3 Anak Tengku Firmansyah Yang Kental Dengan Nuansa Nama Islami

Rabu, 13 Oktober 2021 | 11:44:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

3 Anak Tengku Firmansyah Yang Kental Dengan Nuansa Nama Islami

Foto: Rumah123

Ladiestory.id - Sejumlah pasangan selebriti dipersatukan melalui cinta lokasi ketika menjalani syuting bersama, termasuk Cindy Fatikasari dan Tengku Firmansyah. Keduanya masih aktif di dunia akting sampai sekarang ini, bahkan diikuti jejaknya oleh sang anak sulung.

Cindy dan Firman menikah di tahun 1999. Pada usia pernikahannya yang sudah tahun ke-20 ini, mereka telah dikaruniai tiga orang anak. Si sulung berjenis kelamin perempuan dan kedua adiknya merupakan sepasang anak kembar laki-laki.

Anak Tengku Firmansyah

Ketiganya mempunyai nama yang kental akan suasana Islami. Penasaran siapa anaknya?

1. Tengku Syaira Anataya

Anak Tengku Firmansyah
Foto: instagram/osnapitzcha

 

Anak pertama yang mulai terjun di dunia sinetron ini mempunyai nama lengkap Tengku Syaira Anataya. “Tengku” adalah nama depan orang asli Aceh yang dicocokkan dengan silsilah keluarganya.

Nama “Syaira” yang terkesan anggun nyatanya berasal dari bahasa Arab-Islami yang berarti terkenal, termashyur, atau populer. Sementara “Anataya” kemungkinan terinspirasi dari sebutan anak perempuan yang populer di Afrika yakni “Atanaya”.

2. Tengku Omar Atalla

Anak Tengku Firmansyah
Foto: instagram//cindyfatikasari18

Lalu Cindy dan Firman mempunyai sepasang anak kembar laki-laki yang diberi nama Omar dan Keanu. Kembar bukan berarti mesti kompakan nama, layaknya yang dipilih Cindy dan Firman bagi kedua putranya.

Nama Tengku Omar Atalla pun kental suasana Islami. “Omar” merupakan nama salah seorang sahabat Nabi Muhammad SAW yang ikut berjuang menyebarkan ajaran agama Islam. Disisi lain, “Omar” pada bahasa Arab-Islami juga berarti seorang laki-laki pekerja keras.

“Atalla” pun dijumpai dalam bahasa Arab-Islami yang ternyata modifikasi dari kata “Athallah”. Nama ini berarti karunia dan berkah dari Tuhan.

3. Tengku Keanu Zimraan

foto: instagram//cindyfatikasari18
Foto: instagram//cindyfatikasari18

Saudara kembar Omar mempunyai nama lengkap Tengku Keanu Zimran. Terdapat sedikit sentuhan bahasa Hawaii pada namanya. “Keanu” adalah nama atau istilah populer di Hawaii yang dipakai guna menggambarkan tiupan angin sejuk.

Nama belakang “Zimraan” pun bernuansa Islami. Pada bahasa Arab-Islami, “Zimraan” berarti doa-doa yang baik. Seperti pepatah, jika nama merupakan doa. Oleh sebab itu setiap orang tua ingin memberikan nama yang terbaik untuk buah hatinya.

Tengku Firmansyah merupakan aktor, presenter, sutradara, pemusik serta model berkebangsaan Indonesia keturunan Sunda dan Melayu yang lahir, 15 September 1977.

Ia adalah bungsu dari empat bersaudara, dan satu-satunya anak laki-laki dalam keluarga.

Nama Firmansyah yang diberikan oleh kedua orang tuanya, dimaknai sebagai seseorang yang patuh terhadap Tuhan (Firman Allah).

Ia menjadi juara satu pada perlombaan anggar junior se-DKI Jakarta di tahun 1990, dan pernah lolos hingga semifinal Pekan Olahraga Nasional (PON) dalam cabang anggar. Ia sudah meraih juara ketiga pada pertandingan taekwondo antar klub se-Jakarta di tahun 1992.

Keinginannya sebagai menjadi seorang penerbang, membawanya pergi menuju Amerika Serikat. Ia belajar di sekolah penerbangan bernama Phoenix Aviation School di Arizona, Amerika Serikat. Usai sembilan bulan berlalu, ia akhirnya lulus dan dapat menerbangkan pesawat.

Keinginannya menjadi pilot terus berlanjut dengan belajar di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia Curug, Banten. Saat tengah berusaha dalam menggapai cita-citanya, ia mencoba terjun ke dunia hiburan. Ia juga memperoleh juara ketiga pada kontes dengan nama Model Plus di tahun 1996, yang akhirnya mengubah jalan hidupnya.

Tengku Firmansyah pernah memainkan film dengan judul Kutunggu di Sudut Semanggi, d'Girlz Begins, In The Name Of Love, Rasa, Rindu Purnama, Move On, dan Sebuah Lagu Untuk Tuhan.