)

Ilustrasi Akibat Malas Membersihkan Alat Make up. (pinterest)

Jangka waktunya sekitar satu tahun lebih tergantung pada jenisnya. Bahkan kuas make up dapat bertahan seumur hidup, jika kamu merawatnya dengan baik. Cara merawatnya seperti mencuci seminggu sekali dengan sabun lembut dan air hangat, lalu letakkan di atas meja hingga kering dengan ujung sikat menggantung di tepinya. Kuas sintetis yang digunakan untuk krim hanya bertahan sekitar satu tahun dan perlu dibersihkan setidaknya dua kali seminggu dengan pembersih berbahan alkohol. Aduk hingga rontok dan menjadi kaku. Jangan lupa untuk membersihkan warna yang membekas dibagian kuas agar bersih secara merata.

Itulah cara dan jangka waktu setiap produk make up, teliti lah sebelum memakai make up, jangan sampai asal pakai tanpa melihat apakah produk masih aman dari bakteri.