Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | 12 CARA MENGIRIM LAMARAN LEWAT EMAIL UNTUK PEKERJAAN YANG ANDA IMPIKAN

12 Cara Mengirim Lamaran Lewat Email untuk Pekerjaan yang Anda Impikan

LS Lifestyle
Kamis, 27 Mei 2021 | 03:53:24
Durasi baca: 2 menit, 51 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

12 Cara Mengirim Lamaran Lewat Email untuk Pekerjaan yang Anda Impikan

Foto: Unsplash/Stephen Phillips

Kecanggihan teknologi yang ada saat ini membantu Anda untuk mengirim lamaran pekerjaan dengan cara yang lebih praktis dan juga mudah. Yakni hanya menggunakan email saja.

Namun, bagi mereka yang belum berpengalaman, mengirim sebuah lamaran pekerjaan dengan menggunakan e-mail masih cukup membingungkan. Oleh karena itu, berikut akan dibahas tentang cara mengirim lamaran lewat e-mail dengan mudah dan tanpa ribet.

      1. Kumpulkan Jadi Satu Berkas Persyaratan

Baca juga: Cara Tetap Happy Saat Harus Membagi Waktu Antara Pekerjaan dan Rumah Tangga

Saat akan melamar sebuah pekerjaan, tentu Anda harus mengumpulkan beberapa persyaratan seperti Surat Lamaran Kerja, Daftar Riwayat Hidup (CV), scan ijazah terbaru, scan beberapa sertifikat dan piagam pendukung, scan KTP, pas foto dan juga portofolio.

      2. Ubah Berkas menjadi PDF

Jika Anda sudah mengumpulkan semua berkas tersebut, maka ubah semuanya ke dalam bentuk PDF.

Nah, jika ada beberapa berkas yang di scan tersimpan dalam format DOCX, JPG ataupun PNG maka Anda harus mengkonversi terlebih dahulu. Untuk bisa mengkonversi dokumen tersebut, Anda tinggal membuka konversi online yang kini sudah banyak tersedia.

      3. Gunakan E-Mail yang Profesional

Baca juga: 6 Cara Mengubah Kebiasaan Menunda Pekerjaan


Terkadang, langkah yang satu ini sering disepelekan oleh beberapa orang. Tidak sedikit dari mereka yang menggunakan nama email yang bukan nama asli mereka sehingga terkesan tidak profesional saat digunakan untuk melamar pekerjaan.

Contoh penggunaan nama email yang benar ialah:

Contoh penggunaan nama e-mail yang kurang tepat:

      4. Perhatikan dengan Baik Waktu Pengiriman

Perhatikan dengan baik jam pengiriman e-mail. Memang, email bisa dibuka kapan saja. Namun, ini bukan alasan buat Anda untuk mengirim e-mail jam 1 pagi atau pada saat jam orang-orang sedang tidur.

Baca juga: Intip Yuk! Apa Saja Pekerjaan Yang Bisa Kamu Lakukan dari Rumah

Alangkah baiknya untuk mengirim e-mail di jam-jam tertentu terutama pada saat jam kerja perusahaan. Umumnya sekitar jam 08.00 sampai 14.00 (atau juga bisa disesuaikan).

      5. Masuk ke Akun Gmail

Dalam pembahasan kali ini menggunakan contoh Gmail. Anda bisa mengaksesnya dengan mudah di google.com/mail. Lakukan login dengan menggunakan e-mail dan juga password milik Anda.

      6. Pilihlah Menu Compose/Tulis

Pilih menu Compose/Tulis yang berada di sebelah kiri halaman Gmail. Tunggu beberapa saat sampai muncul pop up untuk menulis.

Baca juga: 5 Manajemen Waktu untuk Orang Tua yang Sibuk, Membantumu Selesaikan Pekerjaan Tanpa Membuat Stres

      7. si Alamat Email Perusahaan

Isikan alamat perusahaan ataupun instansi yang Anda tuju untuk mengirim lamaran pekerjaan tersebut.

Perhatikan dengan baik penulisan alamat e-mail supaya tidak terjadi kesalahan dan e-mail yang Anda kirim tersebut bisa sampai ke tempat tujuan.

      8. Isi Subjek/Judul E-mail

Terkadang, beberapa orang lupa untuk menuliskan subjek atau judul e-mail. Padahal, ini menjadi tahap yang penting dan tidak boleh dilewatkan. Subjek ini nantinya akan dilihat pertama kali pada kotak masuk e-mail. 

Nah, yang perlu Anda ingat bahwa beberapa perusahaan memiliki ketentuannya sendiri dalam hal pengisian subjek. Akan tetapi, jika perusahaan tersebut tidak menyertakan ketentuan mengisi subjek, maka Anda harus tetap mengisinya.

      9. Isi Body Email

Isikan body e-mail dengan urutan seperti berikut:

  • Salam pembuka
  • Ucapan terima kasih
  • Salam penutup 
  • Nama pelamar.

      10. Lampirkan Berkas Persyaratan

Untuk mengisi berkas ke email, klik ikon lampiran dan pilih beberapa dokumen yang ingin Anda lampirkan pada email tersebut, kemudian klik OK.

      11. Periksa Ulang

Jangan terburu-buru untuk mengirim email lamaran pekerjaan. Periksalah terlebih dahulu alamat perusahaan, subjek dan juga isi e-mail. Pastikan kembali bahwa tidak ada kesalahan dalam penulisan ataupun ejaan.

      12. Klik kirim/send.

Demikian cara mengirim lamaran lewat e-mail yang bisa Anda tiru untuk mengirim lamaran pekerjaanmu dengan mudah dan cepat. Semoga bermanfaat.

email lamaran pekerjaan

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Lifestyle