5 Cara Kurangi Nafsu Makan Berlebih

Sabtu, 25 Desember 2021 | 23:29:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

5 Cara Kurangi Nafsu Makan Berlebih

Ilustrasi perempuan makan berlebih. (Special)

Ladiestory.id - Tidak hanya nafsu makan kurang, namun nafsu makan berlebih juga sering menjadi permasalahan beberapa orang. Hal ini dapat menaikan berat badan hingga meningkatkan risiko tubuh mengembangkan kondisi kronis seperti diabetes dan penyakit jantung.

Terlepas dari apakah Kamu memiliki gangguan makan, mengurangi nafsu makan berlebih dapat menjadi tantangan yang sulit. Bahkan terdapat beberapa penelitian juga telah menemukan bahwa cara beberapa orang merespons makanan sangat mirip dengan cara para pengguna narkoba bereaksi terhadap obat-obatan terlarang yang membuat mereka ketagihan. Makanan bisa menjadi candu bagi beberapa orang.

5 Cara Mengurangi Nafsu Makan Berlebih

Kamu memerlukan beberapa stategi agar nafsu makan tidak meningkat. Yuk terapkan beberapa mengurangi nafsu makan berlebih seperti di bawah ini.

1. Minum Air Putih

Ilustrasi minum air putih. (Special)

Tubuh dapat salah mengartikan sinyal dari otak, ketika Kamu merasa ingin makan bisa saja itu sebenarnya adalah tubuh haus. Beberapa orang bisa hilang rasa ingin makannnya setelah ia minum air putih

Ketika hasrat ingin makan menyerang, cobalah minum segelas air dan tunggu beberapa menit. Jika keinginan itu hilang, tubuh kamu mungkin merasa haus. Ini juga bisa menjadi salah satu cara mengurangi nafsu makan berlebih.

2. Menambah Porsi Protein

Ilustrasi makanan mengandung protein. (Special)

Cara mengurangi nafsu makan berlebih selanjutnya yakni dengan menambah porsi protein ke menu makan kamu. Hal ini bisa membuat kamu akan lebih merasa kenyang sehingga nafsu makan akan berkurang.

Sebuah studi membuktikan, para responden yang sarapan dengan telur (kaya akan protein) selama 8 minggu, hasilnya 65 persen lebih sukses dalam menurunkan berat badannya. Setidaknya, harus ada 20-30 persen protein dalam porsi makan kit

3. Perbanyak Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Ilustrasi makanan mengandung serat. (Special)

Tidak hanya baik untuk pencernaan, kandungan serat dalam makanan juga cara mengurangi nafsu makan berlebih. Karena itu, manfaat serat yang satu ini baik untuk menekan nafsu makan-mu.

Beberapa jenis makanan tinggi serat, di antaranya kacang-kacangan, gandum, agar-agar, serta buah dan sayur. Selain banyak mengandung serat, makanan-makanan tersebut juga mengandung banyak nutrisi lain yang baik untuk kesehatan tubuh.

4. Jangan Melewatkan Waktu Makan

Tubuh bekerja setiap saat untuk mencerna makanan dan minuman. Oleh sebab itu, tidak baik jika seseorang sampai melewati waktu makan dan tidak mengonsumsi apapun selama lebih dari 4 jam.

Ketika melewati waktu makan, maka nafsu makan cenderung lebih besar pada saat waktu makan berikutnya. Ini kerap terjadi saat kamu menjalani aktivitas dengan melewatkan sarapan.

Dalam kondisi ini, tubuh akan mengeluarkan hormon ghrelin, yaitu hormon yang berfungsi mengirimkan sinyal lapar ke otak dan menyebabkan peningkatan nafsu makan.

Bahkan terdapat sebuah studi dalam British Journal of Nutrition menyebutkan orang yang makan 3 kali sehari lebih puas dengan konsumsi makanannya dan cukup kenyang selama 24 jam daripada orang yang makan 2 kali sehari.

Cara mengurangi nafsu makan berlebih, sebaiknya kamu  makan teratur 3 kali dalam sehari. Jika masih merasa lapar saat menunggu waktu makan berikutnya. Coba selingi dengan konsumsi camilan ringan yang sehat seperti buah-buahan.

5. Jangan Makan Terlalu Cepat

Ilustrasi makan gorengan. (Special)

 Dilansir dari laman Science Alert, mengunyah makanan terlalu cepat dapat menambah berat badan hingga memicu masalah jantung. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu mengurangi kebiasaan tersebut sebagai cara mengurangi nafsu makan berlebih.

Perlu dipahami, otak manusia memerlukan setidaknya 20 menit untuk mendapatkan pesan bahwa perut merasa nyaman dan harus berhenti makan. Jika makan secara perlahan, otak memiliki kesempatan untuk ikut merasakan nyaman saat makan. Hal ini secara otomatis mampu mengurangi nafsu makan yang berlebihan.