4 Rekomendasi Model Rambut Pria Berdasarkan Bentuk Wajahnya

Senin, 5 Juli 2021 | 15:00:34

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

4 Rekomendasi Model Rambut Pria Berdasarkan Bentuk Wajahnya

Foto: Ladiestory.id

Bagi para kaum pria, memiliki model potongan rambut dengan gaya terbaru rasanya seperti sebuah keharusan. Baik memiliki rambut pendek maupun panjang, mereka akan selalu menginginkan model baru. Benar bukan?

Dari waktu ke waktu pun juga kebetulan selalu ada saja model rambut pria yang menjadi tren. Misalnya pada tahun 2019, yang banyak dipakai adalah model rambut undercut dan man bun.

Sedangkan tahun 2020 kemarin, berhubung karena adanya pandemi sebagian pria memilih gaya rambut gondrong. Karena kebetulan sekolah diliburkan, pekerjaan di rumah, jadi kebanyakan dari mereka malas untuk memotong rambut mereka.

Sebetulnya tidak ada yang salah dengan beragam model rambut pria yang selalu merperbarui per tahunnya. Hanya saja sebelum memantapkan hati untuk bercukur, sebaiknya Anda perhatikan dulu gaya potongan rambut yang sesuai dengan bentuk wajah dan tubuh pria.

Walau model potongan rambut pria terlihat mirip antara satu dengan yang lain, tetapi bukan berarti one size fits all. Terdapat beberapa potongan rambut yang bisa menyanjung wajah dan begitu pula ada juga yang sebaliknya.

Secara umum, wajah pria memiliki karakter yang berbeda dengan perempuan. Rahangnya lebih tegas dan biasanya tulang pipinya lebih padat. Memilih model rambut pria sesuai bentuk wajah dimulai dengan mengenali bentuk wajahmu sendiri.

Anda bisa melakukannya dengan cara berdiri di depan cermin kemudian posisikan kepala tegak. Pakai spidol untuk menggambar pinggiran wajahmu yang terpantul di cermin.

Gunakan kapas yang diteteskan aseton untuk menghapus bekas coretan bila Anda tidak sengaja menggunakan spidol permanen.

Lalu, lihat hasil akhir garis yang Anda buat dan itulah bentuk panjang wajahmu. Berikut adalah bentuk model potongan rambut yang sesuai dengan bentuk wajah.

  1. Front Puff

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Tekstur wajah persegi memiliki rahang yang cukup lebar dan tulang pipi yang tinggi serta membentuk empat sudut yang berbentuk persegi. Bentuk wajah persegi memiliki struktur wajah yang dapat dibilang cukup gagah dan maskulin.

Model potongan rambut yang cocok untuk bentuk wajah seperti ini adalah front puff, dimana bagian rambut atas dibiarkan panjang dan ditarik ke belakang, sedangkan bagian samping dan belakang dapat Anda potong lebih pendek.

  1. Short and Tight

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Memiliki rambut pendek juga tidak masalah. Namun, pastikan potongan rambut Anda bukan spike yang tajam ya. Pastikan juga bagian kanan dan kiri tetap tercukur rapi. Sisir ke belakang supaya menjadi lebih mirip quiff. Potongan rambut ini cocok untuk wajah persegi.

  1. Messy Fringe atau Slick Pompadour
foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Memiliki bentuk wajah segitiga, bentuk wajah ini memiliki ciri dengan rahang yang lebih lebar tetapi dahi yang sedikit lebih sempit.

Guna membuat dahi terlihat lebih lebar, Anda dapat mengenakan model rambut messy fringe atau slick pompadour. Messy fringe bertujuan untuk menutupi rahang Anda dengan menggunakan poni. Sedangkan slick pompadour akan memberikan kesan lebar dahi yang lebih ideal.

  1. Undercut

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Memiliki wajah berbentuk bulat yang memiliki struktur wajah yang hampir sama antara lebar tulang pipi dan panjang muka.

Tulang rahang pemilik wajah ini tidak terlalu tajam, sehingga sudut dan garis wajah tidak terlalu terlihat. Apakah Anda salah satu orang yang memiliki wajah bulat?

Model potongan rambut yang cocok untuk Anda kenakan yakni model undercut, model ini dapat membuat wajah Anda terlihat lebih tegas (tidak terlalu bulat).

Guna mempertegas bagian samping wajah, Anda dapat menipiskan bagian kanan dan kiri dan sedikit lebih tebal pada bagian atas.

Bila Anda ingin mengubah gaya rambutmu atau pasangan, gunakanlah model potongan rambut yang sesuai dengan wajah ya.