4 Minuman Tradisional Untuk Jaga Imunitas Tubuh, Murni Mengandung Rempah

Minggu, 22 Agustus 2021 | 12:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

4 Minuman Tradisional Untuk Jaga Imunitas Tubuh, Murni Mengandung Rempah

Foto: Ladiestory.id

Virus Covid-19 yang belum juga hilang, memaksa kita untuk terus waspada dengan kesehatan. Tidak hanya fisik, namun juga mental orang-orang terdekat kita.

Salah satunya dengan menjaga daya tahan tubuh supaya dapat melawan virus dan kemungkinan buruk lainnya.

Daya tahan tubuh pasti menjadi hal yang paling penting dalam memastikan lancarnya aktivitas sehari-hari, terlebih di saat pandemi layaknya sekarang ini. Dengan imun yang kuat, tubuh dapat melawan virus dan beragam hal buruk yang lain.

Daya tahan tubuh dapat tetap terjaga dengan rutin berolahraga serta mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Tak itu saja, cara lain yang bisa kamu terapkan dalam upaya menjaga daya tahan tubuh yaitu dengan mengonsumsi minuman banyak manfaat yang dapat dijumpai dengan mudah di rumah.

Minuman Tradisional Untuk Jaga Imunitas

Pada masa pandemi covid-19, berbagai minuman tradisional dari beragam wilayah banyak disenangi masyarakat sebagai salah satu cara menjaga daya tahan tubuh.

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari rempah-rempah, semacam jahe dan kunyit yang menjadi bahan utama pada pembuatan minuman tersebut.

Indonesia sendiri sudah memanfaatkan rempah menjadi minuman sejak zaman dulu. Indonesia merupakan negera yang kaya akan rempah-rempah, sehingga tidak sulit guna membuat minuman-minuman tradisional yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

1. Kunyit Asam

Foto: Hello Sehat

Rempah-rempah adalah salah satu bahan dalam pembuatan jamu. Layaknya kunyit yang dapat diubah mejadi jamu kunyit asem. Jamu ini mudah dijumpai oleh penjual jamu keliling.

Namun, kamu juga dapat membuatnya sendiri di rumah. Pakai kunyit yang tua umbinya kemudian kupas sampai bersih, lalu parut atau haluskan memakai blender dengan air sedikit. Selanjutnya peras air dan rebus dengan gula aren serta sedikit asam jawa.

Jamu kunyit asam memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga baik dikonsumsi guna meningkatkan imunitas tubuh. Disisi lain, kunyit asem juga memiliki kandungan curcuma yang dapat mengatasi infeksi dan umum dipakai dalam meredakan nyeri haid dan menurunkan berat badan.

2. Wedang Pokak

Foto: Detik Food

Selanjutnya ada minuman tradisional wedang pokak yang dianggap sebagian besar masyarakat sebagai salah satu minuman tradisional yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh, wedang pokak menjadi pilihan masyarakat Jawa dalam hal menjaga tubuh dari virus corona.

Meningkatkan daya tahan tubuh adalah salah satu upaya dalam mencegah terkenanya virus Covid-19, banyak makanan dan minuman sehat yang dipilih masyarakat dalam upaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Wedang Jahe

Foto: Ladiestory.id

Jahe adalah salah satu bumbu dapur yang sangat mudah dijumpai. Jahe umum dipakai dalam bumbu masak dan penghilang bau amis pada daging ayam maupun sapi.

Bumbu rempah ini pun dapat dipakai untuk bahan minuman sehat, yakni wedang jahe. Cara membuat wedang jahe sangatlah mudah.

Kamu hanya perlu menyediakan air, jahe bakar, sereh, daun pandan, kayu manis, dan kapulaga guna direbus sampai mendidih. Lalu tambah dengan gula jawa dan masak dengan api sedang.

Wedang sudah siap diminum bila air telah berkurang seperempat sampai setengah bagian. Jangan lupa untuk disaring supaya mudah ketika meminumnya.

4. Beras Kencur

Foto: Hello Sehat

Jamu beras kencur mempunyai beraneka fungsi. Layaknya mengatasi kelelahan, meningkatkan energi, sampai meredakan batuk. Jamu beras kencur juga bisa meningkatkan imunitas tubuh.

Selain dibuat jamu, beras kencur juga dapat dipakai menjadi obat tradisional. Caranya yaitu oleskan ramuan beras kencur di atas memar dan bengkak karena keseleo.

Konsumsi empat minuman tradisional di atas dapat menjaga imunitas tubuh. Selain itu, tetap taati protokol kesehatan agar terhindar dari paparan virus corona.

Berita Terkait