5 Fakta Yang Kamu Perlu Tahu Tentang Eternity Ring Yang Cantiknya Timeless

Sabtu, 23 Januari 2021 | 09:05:16

LS Fashion

Penulis : LS Fashion

5 Fakta Yang Kamu Perlu Tahu Tentang Eternity Ring Yang Cantiknya Timeless

Eternity artinya abadi. Satu konsep yang sederhana namun punya makna dalam ini berusaha disimbolkan oleh sebuah cincin. Lahirlah eternity ring yang menunjukkan betapa cinta yang abadi itu memang sungguh ada. Deretan berlian di sepanjang cincin jadi tanda cinta yang tanpa batas. Apa saja fakta eternity ring yang perlu kamu tahu?

 

Cincin Dengan Deretan Berlian Atau Batu Mulia

Eternity ring adalah cincin berlian dengan deretan berlian atau batu mulia berukuran kecil dan senada. Model yang paling umum adalah deretan berlian menghias keseluruhan permukaan cincin. Meski ada juga variasi half up, yaitu deretan berlian menghias separuh cincin yang menghadap ke atas saja.

You Complete Me
You Complete Me eternity ring dari Frank and co.

 

Sudah Ada Sejak 4000 Tahun Lalu

Sejarah eternity ring sudah dimulai sejak 4000 tahun lalu di Mesir. Saat itu, yang populer adalah menaruh deretan batu berharga di sepanjang cincin. Eternity ring diberikan sebagai simbol cinta tanpa akhir. Bentuk cincin yang lumayan populer saat itu adalah bentuk ular melingkar yang menelan ekornya sendiri yang menyimbolkan keabadian dan siklus kelahiran dan kematian.

 

Eternity Diamond Ring Makin Populer

Meski eternity ring bisa dihiasi batu mulia jenis apa pun, tapi selama beberapa dekade belakangan berlian menjadi yang paling populer. Karena materinya yang sangat keras dan kuat, berlian jadi simbol buat cinta yang abadi. Jadi makna eternity ring yang melambangkan keabadian pun makin terasa dengan kehadiran berlian sebagai penghias utama eternity ring.

 

Aureola Wedding Ring Set dari Frank and co.
Aureola Wedding Ring Set dari Frank and co.

 

Diberikan Di Momen Perayaan Cinta

Setelah cincin tunangan dan cincin kawin, maka eternity ring ada di urutan ketiga cincin yang penting dimiliki oleh pasangan. Sebabnya, eternity ring sering diberikan sebagai hadiah perayaan pernikahan. Tidak perlu wedding anniversary dengan angka tertentu, semuanya bisa disesuaikan dengan nilai sentimental dan juga kemampuan finansial. Bahkan tidak sedikit juga kaum pria yang menghadiahkan eternity ring kepada pasangannya untuk memperingati kelahiran buah hati mereka yang pertama. Penting untuk menyesuaikan model cincin nikah, cincin lamaran dan cincin eternity ini supaya selaras pada tampilan keseluruhan. Salah satu caranya adalah memilih wedding ring set dengan tiga jenis cincin ini sekaligus seperti You Complete Me ring set dari Frank and co.

You Complete Me wedding ring set dari Frank and co.

 

Dipakai Bersama Cincin Kawin dan Cincin Tunangan

Dimanakah eternity ring dipakai? Karena sifatnya menjadi cincin ke-tiga yang terpenting, maka eternity ring biasa dipakai di jari yang sama dengan cincin tunangan dan cincin kawin. Lihat saja Kate Middleton yang memakai tiga cincin ini di jari manis kirinya. Begitu juga dengan Meghan Markle. Tidak hanya memakai eternity ring sebagai cincin ke-tiga, Meghan juga mengubah model cincin tunangannya yang awalnya adalah model plain band menjadi eternity band.

 

Menjadi Jewellery Set

Dalam perkembangannya, eternity style tidak terbatas hanya pada cincin saja, tapi juga ke gelang dan liontin kalung. Mulai dikeluarkan juga eternity bracelet dengan berbagai variasi modelnya. Eternity bracelet mendapat momen popularitasnya ketika dipakai petenis Chris Evert di event tenis dunia di era tahun 80-an. Tahun 2020 ini, rumah perhiasan Frank and co mengeluarkan seri eternity rings dan bangles yang diberi nama Flare Collection. 

 

Menjadi Inspirasi Parfum

Desainer terkenal Calvin Klein memberikan istrinya sebuah eternity diamond ring dari lelang koleksi King Edward XIII Inggris dan istrinya, Wallis Simpson. Tulisan ‘eternity’ tertulis dalam cincin tersebut dan menjadi inspirasi bagi Calvin Klein saat menciptakan parfum Eternity yang terkenal sampai saat ini.

 

Nama eternity ring mungkin sudah sarat makna, tapi deretan berlian tanpa akhir pada cincin ini memang jadi simbol cinta yang abadi tiada batas.