5 Cara Cerahkan Ketiak Hitam Agar Lebih Percaya Diri

Minggu, 26 Desember 2021 | 19:00:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

5 Cara Cerahkan Ketiak Hitam Agar Lebih Percaya Diri

Ilustrasi ketiak. (Special)

Ladiestory.id - Ketiak hitam masuk ke dalam masalah yang kerap dijumpai. Hal ini karena kulit ketiak cenderung lebih tipis dan kerap memperoleh gesekan. Sehingga tak heran jika kulit ketiak berubah ke arah yang gelap.

Kulit ketiak yang hitam dapat mengganggu penampilan dan menjadikan Kamu tidak percaya diri. Oleh karena itu, banyak orang yang mencari cara bagaimana memutihkan ketiak yang gelap. Cara memutihkan ketiak gelap dapat dilakukan dengan bahan alami dan bisa juga karena perubahan gaya hidup.

Warna gelap di kulit area ketiak umumnya bukan merupakan penyakit maupun keadaan medis. Ketiak gelap bisa dianggap sebagai respons kulit karena paparan unsur-unsur tertentu, sama seperti warna kulit coklat sebab hasil paparan sinar ultraviolet matahari. Kulit ketiak yang hitam timbul karena adanya penumpukan sel kulit mati atau karena keadaan ketiak kamu yang selalu berkeringat, sehingga menjadi daerah yang tepat bagi tempat tinggalnya bakteri pada kulit.

Tapi jangan khawatir, karena kamu dapat mencerahkan ketiak dengan cara cara di bawah ini.

Perubahan gaya hidup

Ilustrasi kegemukan. (Special)

Obesitas merupakan salah satu penyebab utama yang membuat ketiak menjadi gelap. Menurunkan berat badan kerap kali dapat memperbaiki masalah. Menurunkan berat badan pun termasuk ke dalam cara efektif dalam mengobati diabetes.

Berbincanglah dengan ahlinya mengenai strategi diet dan olahraga yang dapat membantumu menurunkan berat badan dengan sehat dan tidak memakai cara yang terlalu ekstrim.

Ganti deodoran atau antiperspirant

Ilustrasi ketiak. (Special)

Produk deodoran ataupun antiperspirant tertentu dapat mengakibatkan ketiak gelap akibat dari iritan kimiawinya. Hal ini dapat mengakibatkan peradangan, penebalan, dan penggelapan kulit seiring berjalannya waktu. Temukan produk deodoran yang tepat bagi kulit. Bila iritasi masih berlanjut, Kamu dapat berhenti mengenakan deodoran untuk sementara.

Jangan mencukur area ketiak

Ilustrasi mencabut bulu ketiak. (Special)

Ketiak gelap dapat dikarenakan oleh adanya akar rambut yang lebat pada bawah permukaan kulit sebab terlalu kerap bercukur. Oleh sebab itu, disarankan agar tidak mencukur bulu ketiak dan mengubahnya dengan teknik waxing. Teknik waxing merupakan mencabut bulu ketiak sehingga dapat menghilangkan rambut hingga ke akar. Maka dari itu dengan waxing diharapkan kulit ketiak bisa terlihat lebih cerah.

Eksfoliasi

Cara memutihkan ketiak gelap berikutnya yaitu dengan eksfoliasi. Ketiak gelap dapat dikarenakan akibat penumpukan sel kulit mati. Melakukan eksfoliasi atau scrubbing dapat membantu mengangkat sel kulit mati juga membantu regenerasi kulit. Eksfoliasi bisa merangsang pergantian sel. Hal ini menjadikan kulit ketiak terlihat lebih cerah dan halus. Kamu dapat mengenakan scrub eksfoliasi yang dijual atau mengenakan bahan alami layaknya bubuk kopi atau baking soda.

Mengonsumsi Obat-obatan

Bila Kamu menduga jika obat yang kamu konsumsi menyebabkan ketiak gelap, bicarakan dengan doktermu. Misalnya ketika seorang perempuan tengah minum pil KB dan menjumpai kulit ketiaknya berubah menjadi lebih gelap. Bila kontrasepsi oral merupakan sumber dari keadaan kulitmu, Kamu bisa mencoba beralih ke program kontrol kelahiran yang berbeda.