Yuk Buat Kombucha! Minuman Probiotik yang Sehat dan Segar

Selasa, 5 Juli 2022 | 20:15:00

Devy Felicia

Penulis : Devy Felicia

Yuk Buat Kombucha! Minuman Probiotik Yang Sehat Dan Segar

Kombucha (Special)

Ladiestory.id - Kombucha adalah minuman yang dihasilkan dari fermentasi teh selama 7 hingga 14 hari menggunakan jamur Scoby (Symbiotic Cultere of Bacteria and Yeast). Minuman yang berasal dari Tiongkok ini termasuk kedalam minuman probiotik dan mempunyai rasa yang unik dari seduhan teh biasa.

Seduhan teh manis yang diberi Scoby akan merubah rasa menjadi agak asam. Semakin lama difermentasi maka rasanya menjadi lebih asam. Jadi agar tidak terlalu asam, kamu bisa dicoba setelah 7 harian. Jika rasanya sudah sesuai dengan selera, kamu bisa menyaring dan memisahkan jamur scobynya.

Dilansir dari Sciencedirect pada 04/07/22, penilitian yang dilakukan di Rusia memberikan kesaksian bahwa minuman yang telah difermentasi ini dapat meningkatkan daya tubuh pada kanker, meningkatkan fungsi pencernaan, merangsang sistem kekebalan tubuh, mengurangi masalah peradangan dan mencegah penyakit jantung.

Untuk membuatnya sediakan:

  1. Toples beling yang berukuran 3 liter.
  2. Teh organik/ teh yang bubuk
  3. Air 3 liter
  4. Gula 300 gram (sesuai selera yang penting manis)
  5. Jamur Scoby
  6. Kain
  7. Karet

Cara pembuatannya, pertama, rebus air hingga matang. Lalu, masukkan teh dan gula, aduk hingga merata. Kedua, tunggu tehnya hingga dingin dan pindahkan kedalam toples beling. Ketiga, cemplungkan jamur scobynya kedalam air teh, lalu kamu bisa tutup menggunakan kain. Diamkan selama 7 hingga 14 hari untuk hasil yang maksimal. Mudahkan buatnya, selamat mencoba!