Mengapa Jerawat Terasa Gatal? Inilah 4 Penyebabnya

Rabu, 4 Agustus 2021 | 05:50:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Mengapa Jerawat Terasa Gatal? Inilah 4 Penyebabnya

Foto: Ladiestory.id

Salah satu permasalahan kulit yang banyak dikeluhkan oleh wanita adalah jerawat. Jerawat yang biasanya juga disebut sebagai acne merupakan suatu permasalahan kulit yang terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbutnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Jerawat tidak hanya timbul di muka, namun beberapa bagian tubuh lainnya seperti  dada, punggung dan leher.

Biasanya, jerawat yang timbul akan mengakibatkan rasa sakit atau perih. Hal ini kerap kali dirasakan bagi orang yang timbul jerawat dengan kondisi meradang ataupun bernanah. Namun pernahkah Anda merasakan jerawat gatal? Anda tidak perlu khawatir dan panik jika jerawat gatal.

Bahkan sebuah studi pada tahun 2008 yang dilakukan oleh One Library menunjukan bahwa sebanyak 70% orang yang berjerawat akan merasa gatal. Jerawat memang memiliki beberapa jenis, namun cystic acne atau jerawat batu yang biasanya menimbylkan rasa gatal.

Ketika kondisi jerawat gatal sangat amat mengganggu. Sebab, kita harus menahan untuk tidak menyentuh bahkan menggaruh jerawat tersebut. Sebenarnya, mengapa jerawat terasa gatal? Apa yang menjadi penyebab jerawat gatal?

Mengapa Jerawat Terasa Gatal? Ini 4 Penyebabnya

 

1. Keringat pada wajah sering kali menimbulkan gatal

Foto: Ladiestory.id

Rupanya paparan sinar matahari tidak hanya membuat kulit menggelap, penuaan diri, atau membuat kulit terbakar. Selain itu, sinar matahari menjadi salah satu alasan mengapa jerawat terasa gatal. Sebab, wajah berjerawat cenderung memiliki kulit lebih sensitif sehingga jerawat akan mudah meradang.

Paparan sinar matahari akan membuat tubuh memproduksi keringat sehinngga membuat jerawat gatal. Jadi, tidak hanya paparan sinar matahari saja, namun suhu udara yang tinggi dan menyebabkan keringat dapat membuat jerawat gatal.

Pasalnya, dengan keringat maka pori-pori akan tersumbat dan menyebabkan pertumbuhan bakteri jerawat pada pori-pori. Lalu, bakteri ini akan membuat peradangan sehingga membuat jerawat tambah parah yang menimbulkan rasa jerawat gatal.

2. Alergi Obat

Foto: Ladiestory.id

Mengapa jerawat terasa gatal? Bisa jadi jerawat gatal disebabkan dari obat jerawat ataupun yang sedang Anda pakai. Sebenarnya ketidak cocokan terhadap obat jerawat tidak hanya menimbulkan rasa gatal pada jerawat. Namun bisa jadi memicu sensasi terbakar ataupun bengkak pada kulit.

Bisa jadi, beberapa bahan aktif dalam atau obat jerawat tersebut memicu rasa gatal. Bahan aktif yang biasanya memberikan efek samping gatal adalah benzoil peroksida, retinoid, dan asam salisilat. Bahkan beberapa orang mengalamo kasus alergi obat jerawat sebab memiliki kandungan benzoil peroksida yang pada akhirnya akan merasakan jerawat gatal, dilansir dari National Capital Poison Center.

3. Tanda Jerawat Akan Sembuh

Foto: Ladiestory.id

Jangan khawatir, sebab tanda jerawat akan sembuh menjadi salah satu kabar baik mengapa jerawat terasa gatal. Sebab jerawat yang memiliki warna kemerahaan akan berangsur membaik. Selama proses tersebut, kulit pada lapisan luar akan mengelupas dan digantikan oleh lapisan kulit baru.

Jika kulit daerah jerawat menjadi kering, Anda tidak perlu panik sebab sel kulit mati akan rontok dan menjadi tanda kulit baru yang sehat. 

4. Kulit Tidak Bersih

Foto: Ladiestory.id

Beberapa jenis jamur bisa menjadi penyebab infeksi berbentuk bintik kecil berisi nanah yang tampak seperti jerawat akibat bakteri. Jenis infeksi jamur ini biasanya terdapat di daerah pundak, dada, dan punggung yang memang menyebabkan gatal.

Rasa gatal dapat muncul akibat pertumbuhan jamur yang berlebihan pada kulit. Beberapa kemungkinan yang menyebabkan hal tersebut adalah tidak teratur membersihkan bagian tubuh, menggunakan pakaian yang terlalu ketat, dan penggunaan produk jerawat. Hal ini merupakan hasil dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology.

Inilah alasan mengapa jerawat terasa gatal dan Anda tidak perlu panik atau khawatir. Cara mudah untuk menghilangkan rasa gatal pada jerawat yakni mengubah gaya hidup dan memperhatikan obat jerawat atau yang digunakan. Semoga membantu!

Berita Terkait