4 Tips Merawat Perhiasan dari Tanah Liat, Cek Sekarang!

Minggu, 11 Juli 2021 | 07:03:57

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

4 Tips Merawat Perhiasan Dari Tanah Liat, Cek Sekarang!

Foto : Pinterest/Good Goods PL

Biasanya perhiasan itu terbuat dari batu-batuan atau manik - manik. Tapi lewat tangan seorang seniman asal Rusia bernama Alisa Laryushkina, tercipta perhiasan yang terbuat dari tanah liat atau polymer clay. Wah, unik bukan?

Umumnya perhiasan tanah liat ini dibuat anting- anting atau bandul kalung dengan berbagai bentuk dan ragam kreasi warna-warni. Karena terbuat dari tanah liat perhiasan ini pun tidak terlalu keras dan mudah dibengkokkan. Tapi juga tidak lentur, sehingga bila tertindih maka beresiko akan rusak.  

Karena itu dari mulai perawatan hingga penyimpanan juga harus dilakukan dengan hati-hati dan tidak bisa sembarangan, agar awet dan tidak mudah rusak. Lalu bagaimana perawatannya yang benar? Simak tips merawat perhiasan dari tanah liat dibawah ini.

Tips Merawat Perhiasan dari Tanah Liat

Foto: Pinterest/Good Goods ID

Memiliki perhiasan dari bahan yang tak lazim ini tentu jadi keunikan tersendiri, karena itu perawatannya pun harus dilakukan dengan khusus. Berikut tips merawat perhiasan dari tanah liat yang wajib kamu ketahui

1. Rajin Membersihkannya

Perhiasan anting yang terbuat dari tanah liat biasanya tidak mudah pudar warnanya dan tidak mudah rusak walaupun terkena air. Tapi sayang, bila kamu kerap menggunakan makeup, dan makeup tersebut menempel pada anting tanah liat yang kamu kenakan, lama kelamaan akan merusak anting kamu. Karena itu, kamu harus rajin membersihkannya dari noda makeup. . 

Cara membersihkannya adalah dengan menggosok area anting yang terkena noda makeup dengan menggunakan kain berbahan halus dan lembut. Kamu juga bisa menggunakan sikat gigi yang halus untuk membersihkan noda yang sulit hilang. 

2. Jangan Direndam Dalam Air

Foto: Pinterest/Sara Valentina

Meski perhiasan dari tanah liat ini tahan air, tapi sebaiknya  jangan menggunakannya pada saat berenang. Karena bagaimanapun, perhiasan  yang terbuat dari tanah liat ini juga akan basah jika direndam dengan air. Hal ini akan berpengaruh pada ketahanan dari perhiasan tanah liat.

3. Jangan Sampai Terkena Parfum atau Deodorant

Agar perhiasan anting yang terbuat dari tanah liat milik kamu awet, salah satu cara perawatannya adalah dengan menghindarkan dari deodorant atau parfum. Bila sampai terkena parfum maka akan ada stain pada anting tersebut. 

Karena itu, bila kamu mengenakan parfum atau deodoran di area leher dan sekitar, maka tunggu hingga kering dan barulah kamu pakai anting tersebut. 

4. Simpan Dalam Kantong Kecil yang Halus

Foto: Pinterest/Fimo Diy

Pada saat menyimpan perhiasan tanah liat, usahakan masukkan perhiasan  anting tersebut kedalam kantong kain kecil yang halus. Sehingga perhiasan tersebut tidak akan terkena barang tajam lainnya, karena perhiasan tanah liat ini mudah tergores. 

Nah, itulah 4 tips merawat perhiasan dari tanah liat yang bisa kamu terapkan, agar perhiasan anting atau bandul tanah liat kamu awet dan tidak mudah rusak. Semoga bermanfaat.