5 Bahaya yang Muncul Akibat Pakai High Heels Seharian

Jumat, 5 Mei 2023 | 21:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Bahaya Yang Muncul Akibat Pakai High Heels Seharian

Ilustrasi high heels. (Special)

Ladiestory.id - High heels memang menjadi salah satu item fashion yang wajib dimiliki oleh wanita, selain menunjang penampilan yang dapat membuat seseorang terlihat lebih jenjang dan tinggi serta dapat memancarkan rasa percaya diri, high heels pun kerap digunakan untuk seharian dalam beraktivitas apalagi bagi kamu yang bekerja disuatu tempat yang mengharuskanmu untuk menggunakannya seharian penuh.

Namun ternyata, item fashion yang satu ini pun memiliki berbagai bahaya risiko yang mengintai, lho. Bukan berarti enggak boleh terus-terusan digunakan, namun cari tahu dahulu penyebabnya seperti berikut ini.

Timbulkan Gejala Metatarsalgia

Ilustrasi menggunakan high heels. (Special)

 

Menggunakan high heels seharian dapat memicu munculnya gejala metatarsalgia. Hal ini dikarenakan adanya tekanan yang berlebih pada bantalan kaki saat menggunakan high heels pada tulang metatarsal di kaki. Tulang metatarsal ini merupakan tulang yang terletak dibagian punggung kaki yang memiliki 5 ruas.

Akibatnya dapat menyebabkan rasa sakit yang disebut metatarsalgia. Apabila dibiarkan dalam jangka waktu yang lama maka rasa sakitnya akan semakin parah sehingga tulang kakimu pun akan cepat rapuh.

Nyeri

Ilustrasi menggunakan high heels. (Special)

 

Yup, tak dapat dipungkiri apabila kamu menggunakan high heels seharian dan dalam waktu yang lama maka akan muncul rasa nyeri dibagian telapak kaki, tak hanya itu menggunakan high heels terlalu lama pula dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada syaraf kaki, lho.

Dilansir dari Healthline, penggunaan high heels yang terlalu sering dapat mengakibatkan sistem syaraf kaki mengalami foraminal stenosis, yakni suatu kondisi yang dapat menimbulkan gejala nyeri, lemahnya otot kaki, kram kaki, mati rasa hingga rasa sakit yang dapat menyebar hingga ke area bokong maupun kaki.

Terjadinya Perubahan Bentuk Jari Kaki

Ilustrasi menggunakan high heels. (Special)

 

Ladies, saat menggunakan high heels maka berat tubuh akan menonjol ke arah depan sehingga dapat mengakibatkan jari kaki menjadi berubah. Nah, kondisi ini pun dapat semakin lebih buruk apabila kamu sering menggunakan high heels dengan bagian yang runcing kedepan atau lancip. Menggunakan high heels yang lancip secara terus-menerus juga dapat menyebabkan bentuk jari dan kuku kaki menjadi berubah bentuk, kuku menjadi rusak bahkan menyebabkan infeksi jamur.

Melemahnya Otot Kaki

Ilustrasi menggunakan high heels. (Special)

 

Saat menggunakan high heels dalam jangka waktu yang lama maka otot kaki dan betismu akan lebih keras, sehingga otot-otot kaki bagian bawah, atas, dan belakang dapat kehilangan fungsi dan kekuatannya. Alhasil otot kaki maupun otot betismu akan melemah.

Kerusakan Sendi

Ilustrasi menggunakan high heels. (Special)

 

Ladies, menggunakan high heels dalam waktu yang cukup lama juga dapat menyebabkan terjadinya kerusakan sendi, tak hanya rasa nyeri yang begitu menyakitkan, apabila kamu menggunakan high heels dengan ukuran semakin tinggi maka semakin besar risiko yang akan kamu dapatkan.

Hal ini bukan berarti menakutimu untuk tidak menggunakan high heels, tetapi kamu bisa mengistirahatkan sejenak bagian kakimu agar dapat mengurangi rasa sakitnya, misalnya dapat diselingi dengan pemakaian sendal atau sepatu yang datar maupun tidak menggunakan alas kaki sekalipun.

Nah, Ladies itulah ke lima bahaya yang dapat timbul akibat menggunakan high heels seharian. Penggunaan high heels terlalu lama dapat menyebabkan kondisi tumit kaki semakin tinggi dan sehingga menyebabkan kondisi tulang kaki dapat tertekan. Sehingga hal ini dapat menyebabkan berbagai penyakit hingga cidera pada tubuhmu.

Nah, sebaiknya kamu bisa menyesuaikan tinggi high heels yang kamu gunakan agar kamu dapat beraktivitas dengan nyaman. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.