Waspada Diabetes, 5 Tips Cegah Kenaikan Gula Darah Usai Lebaran

Senin, 9 Mei 2022 | 13:30:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Waspada Diabetes, 5 Tips Cegah Kenaikan Gula Darah Usai Lebaran

Ilustrasi makan saat lebaran. (Special)

Ladiestory.id - Tak terasa lebaran sudah seminggu berlalu, menyantap aneka hidangan khas seperti ketupat, opor ayam hingga hingga kue-kue pun sudah tak lagi terhitung. Meski lezat, makanan khas lebaran memiliki kadar lemak hingga gula yang kerap memunculkan beragam risiko buruk untuk tubuh.

Dari berbagai risiko tersebut, kenaikan kadar gula darah menjadi salah satu yang perlu diwaspadai karena dapat menyebabkan diabetes hingga serangan jantung. Menghindari hal buruk terjadi, Kamu tak perlu khawatir karena Ladiestory.id telah merangkum 5 tips sederhana, namun bermanfaat untuk mencegah naiknya gula darah usai lebaran.

Kontrol Porsi Makanan

Ilustrasi Porsi Makan. (Special)

Tips pertama yang bisa dilakukan yaitu Kamu bisa mengatur asupan kalori dengan turut mengatur porsi makanan. Mengetahui asupan kalori secara tidak langsung bisa mengonsumsi lonjakan gula yang masuk ke dalam tubuh.

Mengatur porsi makanan dapat dengan mudah dilakukan dengan beberapa cara, seperti menggunakan piring kecil, menghindari makan di luar, hingga makan dengan perlahan.

Minum Air Putih yang Cukup

Air Putih. (Special)

Menjaga kadar gula darah dalam batas yang normal lainnya bisa juga dilakukan dengan meminum air yang cukup. Selain mencegah dehidrasi, mengonsumsi air yang cukup dapat membantu ginjal membuang kelebihan gula darah melalui urin. Namun yang harus diingat, bahwa yang dikonsumsi adalah air putih yang tanpa kalori, bukan air yang memiliki kandungan gula.

Kontrol Asupan Karbohidrat

Nasi Padang (Special)

Dilansir American Diabetes Association, cara lainnya untuk mengendalikan asupan gula adalah dengan mengontrol asupan karbohidrat dengan menghitung karbohidrat yang dikonsumsi setiap harinya. 

Tubuh memiliki tugas untuk memecah karbohidrat menjadi gula, kemudian insulin memindahkan gula tersebut ke dalam sel. Ketika makan terlalu banyak karbohidrat atau mengalami masalah dengan fungsi insulin, proses ini gagal sehingga kadar gula darah akan meningkat.

Perbanyak Asupan Serat

Buah-Buahan. (Special)

Memperbanyak asupan serat terbukti dapat memperlambat pencernaan karbohidrat dan penyerapan gula. Dengan mengonsumsi serat, maka peningkatan kadar gula darah bisa  lebih bertahap dan mencegah terjadinya kenaikan kadar gula darah secara cepat.

Makanan yang kaya serat contohnya adalah sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Berolahraga Secara Teratur

Ilustrasi perempuan olahraga. (Special)

Selain dari asupan yang masuk ke dalam tubuh, cara terakhir yang dapat dilakukan untuk mencegah naiknya kadar gula darah yaitu dengan berolahraga secara teratur. Tak hanya itu, olahraga secara rutin pun terbukti dapat membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Peningkatan sensitivitas insulin berarti sel-sel lebih mampu menggunakan gula yang tersedia dalam aliran darah, sehingga tidak perlu disimpan dan meningkatkan kadar gula dalam darah.

s