4 Bagian Tubuh Yang Menua Lebih Cepat Dan Cara Merawatnya

Minggu, 8 Agustus 2021 | 01:08:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

4 Bagian Tubuh Yang Menua Lebih Cepat Dan Cara Merawatnya

Foto: Ladiestory.id

Nyatanya terdapat beberapa daerah tubuh yang menua lebih cepat ketimbang wajah. Sayang sekali, masih banyak perempuan yang abai dan hanya fokus terhadap wajah saja. Dalam mayoritas kasus, saat membicarakan tanda-tanda penuaan, para perempuan pasti menargetkan bagian wajah.

Setiap hari melaksanakan perawatan cukup intens dengan menggunakan tabir surya, anti aging untuk mencegah kerutan di wajah tetapi kerap melupakan area tubuh lainnya yang juga butuh dirawat.

Penuaan disebabkan karena banyak faktor. Stres, diet, lingkungan sekitar, dan hormon, semuanya berperan aktif pada proses cepat atau lambatnya sebuah penuaan. Sebagian area tubuh kita, layaknya jantung dan otak, diperbarui lebih cepat sehingga secara teknis lebih awet muda dari anggota tubuh yang lain.

Walaupun pada hakekatnya semua manusia pasti mengalami penuaan, tetapi kita bisa memperlambatnya dengan melakukan gaya hidup dan pola makan tertentu. Stres, toksisitas, dan kurang olahraga, menjadikan tubuh lebih cepat menua.

Bagian-bagian tubuh yang cepat menua adalah:

1. Siku dan Lutut

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

 

Apakah kamu sadar jika kulit di sekitar persendian kamu terus-menerus menekuk dan meregang sampai akhirnya menjadikannya kendur. Berbeda dengan kulit pada wajah, kulit di area siku dan lutut kurang memperoleh perhatian sampai di kemudian hari, kamu akan menengok kulit pada area ini menjadi kusam dan kering sebab paparan sinar matahari dan hilangnya kolagen.

Dilansir dari Eminence, kulit lutut umumnya mulai mengendur sebelum kulit di bagian kaki lainnya. Lutut mempunyai banyak tulang, tendon dan ligamen, namun tanpa lemak dan otot, sehingga qrea ini menjadi salah satu bagian tubuh yang lebih cepat menua. Lutut dan siku yang menua akan tampak berlubang dan tulangnya juga tampak menonjol.

Mulai saat ini, cobalah merawat lutut dan siku dengan pelembap yang memiliki kandungan minyak argan, sebab kaya akan antioksidan sehingga menghaluskan dan melembapkan kulit. Kamu pun dapat merawatnya dengan shea butter yang adalah pelembap tinggi trigliserida dan asam lemak. Bahan pelembab emolien ini membantu merevitalisasi dan memperbaiki kulit.

2. Dada

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

 

Tidak semua area tubuh menua di tingkat yang sama, berdasarkan sebuah penelitian 2013 yang diterbitkan oleh ahli genetika Steve Horvath dalam Genome Biology. Pada penelitian itu, ia meneliti 14.000 sampel berbeda, dijumpai jika “jaringan payudara yang sehat mengalami sekitar 2-3 tahun lebih tua, dibandingkan dengan seluruh tubuh wanita.”

3. Tangan

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

 

Kulit disebabkan oleh dua faktor, yakni usia dan paparan sinar matahari dari masa ke masa. Kulit pada seluruh tubuh terdiri dari epidermis (lapisan terluar), dermis (lapisan tengah) dan subkutis (lapisan bawah). Dermis mendukung struktur kulit, yang terdiri dari kolagen, elastin dan serat lainnya yang menjadikan kulit kamu terlihat halus dan kenyal.

Nah, tidak terdapat area tubuh yang lebih jelas dibanding tangan kamu ketika terjadi penuaan, sebab kerutan dan bintik-bintik karena aging cenderung timbul dengan jelas di tangan.

4. Wajah

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

 

Mirip layaknya tangan, wajah merupakan daerah lain dari tubuh yang terus-menerus terkena faktor eksternal. Selain menjadi salah satu daerah tubuh yang menua lebih dulu, tanda-tanda penuaan jauh lebih tampak pada wajah dibanding di area lain mana pun. Kerutan, noda dan garis-garis ekspresi bisa timbul sebelum waktunya bila kulit wajah tidak dilembabkan setiap hari dan tidak mengikuti diet yang sehat juga seimbang.