Yuk Coba! Ini 5 Cara Tingkatkan Motivasi Saat Depresi

Senin, 4 Maret 2024 | 15:45:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Yuk Coba! Ini 5 Cara Tingkatkan Motivasi Saat Depresi

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Kurangnya motivasi merupakan salah satu gejala dari depresi, beberapa perawatan yang disertai dengan beberapa praktik tentunya dapat membantu meningkatkan motivasi seseorang.

Seseorang bisa saja mengalami kurangnya motivasi jika mengalami kesulitan menghadapi suatu masalah dalam hidup, atau mengalami sesuatu yang memengaruhi kepercayaan dirinya.

Gejala depresi bisa berkisar dari yang ringan hingga berat, gangguan ini dapat bersifat kronis atau dapat terjadi karena traumatis yang pernah dialami.

Keadaan tersebut tak bisa terlalu lama dibiarkan begitu saja, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi.

Tetapkan Tujuan Kecil

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Jika pemikiran untuk melakukan sesutau hal terasa begitu berat, maka mulailah dari yang kecil terlebih dahulu. Fokus pada satu tujuan di satu waktu, dan cobalah untuk memblokir pemikiran tentang apa yang akan terjadi setelahnya.

Berusahalah untuk mencapai tujuan kecil ini, saat bisa mencapainya maka mulailah menambahkan lebih banyak tujuan lagi.

Apresiasi Diri Sendiri

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Saat berhasil mencapai hal-hal sederhana dalam hidup, maka jangan lupa untuk memberikan ucapan selamat pada diri sendiri. Jangan berkecil hati apabila hanya mampu menyelesaikan satu atau dua tugas. 

Mengapresiasi diri sendiri mampu meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi pada diri seseorang.

Mulai Olahraga

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Olahraga dapat membuat tubuh melepaskan endorfin, sekelompok hormon yang mampu meningkatkan suasana hati. Berolahraga minimal 35 menit setiap hari dalam seminggu dapat memperbaiki gejala depresi ringan hingga sedang. Hal ini juga dapat membantu mengobati bentuk depresi lain yang lebih parah.

Hindari Hal Negatif

Ilustrasi Perempuan. (Freepik.com)

 

Membaca atau mengonsumsi berita-berita negatif di media sosial juga dapat membuat seseorang merasa lelah dan negatif, aktivitas tersebut dapat memengaruhi suasana hati dan motivasi seseorang.

Sebaliknya, fokuslah membaca berita atau mengonsumsi konten yang membangkitkan semangat dan cobalah untuk berbaur dengan lingkungan yang juga membawa suasana positif.

Mulai Bersosialisasi

Ilustrasi Bersosialisasi. (Freepik.com)

 

Memiliki jaringan dukungan yang kuat adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi dan mengurangi rasa depresi. Bersosilasi bisa menjadi cara yang bagus untuk memperbaiki suasana hati, cobalah untuk menjadi sukarelawan untuk menuai manfaat dan memotivasi diri sendiri.