Wanita Lebih Rentan Terinfeksi, Ini 5 Tips Cegah ISK Saat Musim Hujan

Rabu, 17 Januari 2024 | 17:41:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Wanita Lebih Rentan Terinfeksi, Ini 5 Tips Cegah Isk Saat Musim Hujan

Ilustrasi Wanita Sakit Perut. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Saat musim hujan, tubuh seseorang terkadang menjadi lebih rentan terhadap infeksi. Salah satu penyakit yang paling sering dialami pada saat musim hujan adalah ISK (Infeksi Saluran Kemih).

ISK terjadi di bagian mana pun dari sistem saluran kemih, seperti ginjal, uretra, kandung kemih, dan rahim. Kebanyakan orang mengalami infeksi pada saluran kemih bagian bawah, kandung kemih dan uretra.

Wanita lebih rentan terkena ISK dibandingkan laki-laki, karena wanita memiliki uretra yang lebih pendek dari laki-laki. Jarak uretra yang pendek, akan lebih memungkinkan bakteri masuk ke kandung kemih.

Tetap Terhidrasi

Ilustrasi Minum Air. (Pexels.com/Karolina Grabowska)

 

Saat musim hujan, biasanya seseorang akan mengurangi asupan air minum. Padahal, mencukupi kebutuhan air harian sangatlah penting untuk mengeluarkan bakteri dari sistem saluran kemih.

Dalam satu hari, usahakanlah untuk minum setidaknya delapan gelas, serta pertimbangkanlah untuk mengonsumsi teh herbal hangat agar tubuh tetap merasa rileks.

Jangan Tahan Buang Air Kecil

Ilustrasi Wanita di Toilet. (Pexels.com/Miriam Alonso)

 

Saat merasa ingin buang air kecil, jangan pernah berusaha untuk menahannya dan segeralah bergegas ke toilet. Menahan buang air kecil memungkinkan bakteri untuk berkembang biak di kandung kemih, sehingga meningkatkan risiko ISK.

Pilih Pakaian Dalam yang Nyaman

Ilustrasi Pakaian Dalam. (Pexels.com/Sora Shimazaki)

 

Untuk menjaga area intim agar tetap kering dan sehat, gunakanlah pakaian dalam berbahan katun yang menyerap keringat. Lingkungan yang lembap akan menciptakan tempat berkembang biak yang ideal bagi bakteri.

Jaga Kebersihan Diri

Ilustrasi Wanita Mandi. (Pexels.com/Ron Lach)

 

Kebersihan diri sendiri sangatlah penting, terutama pada saat musim hujan. Usahakanlah mandi secara teratur untuk membantu menjaga tubuh agar tetap bersih, serta bersihkanlah area intim dengan benar setelah menggunakan toilet untuk mencegah penyebaran bakteri.

Gunakan Pakaian Hangat

Ilustrasi Waniita Berpakaian Hangat. (Pexels.com/Miriam Alonso)

 

Daerah panggul sangatlah rentan terhadap suhu dingin, gunakanlah pakaian berlapis yang menghangatkan untuk menjaga kestabilan suhu tubuh. Saat mengenakan pakaian berlapis di musim hujan, tak hanya membuat seseorang merasa tetap hangat tapi juga membantu tubuh untuk mempertahankan suhu stabil.

Paparan suhu dingin secara tiba-tiba dapat menekan sistem kekebalan tubuh dan membuat tubuh menjadi rentan terhadap infeksi. Maka gunakanlah pakaian yang menghangatkan untuk membantu memperkuat pertahanan alami tubuh.