5 Cara Membuat Kuku Tampak Cerah dan Sehat Alami

Selasa, 11 Oktober 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Cara Membuat Kuku Tampak Cerah Dan Sehat Alami

Ilustrasi Kuku. (Special)

Ladiestory.id - Kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang juga harus diperhatikan tampilan dan kesehatannya. Kuku yang sehat tentunya juga harus mendapat perawatan khusus agar menunjang penampilan diri menjadi lebih optimal. Salah satu masalah yang sering timbul pada kuku tangan dan kaki adalah munculnya noda kuning, kuku rusak, mengelupas, bahkan menimbulkan bau yang tak sedap akibat tidak pernah dirawat.

Nah, selain melakukan perawatan di klinik kecantikan, kamu pun bisa membuat perawatan alami untuk kuku indahmu di rumah dengan bahan-bahan alami yang bisa membuat tampilan kukumu semakin cerah serta sehat alami seperti berikut ini.

Tea Tree Oil

Tea tree oil (Special)

 

Sering mendapati masalah kuku yang menguning, kamu juga dapat menggunakan bahan alami dari tea tree oil untuk mengembalikan warna cerah kuku seperti semula. Caranya pun cukup mudah. Sediakan 2 hingga 3 tetes tea tree oil dan juga minyak zaitun. Kemudian oleskan ke atas permukaan kuku secara merata dan diamkan hingga 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Kamu pun bisa melakukan ini sebanyak 2 kali sehari agar mendapat hasil optimal. Selain itu, manfaat tea tree oil dan minyak zaitun juga dapat membantu menghidrasi kuku, lho!

Cuka Apel

Ilustrasi Cuka Apel (Special)

 

Cuka apel juga memiliki banyak ragam manfaat bagi tubuh, baik rambut, kulit, hingga mengatasi masalah kuku. Agar kuku telihat sehat dan cerah alami, maka kamu pun dapat mengunakan setengah cangkir cuka apel dan air. Kemudian masukan permukaan kuku kedalam wadah dan diamkan selama 10 hingga 20 menit. Setelah itu, diamkan hingga meresap ke permukaan kuku dan kemudian tepuk-tepuk secara perlahan menggunakan handuk kering. Sifat antijamur pada cuka apel ini juga dipercaya dapat membantu mengatas infeksi pada kuku dan juga mencerahkan kuku yang menguning.

Air Lemon

Air Lemon. (Special)

 

Buah lemon juga merupakan salah satu bahan alami yang dapat mencerahkan kuku, memperkuat kuku yang rapuh, serta menjadikannya sehat alami. Jika kamu memiliki masalah kuku yang menguning dan berbau, maka kamu dapat membuat racikan bahan alami mencerahkan kuku dengan 2 sdm sabun cair, secangkir air hangat, dan setengah air perasan lemon yang dijadikan satu dalam wadah secara merata. Kamu pun bisa merendam kuku tangan dan kakimu ke dalam wadah tersebut, kemudian diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air bersih dan jangan lupa gunakan pelembab.

Ilustrasi garam. (Special)

 

Selain dijadikan sebagai bumbu dapur atau bahan penyedap rasa, garam juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mengatasi masalah kuku yang menguning. Garam juga ampuh membantu mengkis noda kuning dan bau pada kuku tangan dan kaki sehingga menjadikannya cerah kembali.

Cara penggunaanya pun mudah. Cukup campurkan 1 sdm garam dan setengah air perasan lemon. Kamu pun bisa membuat scrub kasar dari garam dan air perasan lemon, kemudian oleskan ke permukaan kuku hingga merata. Diamkan selama 5 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

Ilustrasi minyak kelapa. (Special)

 

Kandungan minyak jenuh pada minyak kelapa juga ampuh untuk membantu masalah kuku yang rusak dan rapuh. Selain itu, kandungan minyak jenuh ini juga dapat membantu mencegah terjadinya infeksi. Cara penggunaannya pun mudah. Cukup oleskan minyak kelapa pada setiap kuku dan pijat dengan lembut hingga meresap. Untuk mendapat hasil yang maksimal, lakukan aktivitas ini selama 3 kali sehari.

Itulah 5 cara membuat tampilan kuku agar tampak lebih cerah dan sehat alami semoga bermanfaat.