5 Cara Mudah Atasi Rambut Rontok dengan Bahan Alami, Kamu Wajib Tahu!

Sabtu, 11 November 2023 | 00:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Cara Mudah Atasi Rambut Rontok Dengan Bahan Alami, Kamu Wajib Tahu!

Ilustrasi Rambut Rontok. (iStock)

Ladiestory.id - Rambut tentu menjadi mahkota bagi semua orang. Sebab, ketika rambut terlihat sehat dan berkilau mampu meningkatkan kepercayaan diri. Namun, bagaimana ketika harus mengalami rambut rontok? Ternyata, ada lho cara mudah atasi rambut rontok dengan bahan alami.

Diketahui, ada berbagai macam penyebab kerontokan pada rambut. Mulai dari bertambahnya usia, pola makan hingga stres berlebihan. Selain itu, kurangnya zat besi pada tubuh, gangguan tiroid hingga efek persalinan atau penyakit tertentu juga bisa membuat rambut menjadi rontok. 

Melihat tingginya masalah kerontokan yang dialami masyarakat inilah yang kemudian mendorong munculnya produk khusus. Tak ayal, mulai dari shampo, vitamin hingga minyak rambut berlomba-lomba memberikan klaim mencegah kerontokan yang efektif. 

Padahal, ada lho solusi yang lebih alami dan aman untuk kamu coba. Cukup dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah atau sekitar area kebun dan pekarangan. 

Nah, kira-kira bagaimana ya cara mudah atasi rambut rontok dengan bahan alami? Berikut ini ulasan lengkapnya sebagaimana dilansir dari Purplle Online. 

Minyak Kelapa

Ilustrasi Minyak Kelapa. (iStock)

Cara mudah atasi rambut rontok dengan bahan alami yang pertama adalah menggunakan minyak kelapa. Kamu tentu sudah tak asing dengan bahan alami satu ini bukan?

Bagi kamu yang memiliki masalah rambut rontok, kulit kepala gatal, rambut yang bercapang ata menipis. Maka, bahan alami ini sangat cocok untuk kamu coba. Khususnya sebagai pengobatan di malam hari. 

Sebab, minyak kelapa memiliki kandungan berlimpah berupa vitamin E, asam lemak, hingga antioksidan. Kombinasikan inilah yang kemudian membantu merawat rambut jika digunakan secara rutin. Khususnya dalam memperkuat folikel rambut serta menghidrasi area kulit kepala.

Kamu cukup menggunakan 2-3 sendok minyak kelapa dan oleskan  ke seluruh area rambut. Kemudian, pijat secara lembut selama beberapa menit. Lalu, biarkan kandungannya meresap selama semalaman. Jangan lupa, di pagi hari bilas rambut dengan shampo dan air hingga bersih ya. 

Kuning Telur Segar

Ilustrasi telur. (Special)

 

Kamu mungkin sering menyantap telur di pagi hari. Namun, tahukah kamu bahwa kuning telur bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk mengatasi rambut rontok. 

Sebab, didalamnya terkandung berbagai nutrisi. Mulai dari protein, vitamin A, D, biotin hingga folat. Kombinasi kandungan ini yang kemudian bekerja untuk mengatasi rambut rontok, rapuh hingga merangsang pertumbuhan yang lebih cepat. 

Tenang saja, cara pakainya pun terbilang mudah dan bisa kamu praktekkan segera. Kamu perlu mencampurkan 1 butir kuning telur dengan 1 sendok madu dan minyak zaitun. Kemudian, aduk hingga keduanya tercampur rata. Selanjutnya, oleskan ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala.

Jangan lupa, pijat lembut selama beberapa menit. Lalu, biarkan kandungannya meresap selama 30 menit. Jika sudah, kamu bisa segera membilasnya dengan shampo dan air hingga bersih.

Lidah Buaya

Ilustrasi Lidah Buaya. (iStock)

 

Berikutnya, ada pula cara mudah atasi rambut rontok dengan bahan alami dengan menggunakan lidah buaya. Tanaman yang kerap tumbuh subur di kebun belakang rumah ini menyimpan banyak nutrisi terbaik. 

Diketahui terdapat kandungan vitamin B12 serta asam folat didalamnya. Selain itu, ada juga vitamin A, C dan E yang berlimpah. Kombinasi kandungan-kandungan inilah yang kemudian bekerja dalam mencegah rambut rontok dan menyehatkan kembali sel-sel kulit kepala yang rusak. 

Kamu pun bisa menggunakannya dengan mudah. Cukup oleskan 3-5 sendok gel lidah buaya langsung ke rambut dan kulit kepala. Lalu, pijat lembut selama beberapa menit. Biarkan kandunganya menyerap selama semalam. Terakhir, kamu bisa membilasnya dengan air dingin hingga bersih. Lakukan minimal 2-3 kali dalam seminggu.

Bawang Bombay Segar

Ilustrasi bawang bombay (Spesial)

 

Jika kamu tengah mengalami masalah rambut rontok. Maka, kamu bisa nih mencoba bawang bombay segar. Beberapa hasil penelitian menunjukkan tanda adanya pengurangan jumlah rambut yang rontok. 

Tak ayal, bahan satu ini juga digunakan sejak lama sebagai bahan rumahan yang efektif hasilnya. Sebab, terdapat kandungan sulfur asam amino yang membantu meningkatkan kepadatan, pertumbuhan ingga regenerasi rambut lebih maksimal. 

Adapun caranya cukup dengan menghaluskan 1-2 buah bombay segar. Kemudian, peras dan pisahkan ampas serta airnya. Jika sudah, kamu bisa mengoleskan ampasnya ke seluruh area rambut dan membiarkannya meresap selama 1 jam. Terakhir, kamu bisa membilasnya segera dengan air hingga bersih.

Teh Hijau

Ilustrasi Green Tea dan Matcha. (Special)

 

Cara mudah atasi rambut rontok dengan bahan alami yang terakhir yaitu menggunakan teh hijau. Sebagian dari kamu mungkin menggunakannya sebagai minuman untuk diet. Namun, di luar itu ada manfaat untuk mengatasi rambut rontok lho. 

Hal ini dikarenakan adanya kandungan katekin yang dapat mengurangi pembentukan hormon androgen yang memicu kerontokan. Sehingga, jika katekin dapat menekan perkembangan hormon tersebut rambut menjadi lebih sehat dan berkilau.

Kamu hanya elu menyeduh 2-3 sendok teh hijau dengan air 1 gelas air panas. Lalu, biarkan meluruh dengan sendirinya. Jika sudah, kamu bisa memisahkan ampas serta airnya. 

Kemudian, oleskan ampas nya ke bagian rambut dan kulit kepala. Pijat lembut selama beberapa menit supaya meresap. Jika sudah, kamu bisa membiarkannya meresap selama 15 menit dan akhiri dengan membilasnya menggunakan air teh lalu ditutup dengan air bersih bersuhu normal.

Bagaimana? Mudah, bukan? Jadi, kamu mau coba mulai dari yang mana dulu nih, Ladies?