5 Cara Menjadi Wanita Soleha Idaman Calon Suami dan Mertua

Jumat, 23 Juli 2021 | 14:41:22

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

5 Cara Menjadi Wanita Soleha Idaman Calon Suami dan Mertua

Foto: Ladiestory.id

Ketika sepasang suami istri melahirkan seorang anak perempuan pasti semua orang akan mendoakan agar kelak anak terebut menjadi wanita yang soleha.

Wanita soleha merupakan wanita yang memiliki sifat taat dan bertaqwa kepada Allah SWT. Selain itu mereka paham agama, menutup aurat dan menjaga jilbabnya, pandai bersyukur, senantiasa beristigfar, dan taat kepada suaminya.

Sebab dalam Agama Islam, wanita merupakan makhluk yang paling dilindungi. Selain itu posisi wanita dalam Islam sangat ditinggikan dan dimuliakan.

Lebih lagi jika sang wanita menunjukkan bahwa dirinya selalu berusaha menjadi orang yang soleha. Maka segala keistimewaan termasuk pahala dan surga telah dijanjikan kepada wanita soleha.

Pada dasarnya, syarat untuk menjadi seorang wanita yang soleha tidak sulit dan tidak banyak.

Menjadi seorang wanita yang soleha hanya perlu melakukan dua hal yakni taat kepada Allah dan Rasul-Nya, serta taat kepada suaminya.

Apabila kedua hal itu dapat dilakukan dengan ikhlas oleh seorang wanita, maka dia sudah bisa disebut sebagai wanita yang soleha.

Namun jika Anda belum memiliki seorang suami, menjadi wanita yang soleha merupakan incaran bagi para lelaku dan orang tuanya untuk dijadikan menantu idaman.

Tapi pada kenyataannya, agar bisa menjadi wanita yang soleha ada banyak aspek yang perlu diperbaiki dalam perilaku seorang wanita. Hal itu terutama dalam perilaku kesehariannya.

5 Cara Menjadi Wanita Soleha

Foto: Ladiestory.id

Bagi umat Islam terutama wanita, aurat merupakan seluruh tubuhnya kecuali wajah, telapak serta punggung dan jari tangan dan kaki.

Wanita muslim  harus menutup auratnya dengan baik dari pandangan laki-laki yang bukan muhrimnya, hal ini sesuai dengan ajaran dalam Al-Qur’an.

Sebab ketika seorang wanita dapat menjaga aurat, maka laki-laki muslim juga akan mencari wanita soleha yang benar. Selain itu laki-laki muslim juga akan menghormati wanita yang menutup auratnya.

  1. Taat kepada Tuhan dan perintah-Nya serta menjaga ibadah

Foto: Ladiestory.id

Poin penting yang perlu anda lakukan adalah senantiasa menjalankan segala perintah dan jauhi segala larangan-Nya.

Taat kepada Tuhan juga bukan hanya dilihat dari kerajinannya dalam beribadah.

Tetapi juga dari hidupnya yang selalu berfokus pada sang pencipta. Selain itu sebagai wanita soleha usahakn untuk selalu istiqomah di jalan kebaikan.

Sebab, Allah sangat menghargai proses yang kita lakukan dan sangat mencintai seorang hamba yang istiqomah. Seorang wanita yang soleha tahu tujuan hidup dalam Islam adalah untuk beribadah kepada Allah.

Oleh sebab itu seorang wanita juga akan menjaga kekhusyukannya dalam beribadah terutama untuk menjalankan shalat lima waktu, berpuasa, memperdalam Al-Qur’an dan Hadits, dan sebagainya.

Dengan menjaga ketaatan kepada Allah dengan beribadah, kadar keimanan seorang wanita akan terangkat sehingga dia mampu menjadi seorang wanita yang soleha.

  1. Menjaga sikap dan pandangan mata

Foto: Ladiestory.id

Cara menjadi wanita soleha harus selalu tahu cara menjaga pandangan mata kepada lawan jenis yang bukan muhrim. 

Sebab memandang lawan jenis itu dapat menimbulkan berbagai macam pikiran yang mengarah ke perbuatan zina, walaupun hanya zina secara pandangan.

Usahakan untuk menjaga pandangan mata terhadap lawan jenis. Selain itu wanita soleha pasti juga dapat menjaga sikapnya. 

Wanita soleha berperilaku layaknya wanita yang anggun dan tahu kesopanan. Ini berpengaruh dengan apa yang dilakukannya sehari-hari.

  1. Menjaga pergaulan

Foto: Ladiestory.id

Bergaul juga bagian dari ibadah, karena itu cobalah untuk memperluas pergaulan. Sebab, dengan pergaulan yang luas orang akan menerima keberadaan kita.

Pergaulan juga sangat penting untuk mempelajari agama lebih dalam supaya menjadi seorang wanita soleha.

Namun, untuk menjadi wanita soleha perlu menjaga pergaulannya dimanapun berada namun tidak memilih-milih teman.

Sebab, pergaulan zaman sekarang semakin buruk, sehingga seorang wanita soleha dapat mengetahui mana pergaulan yang baik dan buruk untuk dirinya.

Selain itu, selalu berusaha menjaga diri dalam pergaulan terutama dengan lawan jenis.

Menjaga diri dengan menghindari untuk berduaan dengan lawan jenis yang bukan muhrim, dapat menjadi cara menghindari fitnah serta cara menghindari perilaku fitnah terhadap diri sendiri.

  1. Bersyukur

Foto: Ladiestory.id

Cara menjadi wanita soleha dengan selalu bersyukur akan apapun yang diperolehnya dalam hidup.  Apapun yang terjadi dalam hidup, tetaplah berlajar untuk bersyukur dan nikmatilah sebagai pelajaran hidup yang diberikan.

Bersyukur bukan hanya pada pengalaman hidup yang menyenangkan saja. Meskipun adanya keterbatasan bisa jadi menjadi sarana untuk meningkatkan kualitas diri kita.

Selain itu, dapat menjadi cara menghindari sifat takabur serta cara menghilangkan sifat sombong dan cara menghilangkan sifat angkuh sebagai seorang wanita.

Inilah cara menjadi wanita soleha yang dapat menjadi tuntunanmu dalam kehidupan sehari-hari. Semoga membantu!

Berita Terkait