4 Tips Buat Kamu Yang Menjalani Hubungan Jarak Jauh Dengan Pasangan

Kamis, 12 Agustus 2021 | 04:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

4 Tips Buat Kamu Yang Menjalani Hubungan Jarak Jauh Dengan Pasangan

foto:ladiestory.id

Banyak pasangan yang sudah lama memperjuangkan hubungan jarak jauh atau long distance relationship (LDR). Berdasarkan fakta, LDR memang sering menimbulkan pertengkaran. Jika masing-masing dari mereka tidak dapat menjaga kepercayaan dan tidak bisa menjalin komunikasi dengan baik, maka akan berujung salah paham. Sampai mungkin berakhir dengan perpisahan.

Tips Menjalani Hubungan Jarak Jauh (LDR)

Hubungan jarak jauh merupakan salah satu masalah yang kerap dirasakan pasangan kekasih, terlebih ketika Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat ditetapkan beberapa saat yang lalu, menjadikan jarak terasa makin jauh saja.

Sebelum pandemi saja, menjalani hubungan jarak jauh sudah berat. Hubungan ini dapat membuatmu merasa kesepian, sedih, dan bingung di waktu yang sama saat merindukan si dia.

Menjalani hubungan jarak jauh memang berat. Namun, terdapat beberapa tips menarik yang dapat dicoba, seperti di bawah ini.

1. Sikap saling memahami keterbatasan

Ladiestory.id

 

Layaknya yang dikatakan sebelumnya, dalam LDR sangat mungkin terjadi banyak perbedaan yang memicu lahirnya konflik. Maka dari itu, hal pertama yang mesti dipunyai pasangan LDR yaitu sikap terbuka dan memahami keterbatasan satu sama lain.

Keterbatasan ini dapat berwujud masalah fasilitas komunikasi (tidak setiap saat dia ada di tempat bersinyal bagus atau memiliki pulsa cukup), masalah kesehatan, ataupun ketersediaan waktu yang terbatas sebab mesti dibagi dengan pekerjaan atau pendidikan.

Harusnya, segala keterbatasan ini mesti dibicarakan. Bukan berarti mesti selalu lapor tiap jam mengabari keadaan, namun setidaknya semenjak awal hubungan atau begitu tahu akan terdapat kemungkinan bermasalah pada komunikasi, sebaiknya memberi tahu satu sama lain situasinya.

2. Jalani dengan Hati Ikhlas

Tips selanjutnya yang mesti kamu lakukan guna menjaga hubungan jarak jauh yaitu laksanakan hal ini dengan hati ikhlas. Ikhlas dan ridho! Meskipun kamu tidak menginginkannya, namun bila memang situasinya begini, lantas mau bagaimana lagi?

Untuk sementara, buang dulu egomu. Belajarlah menerima kondisi. Jika kamu ikhlas, maka melakukan LDR itu akan terasa mudah.

Sebaliknya, bila belum apa-apa kamu sudah tidak ikhlas, merasa tidak bisa, bahkan berpikiran buruk, ya hubungan LDR akan kacau.

3. Jadwalkan waktu berkomunikasi

Ladiestory.id

 

Untuk menghindari masalah yang mengikut sertakan omongan klasik, “Kok enggak angkat-angkat telepon aku sih?”, ada baiknya pasangan LDR membiasakan diri menjadwalkan kapan mereka memiliki quality time melalui telepon, chat, atau video call.

Memang sih, pada awal hubungan rasanya senang sekali diperhatikan pacar melalui telepon yang intens, namun bila berlebihan, lama-lama kamu dapat “diabetes”.

Tidak ingin kan, ketika kita sibuk dikejar deadline, dia malah membombardir dengan telepon, chat, atau bahkan pada media sosial? Sepakati pada awal hubungan kapan kalian dapat berkomunikasi, entah pagi, siang, atau malam hari, dan berapa kali dalam seminggu.

4. Bersikap Dewasa

Ladiestory.id

 

Kamu tahu kan, jika menjaga hubungan jarak jauh itu tidak mudah? Supaya hubungan kalian berdua dapat tetap harmonis dan awet, maka dibutuhkan sifat yang dewasa ketika menjalaninya.

Coba bayangkan saja, si dia udah kesepian. Eh, sekalinya menghubungi, kamu justru melakukan hal yang seperti itu. Kamu terlalu childish dan manja. Bisa-bisa dia jadi males menelepon kamu kembali, dan lebih memilih mencari orang lain yang ada disekitarnya.

Pasti kamu tidak mau hal ini terjadi, kan? Oleh sebab itu, cobalah bersikap dewasa. Pahami kondisi pasangan kamu, dan sebisa mungkin berikan perhatian untuknya.

Pintar pintar menjaga hubungan jarak jauh jika tidak ingin hubungan itu berakhir ya

Berita Terkait