Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | HEALTH | YANG HARUS DI PERHATIKAN AGAR TIDAK BAU MULUT SAAT PUASA

Yang Harus Di Perhatikan Agar Tidak Bau Mulut Saat Puasa

LS Health
Penulis: LS Health
Jum'at, 16 April 2021 | 11:00:14
Durasi baca: 2 menit, 0 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

Yang Harus Di Perhatikan Agar Tidak Bau Mulut Saat Puasa

Secara umum, bau mulut berasal dari mulut, gigi, atau masalah kesehatan lainnya. Bau mulut yang buruk dapat bersifat sementara atau menjadi kronis. Menurut American Dental Association, setidaknya 50 persen orang dewasa mengalami halitosis dalam hidup mereka. Jika kamu mengalami halitosis kronis, kamu mungkin juga merasakan rasa tidak enak / nyaman di mulut kamu. Bau mulut kronis mungkin tidak hilang bahkan jika kamu menyikat gigi dan menggunakan obat kumur. 

5 Hal Yang Harus Di Perhatikan Agar Tidak Bau Mulut Saat Puasa

Kebersihan Gigi dan mulut yang Buruk

Penyebab mulut bau yang paling sering adalah kebersihan gigi dan mulut yang buruk. Bakteri pada mulut akan memecah partikel makanan yang terperangkap di gigi atau mulut. Kombinasi bakteri dan makanan yang membusuk di mulut kamu menghasilkan bau yang tidak menyenangkan. Menyikat gigi dan flossing gigi menggunakan benang gigi (dental floss) secara teratur dapat menghilangkan makanan yang terperangkap.

Makanan dan Minuman dengan Aroma Kuat

Ketika kamu makan bawang merah, bawang putih, atau makanan lain dengan bau yang kuat, perut kamu menyerap minyak dari makanan selama proses pencernaan. Minyak ini masuk ke aliran darah dan menuju paru-paru. Hal ini menyebabkan aroma makanan tersebut keluar dari nafas dan mulut kita, bahkan hingga 72 jam setelah mengkonsumsi makanan atau minuman tersebut. Salah satu minuman yang memiliki aroma kuat dan berpotensi menjadi penyebab bau mulut adalah kopi.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Badan Agar Kamu Semakin Percaya Diri

Merokok

Menghisap rokok atau cerutu menyebabkan bau tak sedap dan mengeringkan mulut kamu. Kondisi ini bisa membuat bau napas kamu semakin buruk.

Penyakit Periodontal

Penyakit periodontal terjadi ketika kita menimbun plak pada gigi. Seiring waktu, plak mengeras menjadi karang gigi. kamu tidak dapat menghilangkan karang gigi dengan menyikat gigi, dan karang gigi dapat mengiritasi gusi kamu. Kondisi ini juga dapat menyebabkan kantong, atau lubang kecil, terbentuk di area antara gigi dan gusi. Makanan, bakteri, dan plak gigi dapat terkumpul di dalam kantong tersebut dan menjadi penyebab bau mulut.

Mulut Kering

Kondisi mulut kering juga bisa terjadi bila kelenjar air liur yang terdapat pada mulut tidak cukup menghasilkan saliva.Air liur membantu menjaga mulut kamu tetap bersih dan mengurangi bau. Mulut kering bisa terjadi karena adanya masalah produksi air liur oleh kelenjar ludah, kurang minum, tidur dengan mulut terbuka, atau mengkonsumsi obat tertentu. Pada bulan Ramadhan, banyak orang berpuasa mengeluhkan mengalami bau mulut. 

Nah, setelah kamu mengetahui beberapa penyebab bau mulut, menjaga kebersihan mulut dan gigi sangatlah penting bukan? Terapkan tips diatas agar masalah bau mulut kamu bisa teratasi dengan baik.

Sumber Foto Utama: istockphoto.com

Baca juga: Menghilangkan Bau Badan Dengan 5 Langkah Mudah


 

Yang Harus Di Perhatikan Agar Tidak Bau Mulut Saat Puasa Bau Mulut Mencegah Bau Mulut Saat Puasa

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Health