3 Cara Registrasi Kartu SimPATI: Lengkap, Syarat dan Manfaatnya

Rabu, 9 Juni 2021 | 20:59:15

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

3 Cara Registrasi Kartu Simpati: Lengkap, Syarat Dan Manfaatnya

Foto: Unsplash/Andrey Metelev

Cara registrasi kartu SimPATI ternyata sangat mudah dilakukan, Anda hanya perlu melampirkan NIK yang ada di KTP Elektronik Anda dan Nomor Kartu Keluarga. Dengan dua data ini Anda sudah bisa melakukan registrasi kartu SimPATI secara mandiri.

Adapun bagi Anda Warga Negara Asing (WNA) yang ingin mendaftar, caranya adalah dengan melampirkan Paspor, KITAS (Kartu Izin Tinggal Sementara) atau KITAP (Kartu Ijin Tinggal Tetap). Registrasi kartu Simpati wajib dilakukan, baik itu untuk pengguna baru maupun pengguna lama.

Ketentuan Registrasi Kartu SimPATI

Berikut ini adalah beberapa syarat dan ketentuan dalam proses registrasi kartu SimPATI:

  1. Registrasi menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor KK atau NIK yang ada pada KTP dan KK
  2. Harus melewati proses validasi data yang tercatat di Ditjen DUKCAPIL, jika tidak terdata maka registrasi tidak berhasil
  3. Registrasi bisa dilakukan oleh pelanggan yang bersangkutan, gerai mitra, gerai jasa telekomunikasi, dan dengan menghubungi layanan contact center.

Manfaat Registrasi Kartu

Registrasi ini dilakukan bukan cuma untuk kepentingan pemerintah saja, kita sebagai pengguna juga akan mendapat manfaat dari melakukan registrasi kartu SimPATI ini. Berikut adalah beberapa manfaat registrasi kartu:

  1. Melindungi Konsumen. Registrasi bertujuan supaya tidak terjadi penyalahgunaan data yang bisa menimbulkan kerugian untuk konsumen. Terutama penyalahgunaan yang dilakukan pihak tidak bertanggung jawab seperti penipuan, terorisme, spamming, dan lain sebagainya.
  2. Kemudahan Penyedia Layanan. Registrasi ini juga bertujuan untuk mempermudah penyediaan layanan untuk para konsumen, contohnya seperti kemudahan dalam belanja online, dan lain sebagainya.
  3. Sebagai Data Pemerintah. Data Anda bisa digunakan untuk kepentingan penyaluran dana bantuan dari pemerintah dan kepentingan-kepentingan lain sejenisnya.

Cara Registrasi Kartu SimPATI

Ada beberapa cara registrasi kartu simPATI yang bisa Anda gunakan, berikut adalah tutorialnya:

      1. Registrasi Melalui SMS

Cara termudah registrasi kartu SimPATI adalah melalui SMS. Hanya dengan mengirimkan pesan dengan format yang telah ditentukan Anda sudah bisa melakukan registrasi sendiri. Berikut adalah cara registrasi melalui SMS. 

Cara registrasi untuk pengguna baru:

  1. Pertama siapkan NIK dan Nomor KK
  2. Kemudian buka aplikasi Pesan/Message
  3. Buat pesan baru dengan format REG NIK#NomorKK#, contoh REG 3304041312000002#3304041211000003#
  4. Kemudian kirim ke 4444.

Sedangkan untuk pengguna SimPATI lama cara registrasinya mirip, yaitu:

  1. Buat pesan dengan format ULANG NIK#NomorKK#, contoh ULANG 3304041312000002#3304041211000003#
  2. Kemudian kirim ke 4444

     2. Registrasi Melalui Dial

Cara registrasi kartu SimPATI yang selanjutnya adalah USSD atau Dial. Anda bisa melakukan registrasi dengan mudah dan cepat menggunakan cara yang satu ini. Adapun tutorial cara registrasi melalui dial adalah:

  1. Pertama silahkan buka Panggilan/Dial di HP Anda
  2. Ketikkan kode *444#, tekan Panggil
  3. Pilih menu Registrasi
  4. Masukkan NIK atau Nomor KTP elektronik Anda
  5. Kemudian masukkan juga nomor KK
  6. Selesai.

     3. Registrasi Melalui Grapari

Terakhir, Anda juga bisa melakukan registrasi kartu SimPATI Anda secara offline di Grapari Telkomsel terdekat di tempat Anda. Cara ini bisa menjadi alternatif apabila sudah menggunakan kedua cara di atas namun masih belum berhasil. 

Grapari adalah tempat pelayanan khusus pengguna Telkomsel, disana Anda bisa membeli pulsa, upgrade 4G, mengganti kartu perdana, dan berbagai kepentingan lain yang berhubungan dengan Telkomsel.

Silahkan minta ke petugas di tempat tersebut untuk meregistrasikan atau mendaftar kartu SimPATI Anda supaya bisa digunakan. Jangan lupa untuk membawa atau mencatat NIK pada KTP elektronik Anda dan nomor KK keluarga Anda.

Demikianlah tutorial singkat cara registrasi kartu SimPATI beserta syarat-syarat dan manfaatnya. Semoga tutorial di atas bermanfaat dan membantu Anda registrasi kartu SimPATI Anda dengan lancar tanpa kendala.