Yuk Cari Tahu! Ini 5 Cara Sehat Atasi Kegagalan

Rabu, 17 April 2024 | 14:15:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Yuk Cari Tahu! Ini 5 Cara Sehat Atasi Kegagalan

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Kegagalan merupakan sebuah hal yang wajar dialami seseorang semasa hidupnya. Meski begitu, banyak sekali orang-orang yang berusaha sekuat tenaga untuk menghindari kegagalan dalam hidupnya, agar tidak perlu merasakan emosi yang menyakitkan.

Rasa gagal bisa timbul akibat beberapa faktor yang dialami, di antaranya adalah rasa putus asa, kecemasan, perasaan tidak berdaya, rendah diri, hingga adanya harapan yang tidak realistis. 

Namun, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghadapi kegagalan dengan cara yang sehat yang juga mampu mengurangi rasa sakit, dan membuat seseorang bisa kembali bangkit dari kegagalannya.

Melansir Verywell Mind, berikut ini beberapa cara sehat untuk mengatasi kegagalan.

Validasi Segala Emosi yang Dirasakan

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Sebuah studi pada tahun 2017 yang diterbitkan dalam Journal of Behavioral Decision Making mengungkapkan bahwa seseorang tidak boleh mencoba untuk menghilangkan perasaan buruk yang dialaminya setelah merasakan kegagalan. 

Nyatanya, menerima segala emosi yang hadir saat sedang merasa gagal, itu akan membantu seseorang dalam memulihkan perasaannya. Karenanya, akuilah segala emosi perasaan tersebut.

Buat Kebiasaan yang Sehat

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Menelepon teman, melatih pernapasan, mandi busa, jalan-jalan, atau bermain dengan hewan peliharaan merupakan beberapa contoh dari cara sehat untuk mengatasi rasa sakit yang sedang dialami.

Namun, ternyata tidak semua keterampilan mengatasi masalah bisa berhasil bagi semua orang, jadi sangat penting untuk menemukan hal apa yang berhasil bagi diri sendiri untuk mengatasi perasaan tersebut.

Introspeksi Diri

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Kegagalan bisa menjadi guru terbaik jika seseorang terbuka untuk terus belajar. Maka pikirkanlah tentang apa yang dapat dilakukan secara berbeda di lain waktu. Kemudian, pastikan bahwa kegagalan yang sedang terjadi saat ini akan menjadi pelajaran hidup yang dapat membantu untuk mempelajari sebuah hal baru.

Hadapi Ketakutan dan Kegagalan

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Banyak sekali orang yang berusaha untuk menghindari kegagalan dan menghindari hal-hal yang ditakutkan. Padahal, menghadapi ketakutan bisa menjadi kunci untuk mengurangi ketidaknyamanan yang dialami.

Berlatihlah untuk keluar dari zona nyaman dengan coba menghadapi hal-hal yang menakutkan. Lama-kelamaan, hal ini akan membuat seseorang untuk belajar menghadapi ketakutan dan kegagalan dengan cara yang produktif.

Buat Rencana Untuk Melangkah Maju

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 k

Setelah mengidentifikasi kesalahan dan belajar dari kesalahan yang pernah dialami, maka bersiaplah membuat rencana untuk terus melangkah maju. Perlu diingat bahwa, terus-menerus memikirkan masalah atau mengulangi kesalahan akan membuat seseorang menjadi terjebak. Berhentilah berpikir “Saya gagal”, dan fokuslah pada pemikiran “Saya mampu mencoba lagi”.