5 Cara Hilangkan Melasma dengan Bahan Alami, Bisa Dilakukan di Rumah!

Rabu, 13 Desember 2023 | 00:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Cara Hilangkan Melasma Dengan Bahan Alami, Bisa Dilakukan Di Rumah!

Ilustrasi Melasma pada Wajah. (iStock)

Ladiestory.id - Apakah kamu tengah mengalami masalah kulit berupa bercak hitam yang mengganggu bernama melasma? Jika iya, maka kamu wajib simak ulasan cara menghilangkan melasma dengan bahan alami yang mudah di lakukan di rumah.

Warna kulit yang tidak merata kerap menimbulkan wajah terlihat kusam dan lebih tua dibandingkan usia sebenarnya. Kamu mungkin lebih sering melihat hal ini terjadi pada perempuan.  Namun, hal ini juga tak menutup kemungkinan terjadi pada pria.

Sayangnya,  tak banyak yang tahu penanganan seperti apa untuk mengatasi hal ini. Sebab, kebanyakan perawatan melasma lewat kaitannya dengan treatment di klinik kecantikan yang memerlukan modal cukup banyak. Sedangkan, hal ini tidak bisa dilakukan semua orang. 

Nah, bagi kamu yang tengah mencari solusi mengatasi melasma namun dengan modal yang terjangkau. Maka, penggunaan bahan alami bisa jadi pilihan yang tepat untuk kamu coba. 

Lalu, apa aja sih cara menghilangkan melasma

dengan bahan alami yang mudah di lakukan di rumah? Daripada penasaran atau salah cara mendingan simak langsung ulasannya di bawah ini yuk!

Lidah Buaya

Ilustrasi Lidah Buaya. (iStock)

 

Pada pilihan  pertama dari cara menghilangkan melasma dengan bahan alami kamu bisa menggunakan lidah buaya. Bahan alami satu ini pasti sudah tak asing bagi kamu kan?

Memiliki kulit berwarna hijau dan berdiri membuatnya menjadi tanaman yang cukup unik. Namun, dibalik keunikannya tanaman ini juga menyimpan banyak kebaikan. Khususnya dalam merawat kesehatan kulit dan mengatasi hiperpigmentasi seperti melasma.

Di dalam lidah buaya terkandung arahan alami seperti allantoin, mineral hingga vitamin dan sifat anti inflasi. Kombinasi kandungan ini yang kemudian membantu kulit kembali sehat dan mengurangi tampilan melasma secara bertahap.

Selain itu, bahan alami ini juga mampu melindungi kulit dari dehidrasi dan mencegahnya dari kerusakan akibat paparan sinar matahari berbahaya. Jadi, sangat sayang jika kamu lewatkan penggunaan bahan alami satu ini bukan?

Tenang aja, cara pakainya juga sangat mudah. Kamu cukup mengoleskan gel lidah buaya secukupnya ke area wajah yang bermasalah. Biarkan mereka selama semalam dan lakukan setiap hati.

Lemon

Air Lemon. (Special)

 

Buah berwarna kuning ini dikenal akan rasanya yang asam. Namun, siapa sangka ada kandungan baik dialaminya lho. 

Tingginya asam sitrat di dalam bahan alami ini ampuh dalam menyamarkan noda hitam di wajah. Selain itu, vitamin C nya membantu mencerahkan wajah secara perlahan. Sehingga, ampuh dalam mengurangi tampilan wajah yang kusam dan warnanya tidak merata.

Cara pakainya juga sangat mudah. Kamu cukup mengirimkan menjadi dua bagian. Lalu, oleskan ke bagian pipi yang mengalami melasma. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal ya. 

Teh Hitam

Ilustrasi teh hitam. (Special)

 

Cara menghilangkan melasma dengan bahan alami berikutnya yaitu teh hitam. Bahan alami satu ini kerap menjadi pilihan minuman di pagi hari yang populer bagi masyarakat Indonesia.

Selain memberikan efek rileks usai meminumnya, teh hitam juga membantu menyamarkan masalah atau noda hitam di wajah secara perlahan. Hal ini bukannya tanpa alasan. 

Diketahui, ada kandungan berupa astringent yang dapat membantu mengurangi dan mencegahnya terjadinya pigmentasi di kulit. Selain itu, juga adanya kandungan anti inflamasi membuat kulit lebih tenang dan terhindar dari perdagangan. 

Cukup celupkan dua lembar kapas ke dalam gelas teh hitam. Lalu, tempelkan kapas ke area kulit dan biarkan selama 15 menit. Lakukan secara rutin sebanyak dua kali sehari untuk hasil yang maksimal. 

Kunyit

Kunyit. (Freepik)

 

Siapa yang tak kenal bahan alami ini? Kunyit merupakan salah bumbu dapur yang kerap dikenal akan kemampuannya sebagai pewarna alami dan penyerapan rasa. 

Namun, tahukah kamu bahwa ada kandungan berupa kurkumin yang ampuh membantu menyamarkan flek hitam. Bahkan, bahan alami ini dikenal juga ampuh dalam mencerahkan kulit. 

Kurkumin juga dapat mengurangi hiperpigmentasi atau warna kulit tidak merata. Cara pakainya juga sangat mudah lho. 

Cairkan 2 bubuk kunyit dan 1 sendok air mawar dalam satu mangkuk yang sama. Jika sudah, kamu bisa mengoleskannya ke wajah dan biarkan mereka selama 10 menit. Jangan lupa, setelahnya kamu bisa membalas wajah menggunakan air hingga bersih.

Tomat

Tomat. (Special)

 

Terakhir, ada pula cara menghilangkan melasma dengan bahan alami menggunakan tomat. Bahan alami satu ini memiliki kandungan yang membantu mencerahkan kulit juga lho.

Diketahui terdapat kandungan berupa likopen di dalam nya. Kandungan ini yang kemudian membantu mencegah kerusakan pada kulit dan mengurangi produksi melanin penyebab melasma.

Kamu pun bisa menggunakannya sebagai masker wajah secara teratur. Cukup haluskan hingga menjadi bubur lalu oleskan masker ke seluruh wajah dan diamkan selama 20 menit. Akhiri dengan membilasnya menggunakan air hingga bersih.

Pastikan kamu menggunakan cara di atas secara teratur. Lakukan selama 6-8 minggu kedepan untuk hasil yang maksimal. 

Jika kamu memiliki jenis kulit yang sensitif tidak disarankan mencoba cara ini ya. Disarankan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke dokter kulit untuk mencegah iritasi atau efek samping lainnya.