Yuk Simak, Ini Waktu yang Dianjurkan untuk Berolahraga Saat Berpuasa

Rabu, 20 Maret 2024 | 13:04:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Yuk Simak, Ini Waktu Yang Dianjurkan Untuk Berolahraga Saat Berpuasa

Ilustrasi Berolahraga. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Berpuasa bukan menjadi alasan untuk dapat bermalas-malasan dan memilih untuk tidak berolahraga. Padahal, olahraga saat bulan puasa sangat dianjurkan agar kebugaran tubuh selama bulan puasa tetap terjaga.

Meski begitu, sebelum berolahraga, ada baiknya untuk mengetahui beberapa tips dan trik berolahraga saat puasa, agar ibadah puasa tetap berjalan dengan lancar dengan tubuh yang tetap bugar. Karena jika tidak dilakukan dengan baik, olahraga di bulan puasa dapat berisiko membatalkan puasa atau sakit.

Beberapa studi telah membuktikan bahwa berolahraga saat puasa dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, ketika sedang berpuasa, tubuh seseorang mungkin akan merasa lebih lemas daripada biasanya. 

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga Eka Hospital BSD, dr. Retnoningtyas, Sp.K.O. menyarankan untuk memilih jenis olahraga yang memiliki intensitas ringan hingga sedang ketika sedang berpuasa. Hindari olahraga dengan intensitas tinggi karena terlalu berisiko mengeluarkan terlalu banyak energi dan cairan sehingga dapat memicu dehidrasi.

Agar tubuh tetap bugar selama berpuasa, dr. Retnoningtyas merekomendasikan untuk berolahraga minimal 150 menit dalam seminggu. Hal ini berarti 150 dapat dibagi menjadi 30 menit untuk berolahraga dalam satu hari.

Berikut 3 waktu yang dianjurkan untuk berolahraga saat sedang berpuasa.

Setelah Sahur

Ilustrasi Berolahraga. (Freepik.com)

 

Pada saat ini tubuh baru saja mendapat asupan makanan dan cairan sehingga tubuh memiliki energi yang cukup banyak. Disarankan untuk memberi jeda 1 jam setelah sahur agar perut tidak terlalu penuh saat sedang berolahraga.

Jelang Waktu Berbuka

Ilustrasi Berolahraga. (Freepik.com)

 

Walaupun tubuh tidak memiliki tenaga banyak pada saat ini, namun seseorang tidak perlu menunggu lama untuk mengisi kembali energi dan cairan yang dibutuhkan setelah berolahraga. 

Setelah Berbuka Puasa

Ilustrasi Berolahraga. (Freepik.com)

 

Pada saat ini seseorang telah mendapatkan kembali energi yang dibutuhkan, namun sama seperti saat sahur, disarankan berolahraga tidak terlalu dekat dengan waktu makan agar perut tidak merasa kembung dan mual. Olahraga juga disarankan tidak terlalu berdekatan dengan waktu tidur agar tidak mengganggu kualitas tidur.