Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | 4 CARA MEMBUAT BUKU YANG MUDAH UNTUK DIPRAKTEKKAN

4 Cara Membuat Buku yang Mudah untuk Dipraktekkan

LS Lifestyle
Kamis, 27 Mei 2021 | 01:52:30
Durasi baca: 2 menit, 39 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

4 Cara Membuat Buku yang Mudah untuk Dipraktekkan

Foto: Unsplash/Cathryn Lavery

Bagi sebagian orang, membuat buku adalah sebuah hal yang sulit untuk dilakukan. Banyak hal yang harus disiapkan untuk membuat sebuah buku yang enak dibaca dan bisa dipahami oleh pembaca.

Nah, dalam pembahasan kali ini akan dibahas tentang bagaimana cara membuat buku yang baik dan benar. Tentunya, 4 langkah yang akan disampaikan di bawah ini sangat membantu Anda yang tengah kesulitan saat membuat sebuah buku.

Tentunya, buku yang baik bukan hanya buku yang digunakan sebagai sarana hiburan atau motivasi bagi para pembacanya. Namun sejatinya, buku tersebut juga bisa berguna dalam menyumbang kontribusi dalam hal pendidikan Indonesia.

Baca juga: Makna Dibalik Sosok Perempuan Kreatif

Berikut akan dijelaskan 4 langkah yang tepat untuk membuat sebuah buku yang baik dan bisa bermanfaat untuk semua orang.

      1. Buat Kerangka Buku Terlebih Dahulu

Dalam membuat sebuah buku, hal paling penting dan paling utama ialah dengan membuat kerangka atau rancangan naskahnya terlebih dahulu. Jika diibaratkan rumah, apabila ingin berdiri dengan kokoh maka harus dibuat pondasinya terlebih dahulu bukan?

Demikian juga dengan membuat buku. Jika sudah memiliki kerangka atau rancangan naskah, akan membantu Anda untuk membuat sebuah buku dengan mudah dan cepat. Kemungkinan juga, Anda tidak akan kehabisan ide di tengah-tengah proses pembuatan buku.

Tak hanya itu, dengan membuat kerangka buku juga merupakan langkah awal untuk membuat alur dari isi buku yang sedang dibuat.

Baca juga: Tak Perlu Marah-Marah, Ini Cara Membalas Pasangan yang Berselingkuh Secara Kreatif dan Elegan!


Nah, untuk mempermudah Anda saat akan membuat sebuah kerangka tulisan, maka disarankan untuk membuat tulisan dengan menggunakan materi yang relevan dengan latar belakangmu. 

Misal, jika Anda berasal dari jurusan pendidikan, maka isu-isu yang Anda buat tidak jauh dari dunia pendidikan yang ada.

Jangan lupa juga untuk melakukan riset data karena hal tersebut merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan dan tidak boleh dilewatkan begitu saja.

      2. Mulailah Menulis Dari Satu Bab Ke Bab Lainnya

Mulailah untuk menulis bukumu jika rancangan naskah yang dibuat sudah selesai. Di tengah jalan, mungkin Anda akan mengganti beberapa rancangan yang telah dibuat sebelumnya karena kurang relevan.

Baca juga: Aktifitas Simpel Ini Akan Membuat Pikiranmu Jauh Lebih Kreatif

Hal tersebut merupakan hal yang wajar untuk dilakukan. Pada tahap ini, si penulis juga harus lebih cermat dalam memilih data yang akan digunakan. Karena nantinya, data tersebut akan menjadi argumen pendukung yang akan Anda buat pada setiap bab.

      3. Lakukan Penyuntingan atau Revisi

Cara membuat buku ialah dengan melakukam penyuntingan atau revisi. Hal tersebut dilakukan jika Anda telah menyelesaikan satu naskah (draft).

Dalam proses tersebut, Anda harus membaca ulang tulisan yang telah dibuat. Perhatikan dengan baik daftar pustaka, sitasi, tanda baca, keruntutan paragraf, mengoreksi kalimat yang salah atau bahkan kata yang salah.

Jika tulisan yang Anda buat mengutip dari tulisan orang lain, maka sebisa mungkin untuk menghindarkan diri dari plagiarism.

Baca juga: Ide Kreatif! Mendekorasi Rumah dengan Barang Bekas

    4. Berikan Tulisan Pada Pembaca Pertama

Terakhir, berikan tulisan tersebut kepada orang yang ahli dibidangnya. Tentunya, langkah satu ini menjadi langkah yang sangat penting untuk dilakukan karena dengan begitu, Anda akan lebih tahu penilaian orang lain tentang buku yang telah Anda buat.

Tentunya, buku tersebut harus mendapat masukan agar bisa berkembang menjadi lebih baik lagi sampai akhirnya bisa Anda publikasikan.

Butuh ketelatenan dan konsistensi untuk membuat sebuah buku. Dengan menerapkan keempat langkah di atas, tentunya akan sangat membantu Anda dalam membuat buku menurut karangan dan imajinasimu sendiri.

Jadi, dengan cara membuat buku yang telah dijelaskan di atas, apakah Anda masih ragu untuk menerbitkan karyamu?

Baca juga: Penuh Pesona, 3 Langkah Menjadi Perempuan Kreatif

menulis membuat buku kreatif

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Lifestyle