Punya Waktu Luang? Yuk Daftar Jadi Sukarelawan di Kegiatan Favoritmu

Rabu, 13 Juli 2022 | 21:00:00

Punya Waktu Luang? Yuk Daftar Jadi Sukarelawan Di Kegiatan Favoritmu

Ilustrasi Panitia dan Relawan Piala Dunia 2021. ( Sepak Bola Pantai Piala Dunia FIFA Rusia 2021 )

Ladiestory.id - Ketika kamu memiliki waktu senggang, kira-kira apa yang menjadi pilihan kamu untuk mengisi waktu senggang kamu, ladies? Pasti banyak dari kamu yang akan mengisi waktu senggang kamu untuk mendengarkan musik, membaca buku, traveling ke tempat baru, atau pun nonton film baik dirumah atau di bioskop. Tapi apakah ada dari kamu yang pernah mengikuti sebuah kegiatan menjadi relawan saat kamu memiliki waktu luang dari kesibukan rutinitas kamu baik kuliah, belajar atau bekerja?

Ya, menjadi sukarelawan adalah sebuah kegiatan positif yang bisa menjadi pilihan kamu ketika kamu jenuh dengan aktivitas kamu sehari-hari. Di tengah kesibukan kamu yang sangat penat dengan tekanan baik di pekerjaan maupun di bangku kuliah atau sekolah tentu meluangkan waktu menikmati suasana baru dan berkenalan dengan teman baru saat menjadi sukarelawan dalam kegiatan tertentu memang menjadi pilihan yang baik.

Dengan kegiatan sukarelawan yang kamu ikuti itu tentu akan banyak sisi positif untuk masa depan kamu. Kamu akan belajar banyak hal baru yang mungkin selama ini tidak pernah kamu fikirkan dalam hidup kamu. Selain itu, kamu juga akan berkesempatan  memiliki banyak pengalaman yang mungkin akan berguna untuk karir dan masa depan kamu.

Lalu pilihan kegiatan sukarelawan apa saja ya yang bisa menjadi pilihan kamu ladies saat memiliki waktu luang ditengah kesibukan kamu?

Kesehatan

Ilustrasi kegiatan sukarelawan kesehatan. ( Instagram : @Vol medic Chelyabinsk )

Kegiatan sukarelawan yang bisa kamu ikuti ladies adalah kegiatan tentang kesehatan. Apalagi di saat pandemi covid19 tentu akan banyak organisasi kesehatan baik profesi atau kemasyarakatan yang membuka kegiatan menjadi sukarelawan. Kegiatannya seperti mengingatkan masyarakat untuk menjaga jarak, membagikan masker serta membantu kegiatan vaksinasi. Selain itu juga banyak kegiatan promosi kesehatan seperti memberikan edukasi terkait beberapa penyakit yang memang sudah dikenal ataupun belum dikenal masyarakat dari diabetes, hipertensi hingga HIV Aids.

Olahraga

Ilustrasi kegiatan sukarelawan di Olahraga ( Instagram : sps ural )

Kegiatan sukarelawan yang bisa kamu ikuti selanjutnya adalah kegiatan sukarelawan dalam bidang olahraga. Ya, banyak sekali kegiatan olahraga yang bisa kamu ikuti sebagai relawan. Seperti olahraga terpopuler sepakbola, kamu bisa menjadi pemberi pelayanan servis kepada penonton dalam menikmati pertandingan sepakbola atau olahraga lainnya. Pemberi layanan ini seperti membantu penonton memberikan informasi terkait pertandingan atau tim apa yang sedang bertanding. Selain itu kamu bisa mengarahkan penonton untuk duduk sesuai dengan tiket yang mereka miliki.

Pendidikan

Ilustrasi kegiatan sukarelawan pendidikan di Bali. ( Instagram : @sportdoctorapb )

Kemudian kegiatan selanjutnya yang bisa kamu ikuti sebagai relawan adalah kegiatan yang berhubungan dengan pendidikan. Ya, kegiatannya kamu bisa menjadi tenaga pengajar atau guru dadakan untuk mengajar mata pelajaran tertentu hingga bahasa asing kepada anak sekolah atau anak kecil. Pastinya dengan mengajar bertemu banyak anak-anak akan sangat menyenangkan sehingga membuat kamu lebih bahagia bisa melihat tawa anak-anak yang sangat menggemaskan. Kegiatan mengajar juga akan membuat kemampuan kamu berinteraksi menjadi lebih baik dan tentu akan meningkatkan kepercayaan diri kamu saat menjadi pembicara didepan banyak orang.

Lingkungan

Ilustrasi kegiatan sukarelawan lingkungan membersihkan sampai di pantai Bali. ( Deutsche Welle Bali )

Kegiatan yang bisa kamu ikuti saat menjadi relawan sebuah kegiatan sosial adalah yang berhubungan dengan lingkungan. Kegiatan yang berhubungan dengan lingkungan sangat beraneka ragam dari membersihkan sampah di sekitar kota atau daerah kamu. Atau menuju ke pantai, danau atau tempat wisata yang mungkin disana banyak sekali ditemukan sampah-sampah yang dapat mengganggu masa depan lingkungan kita semua. Selain itu kegiatan relawanan tentang lingkungan ini juga bisa seperti mendaur ulang plastik tidak terpakai agar bisa diolah sebagai bahan yang lebih berguna.

Musik

Ilustrasi kegiatan sukarelawan musik event band Aria. ( VK : Relawan Ekaterinburg )

Kegiatan sukarelawan yang terakhir yang bisa kamu lakukan adalah tentang kegiatan atau event musik. Ya tentu jika ada konser musik musisi besar maka akan memerlukan tenaga relawan yang banyak maka kamu juga bisa berpartisipasi didalamnya untuk menjadi relawan event musik di kota kamu atau bahkan di kota lain hingga negara lain. Apalagi jika kamu menjadi relawan di event musik musisi yang sangat kamu sukai pasti kamu akan senang dan meningkatkan daya kreatifitas kamu serta pengalaman kamu ketika nanti misalnya kamu mendapatkan kesempatan serupa.

Gimana ladies! seru kan kegiatan sukarelawan yang mungkin bisa menjadi pilihan kamu di waktu senggang kamu. Karena dengan mengikuti kegiatan sukarelawan itu maka kamu bisa lebih mengeksplor kemampuan yang ada di diri kamu.

s