4 Tanaman Sayuran Yang Cocok Ditanam Di Rumah

Saturday, 17 Jul | 14:03:10

LS Health

Penulis : LS Health

4 Tanaman Sayuran Yang Cocok Ditanam Di Rumah

Foto: Website/popbela

Keterbatasan melakukan aktivitas di luar rumah membuat diharuskan #dirumahsaja. Berkebun buah dan sayur bisa dijadikan salah satu kegiatan produktif yang dapat dilakukan sehari -hari.

Hobi berkebun mudah untuk dilakukan, tanpa memerlukan lahan yang luas. Konsep yang dilakukan adalah urban farming. Istilah dari Urban farming biasanya digunakan sebagai kegiatan berkebun di lahan kecil atau di rumah perkotaan.

Foto: Website/berkeluarga.id

Langkah awal yang perlu dilakukan sebelum memulai urban farming pastikan kita menanam sayuran yang tepat.

Faktanya, tidak semua jenis tanaman dapat ditanam dengan cara urban farming. Salah satu cirinya, tanaman sayuran dapat langsung dikonsumsi setelah dipetik.

4 Tanaman yang Cocok Ditanam di Rumah 

  1. Bayam

Sayuran bayam yang identik dengan tokoh popeye ini menjadi tanaman yang cocok ditanam di rumah. Bayam dapat dijadikan tanaman dirumah dikarenakan proses penanaman dan pemeliharaannya yang mudah.

Langkah awal yang dipersiapkan adalah menyediakan benih bayam dengan media tanam berupa tanah yang sudah tercampur dari pupuk kompos dan kandang, pot,  polybag, dan air.

Foto: Pixabay/Devanath

Setelah itu, tahap pertama yang dilakukan yaitu penyemaian benih. Cara melakukan penyemaian benih dengan meletakkan benih bayam pada media tanam.

Kemudian, berikan jarak antara sat benih ke benih dengan yang lain supaya tidak berkecambah dan bergerombol.

Proses penyemaian ini biasanya berlangsung satu bulan. Benih yang sudah berkecambah dapat dipindahkan ke media tanam dan pot yang lebih besar.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bayam tumbuh pada lingkungan yang lembab. Maka dari itu, kita perlu menjaga kelembaban dengan menyirami bayam secara rutin.

  1. Terong

Buah berwarna ungu dengan ukuran buah yang besar ini dapat ditanam pada media kecil seperti pot atau polybag. Kapasitas Satu polybag dapat digunakan untuk satu bibit yang telah disemai.

Proses selanjutnya, bibit dipindahkan dalam polybag perlu ditancapkan tongkat kayu/bambu sepanjang 5-10 cm sebagai penyangga. Setelah itu, taruh pot di tempat yang sedikit teduh. Hal ini disebabkan tanaman terong termasuk sensitif jika mendapat panas terlalu terik.

Foto: Pixabay/abhi_jacob
  1. Arugala

Salah satu bahan salad, tanaman arugala mudah ditanam di rumah. Tanaman Arugala diawali melalui menaburkan benih pada media tanam tanah yang rata, halus, dan bersih.

Penanaman benih perlu diperhatikan tanpa terkena cahaya langsung dikarenakan arah cahaya dan menempel ke media tanam.

Media tanam yang lembab merupakan media sayuran arugula  bertumbuh.

Kita perlu menjaga kelembaban tapi disarankan tidak terlalu banyak air. Sayuran Arugula biasanya dipanen dalam 10 hari penanaman, dan memetik 1,5 cm tanaman dari media tanam.

  1. Daun Bawang

Daun bawang merupakan tanaman yang dapat tumbuh subur meskipun di lahan yang sempit. Selain itu, menanam daun bawang bukanlah sesuatu hal yang sulit. Satu polybag mampu menanam maksimal dua batang.

Foto: Pixabay/couleur

Cara menanam daun bawang dapat dilakukan melalui  benihnya (generatif) atau menyepih pada tanaman daun bawang yang sudah tumbuh (vegetatif).

Secara ideal, suhu untuk pertumbuhan daun bawang berkisar 19-24 C. Namun daun bawang dapat pada dataran rendah pada suhu panas. Jika dilihat dari karakternya, tanaman ini cocok untuk kota Jakarta.

Cukup siram teratur 1-2 hari sekali. Tanaman daun bawang tidak memerlukan kadar air yang banyak, namun usahakan untuk tidak kekurangan karena dapat mengganggu pertumbuhan.