Yuk, Simak Tips Mendaki Bagi Pemula

Kamis, 28 Juli 2022 | 16:45:00

Yuk, Simak Tips Mendaki Bagi Pemula

Ilustrasi mendaki pemula (cruchpik)

Ladiestory.id - Mendaki atau hiking adalah kegiatan berjalan di alam sebagai kegiatan untuk berwisata. Tentu bagi banyak orang yang dikesehariannya disibukkan oleh pekerjaan sehari-hari, maka hiking bisa menjadi simulasi latihan yang alami untuk meningkatkan kebugaran fisik serta jiwa.

Mendaki juga membutuhkan budget yang sangat ekonomis, nyaman, serta tidak memerlukan perlengkapan khusus yang sangat merepotkan. Karena sejatinya pendaki dapat berjalan sejauh yang mereka inginkan dan bisa lalui, tidak ada ketegangan fisik kecuali mereka berjalan di antara bukit atau gunung.

Dalam mendaki, banyak orang yang melakukan pendakian dengan berjalan sendirian, terutama pada akhir pekan atau hari libur. Ada juga banyak orang yang melakukannya bersama dengan komunitas atau klub mendaki oleh anak-anak muda yang memiliki kesamaan hobi. Jarak mendaki normal jika dilakukan dengan berjalan kaki bisa dilakukan dengan jarak 11 km hingga 19 km. Jika diukur dalam satuan waktu, mendaki normalnya bisa ditempuh dalam waktu setengah hari.

Di Indonesia, kegiatan mendaki dapat menjadi aktivitas fisik di kala waktu senggang.

Lalu apa saja tips bagi kamu yang mungkin baru mau melakukan aktivitas pendakian?

Lakukan Olahraga Sebelum Mendaki

 

Potret Pevita Pearce saat Olahraga (Instargram/Pevpearce)

Tips pertama tentu sebelum mendaki bagi pemula adalah, melakukan latihan beberapa gerakan atau olahraga ringan seperti pemanasan dan lain sebagainya. Aktivitas olahraga ringan ini dimaksudkan agar sebelum melakukan pendakian, kamu bisa merelaksasi otot yang ada di tubuh kamu. Terutama otot di kaki agar tidak tegang dan tidak mengalami cedera saat melakukan pendakian.

Perlengkapan yang Lengkap

 

Ilustrasi Perlengkapan Mendaki (backcountry babes)

Selanjutnya, tentu sebelum melakukan pendakian, kamu harus mempersiapkan segala perlengkapan yang ada. Peralatan pendakian sederhana yang wajib kamu siapkan seperti, ransel khusus mendaki, alat navigasi, lampu senter, sepatu khusus mendaki serta tongkat untuk membantu kamu mengecek apakah tanah yang akan kamu lalui itu licin atau tidak. Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan jaket yang sesuai karena suhu yang dingin. Lalu, tidak lupa juga topi yang bisa melindungi telinga kamu dari suhu dingin yang bisa membuat telinga kamu sakit.

Membawa Makanan Ringan dan Minum Secukupnya

Ilustrasi makanan dan minuman saat mendaki (my trail co)

Selain perlengkapan barang yang kamu perlu bawa, tentu makanan ringan dan kebutuhan minum juga sangat penting. Saat mendaki,  kamu akan lapar dan haus sehingga membutuhkan pergantian cairan tubuh. Usahakan bawa air putih atau pengganti ion tubuh kamu serta beberapa makanan ringan yang bisa untuk mengganjal perut kamu saat mendaki.

Jangan Buang Sampah Sembarangan

 

Ilustrasi jangan buang sampah saat mendaki (Kelapa)

Kemudian yang tidak kalah penting saat mendaki adalah, jangan lupa untuk menyiapkan satu tempat khusus untuk sampah. Ya, jangan ngaku anak alam jika hari gini masih membuang sampah di alam. Kamu perlu ingat bahwa sampah yang kamu timbulkan saat mendaki tidak akan hancur, sehingga akan merusak ekosistem dan membuat lingkungan kamu jadi tercemar

Bawa Alat Dokumentasi

Ilustrasi Mendaki (Putri Budi/Arya Pradana Budiarto )

Terakhir, jangan lupa saat melakukan pendakian kamu harus membawa alat dokumentasi. Ya, untuk eksis di sosial media tentu saat mendaki kamu perlu alat-alat dokumentasi yang khusus. Sehingga kamu bisa mengabadikan perjalanan mendakimu dan memamerkannya di sosial media kesayangan kamu.

Bagaimana Ladies, menarik bukan? Kapan kamu mau mencoba mendaki?

s