5 Contoh Adab Bergaul Yang Baik Kepada Orang Yang Lebih Muda

Senin, 16 Agustus 2021 | 04:19:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

5 Contoh Adab Bergaul Yang Baik Kepada Orang Yang Lebih Muda

foto:ladiestory.id

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak akan bisa terlepas dari bergaul dengan manusia lainnya pada kehidupan sehari-hari baik dengan orang yang lebih muda, tua atau dengan lawan jenis. Dalam agama Islam bergaul dengan orang lebih muda dan lawan jenis telah diatur oleh aturan Allah SWT.

Orang yang lebih muda adalah semua orang yang umurnya lebih muda dari kita. Mereka merupakan adik kandung, adik kelas di madrasah atau teman-teman bermain yang lebih muda umurnya.

Kepada adik-adik kita wajib membimbing dan menyayangi mereka. Kita mesti membagikan contoh dengan tingkah laku yang baik.

Pemuda dalam bahasa Arab disebut dengan syabab atau fata. Hal ini bida ditemukan di dalam al-Qur’an dan hadis nabi. Di dalam al-Qur’an tertuang dalam firman Allah Swt:

Artinya: “Mereka berkata: “Kami dengar ada seorang pemuda yang mencela berhala-berhala ini yang bernama Ibrahim”. (QS. An-Anbiya(21):60)

Sementara di dalam hadis Rasullullah saw Bersabda:

Foto: Viva

 

“Ada tujuh golongan manusia yang akan mendapatkan perlindungan oleh Allah dalam naungan (Arsy-Nya) pada hari yang tidak ada perlindungan (sama sekali) kecuali perlindungan darinya:

Seorang pemimpin yang adil, seorang pemuda yang tumbuh dalam ibadah (ketaatan) kepada Allah, seseorang yang hatinya senantiasa terkait kepada masjid, dua orang yang saling mencintai karena Allah, mereka berkumpul dan berpisah karenaNya.

Seorang laki-laki yang saat diajak (berbuat sesuatu yang dilarang agama) oleh seorang wanita yang memiliki kedudukan danberkumpul dan berpisah karenaNya, seorang laki-laki yang saat diajak (berbuat sesuatu yang dilarang agama) oleh seorang wanita yang memiliki kedudukan dan cantik, maka ia berkata:

“Aku takut kepada Allah Swt. “Seseorang yang bersedekah lalu ia menyembunyikan sedekahnya sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya serta seseorang yang berdzikir kepada Allah dalam kesunyian lalu kedua matanya meneteskan air mata. (HR. Bukhari-Muslim)

Kita senantiasa dianjurkan untuk bersikap merendah, yaitu bersikap sopan santun terhadap sesama orang mukmin, termasuk terhadap orang-orang yang lebih muda daripada kita. Dalam al-Qur’an ditegaskan pada Surat al-Hijr ayat 88, yang Artinya:

"…dan janganlah kamu bersedih hati terhadap mereka dan berendah dirilah kamu terhadap orang-orang yang beriman." (QS. al-Hijr : 88)

Adab bergaul yang baik terhadap orang yang lebih muda antara lain

1. Menolong bila ia dalam kesulitan

foto:ladiestory.id
foto:ladiestory.id

2. Bersabar menghadapi kemauannya 

foto:ladiestory.id
foto:ladiestory.id

 

3. Berbicara dengan sopan kepadanya 

foto:ladiestory.id
foto:ladiestory.id

 

4. Memberikan kasih sayang dan bimbingan kepada mereka 

foto:ladiestory.id
foto:ladiestory.id

5. Memberikan contoh dengan berbuat sesuai ucapanmu 

foto:ladiestory.id
foto:ladiestory.id

Sebagai seorang manusia yang beradap tentunya bergaul dengan orang yang lebih muda sama halnya bergaul dengan orang yang lebih tua dari kita. Saling menghormati dan membantu menjadi hal utama yang harus dilakukan menurut agama dan hukum sosial.  Semoga dengan adanya beberapa poin adab bergaul di atas kita bisa terus mengingat berbuat baik dalam bergaul tanpa melihat apapun.