Yuk Lakukan Hal Ini Untuk Cegah Rambut Rontok Saat Musim Hujan

Senin, 15 Januari 2024 | 15:54:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Yuk Lakukan Hal Ini Untuk Cegah Rambut Rontok Saat Musim Hujan

Ilustrasi Rambut Rontok. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Cuaca sangat berpengaruh bagi keadaan tubuh seseorang. Tak hanya memengaruhi keadaan kulit dan bibir, saat musim hujan rambut seseorang juga cenderung menjadi lebih kering.  Penurunan suhu dan angin dingin dapat menyebabkan berbagai masalah pada rambut, seperti rambut kering, kulit kepala gatal, ketombe, dan rambut rontok. 

Selama musim hujan, kerontokan rambut dapat meningkat 30%. Pasalnya, pada musim hujan kulit kepala menghasilkan sebum ekstra yang melemahkan folikel rambut dengan kulit kepala kering.

Berikut tips mencegah rambut rontok saat musim hujan.

Makan Makanan Bergizi

Ilustrasi Wanita Makan Makanan Bergizi. (Freepik.com)

 

Makan makanan bergizi seimbang tentunya dapat membantu menjaga kondisi tubuh seseorang, termasuk kesehatan rambut. Makanlah beragam buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, dan biji-bijian, serta pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen biotin, vitamin D, dan omega-3 untuk kesehatan rambut.

Cukupi Kebutuhan Air Harian

Ilustrasi Wanita Minum Air. (Freepik.com)

 

Minum air sangat penting untuk menjaga tubuh dan kulit kepala tetap terhidrasi. Tercukupi kebutuhan air harian dapat membantu mencegah kekeringan pada rambut.

Pilih Produk yang Tepat

Ilustrasi Wanita Mengeringkan Rambut. (Freepik.com)

 

Gunakan sampo dan kondisioner yang lembut dan melembapkan untuk mencegah kekeringan pada rambut. Hindari penggunaan air panas di kepala karena dapat menghilangkan minyak alami rambut. Keringkan rambutmu dengan handuk lembut dengan cara yang lembut, bukan digosok dengan kuat. 

Hindari Produk Penataan Rambut

Ilustrasi Wanita Menggunakan Produk Rambut. (Freepik.com)

 

Produk penataan rambut seperti pomade, gel rambut, dan hair clay, dapat menyebabkan ketombe. Jika digunakan saat udara lembap dan terkena air hujan, maka produk-produk penataan rambut itu dapat menyebabkan ketombe dan infeksi pada kulit kepala.

Jangan Sisir Rambut Saat Basah

Ilustrasi Wanita Menyisir Rambut. (Freepik.com)

 

Cara menata dan menyisir rambut juga sangat berpengaruh pada kesehatan rambut. Hindari menyisir rambut saat basah, dan gunakanlah sisir bergigi jarang untuk menata dan menyisir demi mencegah rambut rontok dan kering.