Wisuda Makin Dekat, Ini 5 Tips Pilih Kebaya yang Cocok

Kamis, 14 Juli 2022 | 11:30:00

Wisuda Makin Dekat, Ini 5 Tips Pilih Kebaya Yang Cocok

Ilustrasi Kebaya Wisuda. (Special)

Ladiestory.id - Kebaya merupakan salah satu outfit pilihan yang biasa digunakan saat wisuda bagi para mahasiswi. Bahkan, tidak jarang universitas yang menetapkan pakaian tradisional tersebut sebagai dresscode.

Namun sayangnya, memilih kebaya untuk suatu acara penting tidaklah mudah. Hal ini dikarenakan beban pikiran yang selalu ingin tampil sesempurna mungkin. Padahal, sebenarnya kamu hanya perlu jadi diri sendiri.

Oleh karena itu, berikut 5 tips yang dapat kamu ikuti untuk memilih kebaya yang cocok agar penampilan lebih maksimal.

Sesuaikan dengan Bentuk Badan

Ilustrasi Kebaya Wisuda. (Special)

Dalam pemilihan model kebaya, kamu perlu memerhatikan bentuk badan. Hal ini, dikarenakan setiap perempuan memiliki bentuk badan yang berbeda-beda.

Pertama, apabila tubuhmu berbentuk apel, maka bisa memilih gaun kebaya yang dapat menonjolkan lingkar pinggang, seperti bentuk dress yang pas badan atau trapeze dress.

Kedua, apabila tubuhmu berbentuk segitiga terbalik, lebih baik memilih model gaun kebaya yang berleher V, strapless, atau one-shoulder.

Ketiga, sebenarnya jika bentuk tubuhmu adalah jam pasir, kamu bisa mengenakan segala jenis gaun kebaya. Namun, untuk penampilan yang lebih memukau, pilihlah wrap dress, pencil dress, bodycon dress, mermaid dress, atau A-line. 

Keempat, jika bentuk tubuhmu adalah buah pir, pilihlah gaun dengan ruffle di bahu, gaun yang memiliki bantalan bahu tipis, atau gaun model A-line.

Terakhir, untuk bentuk tubuh persegi panjang, sebenarnya sangat cocok memakai gaun model apapun. Namun, lebih baik pilihlah gaun kebaya yang menonjolkan lingkar pinggang, seperti potongan leher melengkung atau berbentuk hati, serta pencil dress dengan belahan di bagian samping.

Sesuaikan dengan Tinggi Badan

Ilustrasi Kebaya Wisuda. (Special)

Apabila kamu bertubuh pendek, janganlah menggunakan model kebaya yang mengembang di bagian bawah. Hal ini dikarenakan, model tersebut dapat membuat tubuhmu terlihat semakin kecil.

Untuk kamu yang memiliki tubuh berisi, jangan menggunakan model kebaya dengan bentuk jelas di bagian pinggang, seperti aksen pita agar tidak membuat penampilan semakin terlihat besar.

Perhatikan Bahan yang Digunakan

Ilustrasi Kain Brokat. (Special)

Bahan kebaya yang digunakan saat wisuda harus diperhatikan. Pilihlah bahan yang nyaman agar kamu tetap betah dan tidak merasa gatal ketika mengenakannya dalam jangka waktu panjang.

Kamu bisa memilih bahan dengan kain satin atau brokat sesuai seleramu. Apabila kamu memilih kain brokat, gunakan inner kebaya dengan bahan lembut dan mudah menyerap keringat.

Namun, apabila kamu memilih kain satin, pilihlah bahan dengan kualitas yang bagus agar tidak kasar dan panas saat digunakan.

Tentukan Warna Kebaya

Ilustrasi Warna Kain Brokat. (Special)

Kamu harus menentukan warna kebaya yang sesuai dengan warna kulitmu. Hal ini dikarenakan setiap warna mampu menimbulkan siluet tersendiri.

Bagi kamu yang berkulit putih, warna pastel hitam, hingga merah dan oranye sangat cocok untukmu. Sementara itu, bagi yang berkulit kecokelatan, kebaya berwarna putih tulang, kuning pastel, dan biru pastel akan lebih cocok denganmu.

Terakhir, apabila kamu berkulit kuning langsat, pilihlah warna pink pastel, hitam, hingga pink tua untuk memberikan kesan yang cocok dan menarik.

Aksesori Pendukung

Ilustrasi Kebaya Wisuda. (Special)

Tambahkan aksesori yang nyaman dan sesuai untuk mendukung penampilan agar terlihat semakin anggun. Kamu dapat menggunakan tas, sepatu wedges atau heels, serta hiasan rambut.

Nah, itu tadi 5 tips dalam memilih kebaya agar kamu tampil lebih maksimal saat wisuda nanti. Semoga bermanfaat ya Ladies!