Yuk, Mulai! Lakukan Kebiasaan Ini untuk Kelola Stres

Rabu, 9 November 2022 | 18:45:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Yuk, Mulai! Lakukan Kebiasaan Ini Untuk Kelola Stres

Ilustrasi perempuan mengalami stres. (Special)

Ladiestory.id - Stres merupakan bagian kehidupan yang pasti dialami oleh banyak orang. Meski keadaan ini menyebalkan, namun stres adalah hal yang lumrah dan dapat memberikan dampak positif pada dirimu.

Dalam menghadapi stres, ada hal penting yang harus dilakukan yaitu mengelolanya agar tidak merusak fisik dan mental. Jika kamu mengabaikan stres dan berpikir tak punya waktu untuk mengatasinya, hal itu justru akan membuatmu merasa lebih stres, kewalahan, dan bahkan mengalami gejala fisik.

Pada pekan Kesadaran Stres Internasional ini, Ladiestory.id membagikan beberapa tips manajemen stres menurut klinik rehabilitasi kecanduan yang berbasis di Cheshire, Delamere, seperti yang dilansir dari Mirror Online, Senin (7/11/2022).

Meditasi

Ilustrasi meditasi. (Special)

 

Ketika kamu memikirkan relaksasi, sering membayangkan mengangkat kaki dan menikmati film atau buku di penghujung hari yang panjang. Namun, menurut penelitian, meskipun ini mungkin membuatmu merasa tenang pada saat itu, namun itu tidak benar-benar membuatmu rileks.

Hal ini justru menyebabkan stresmu memburuk dan menghadirkan perasaan bersalah dalam pikiran.

Ketika berurusan dengan stres, kamu perlu mengaktifkan respons relaksasi alami tubuh yang membantu memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan menyeimbangkan pikiran dan tubuh.

Teknik yang digunakan untuk merilekskan pikiran dan tubuh adalah strategi terbaik untuk mengatasi stres, seperti meditasi, yoga, pernapasan dalam, dan visualisasi.

Meditasi memiliki banyak manfaat kesehatan dan merupakan cara yang sangat efektif untuk menghilangkan stres, meredakan kecemasan, dan meningkatkan kesejahteraan mentalmu. Meluangkan waktu untuk merilekskan pikiran dengan meditasi, memberimu ruang untuk memisahkan energi, perhatian, dan emosi.

Aktivitas Fisik

Ilustrasi Olahraga (Special)

Melakukan aktivitas fisik atau segala bentuk olahraga membantu mengurangi tingkat stresmu dan dapat memiliki pengaruh besar pada kesejahteraan fisik dan mental.

Saat berolahraga, kamu mulai bernapas lebih dalam, yang memicu respons relaksasi tubuh. Jadikan olahraga sebagai bagian dari rutinitas harian, bahkan 10 menit sehari dapat membantu mengatasi gejala stres dengan lebih baik.

Untuk hasil terbaik, cobalah berjalan di luar selama 20 hingga 30 menit beberapa kali per minggu.

Ilustrasi perempuan menulis. (Special)

Menulis dapat membantu meningkatkan emosi positif dan mengurangi stres dan kecemasan, menurut penelitian dari British Journal of Health Psychology.

Cobalah menghabiskan sekitar 20 menit per hari untuk menulis tentang pengalaman positif. Tujuan dari kegiatan ini adalah menemukan sesuatu yang menyenangkan selama periode stres.

Mulailah dengan memikirkan pengalaman yang membuatmu merasa tidak bahagia atau tidak nyaman dan mulailah menulis tentang hal positif yang dapat kamu ambil dari pengalaman tersebut.

Cari Dukungan Sosial

Ilustrasi pertemanan yang langgeng. (thinkstock)

Jangan pernah takut untuk menghubungi keluarga dan teman-teman untuk mendapatkan dukungan dalam mengatasi stres.

Bersosialisasi meningkatkan hormon dalam tubuh yang dapat menurunkan tingkat kecemasan dan membuatmu merasa lebih percaya diri dengan kemampuan untuk mengatasi stres.

Minimnya dukungan sosial telah dikaitkan dengan peningkatan depresi dan kesepian. Hal ini telah terbukti mengubah fungsi otak dan meningkatkan risiko penggunaan alkohol, penyalahgunaan narkoba, depresi, dan bunuh diri.

Konsumsi Nutrisi

Ilustrasi makanan bernutrisi. (Special)

Mengadopsi gaya hidup sehat melalui nutrisi dan diet yang tepat adalah cara yang bagus untuk mengatasi gejala stres. Makanan tertentu terbukti membantu memerangi tingkat stres dan meningkatkan respons emosional.

Meskipun tergoda untuk menikmati burger atau kentang goreng yang berminyak, cobalah memilih sayuran berdaun hijau untuk meningkatkan dopamin kimia yang membuatmu merasa baik.

s