Jelang Imlek, 5 Wisata Pecinan di Indonesia yang Menarik untuk Dikunjungi

Sabtu, 14 Januari 2023 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Jelang Imlek, 5 Wisata Pecinan Di Indonesia Yang Menarik Untuk Dikunjungi

Ilustrasi Imlek. (Special)

Ladiestory.id - Perayaan tahun baru Imlek yang jatuh pada 22 Januari 2023, disambut suka cita oleh masyarakat Tionghoa. Berbagai macam pernak-pernik khas Imlek mulai dipasang. Suasana Imlek akan semakin terasa saat kamu berkunjung ke wilayah pecinan. Di Indonesia, ada banyak wilayah pecinan yang juga dijadikan sebagai destinasi wisata. 

Bahkan, menjelang perayaan Imlek seperti saat ini, wisata pecinan menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pasalnya, di kawasan pecinan umumnya diselenggarakan acara Imlek yang meriah, seperti pertunjukan barongsai, parade budaya, bazar makanan, dan aksesori khas Imlek. Ladiestory.id telah merangkum lima destinasi wisata pecinan di Indonesia yang bisa kamu kunjungi. 

Kawasan Pecinan Semarang

Kawasan Pecinan Semarang. (Special)

Salah satu destinasi wisata pecinan yang cukup populer adalah Kawasan Pecinan Semarang. Lokasinya berada di Kauman, Kecamatan Semarang Tengah. Saat kamu memasuki kawasan ini, kamu dapat melihat beberapa bangunan rumah dengan desain arsitektur Cina. Tak hanya itu, di Kawasan Pecinan Semarang juga terdapat 9 kelenteng. 

Tak hanya dapat menikmati keindahan bangunan, di lokasi wisata ini kamu juga dapat mengunjungi Pasar Semawis. Di Pasar Semawis, kamu dapat menikmati beragam sajian kuliner, mulai dari Chinese food, makanan kekinian, hingga makanan khas Semarang, yaitu lumpia. Namun sayangnya, Pasar Semawis hanya buka setiap Sabtu dan Minggu pukul 18.00-22.00 WIB. 

Petak Sembilan, Jakarta

Petak Sembilan, Jakarta. (Special)

Selain di Semarang, di Jakarta juga terdapat kawasan pecinan yang sudah cukup lama dan populer, yaitu Petak Sembilan. Lokasinya berada di Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat. Bahkan, kawasan pecinan ini direnovasi sedemikian rupa sehingga memiliki nuansa pecinan yang sangat kental dan mampu menarik minat wisatawan. 

Saat datang ke lokasi ini, kamu akan disambut dengan gerbang khas pecinan yang megah. Di lokasi wisata ini, kamu dapat mengunjungi kelenteng Toa Se Bio atau Vihara Dharma Jaya. kelenteng ini terbuka untuk umum, karena selain sebagai tempat ibadah juga merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di kawasan Petak Sembilan. 

Puas berkeliling kelenteng, kamu bisa berkunjung ke Pancoran Chinatown Point. Lokasi ini merupakan surga belanja bagi wisatawan karena dipenuhi dengan toko pakaian, kuliner, dan obat-obatan Cina.

Kya-Kya, Pecinan Surabaya

Kya-Kya, Pecinan Surabaya. (Special)

Kya-Kya merupakan wisata pecinan yang populer di Surabaya. Lokasinya berada di Jalan Kembang Jepun. Daya tarik dari kawasan wisata ini adalah kelenteng Hong Tiek Hian yang merupakan kelenteng tertua di Surabaya.

Selain itu, kamu juga bisa menyusuri kawasan Pecinan dengan berjalan kaki atau naik becak sambil menikmati keindahan kawasan pecinan Surabaya ini. Puas berkeliling, kamu bisa menikmati ragam hidangan kuliner khas pecinan maupun khas Surabaya yang ada di lokasi ini. 

Kampung Ketandan, Yogyakarta

Kampung Ketandan, Yogyakarta. (Special)

Yogyakarta dikenal sebagai salah satu wilayah dengan beragam destinasi wisata, salah satunya wisata pecinan. Saat berada di Yogyakarta, kamu bisa menyempatkan diri untuk menjelajahi Kampung Ketandan yang merupakan kawasan pecinan yang berlokasi di Jl. Malioboro sisi timur.

Di kawasan ini, kamu bisa berfoto di depan bangunan dengan arsitektur khas Tionghoa. Jangan lupa juga untuk mencicipi kue bantal legendaris yang hanya bisa kamu temukan di Toko Roti Djoen yang telah berusia sekitar 100 tahun.

Pecinan Jamthang Singkawang-Kuching

Pecinan Jamthang Singkawang-Kuching. (Special)

Ladies, jika kamu ingin merasakan kemeriahan Imlek, kamu bisa berkunjung ke kawasan pecinan Pecinan Jamthang Singkawang-Kuching. Pasalnya, saat menjelang Imlek di tempat wisata ini akan dihiasi dengan deretan lampion dan ornamen khas Tionghoa. 

Tak hanya itu, kamu juga bisa menikmati pertunjukan barongsai dan parade budaya. Jangan lewatkan juga untuk mencicipi kuliner lezat khas Tionghoa dan khas Singkawang.