5 Film Bertema Nasionalisme Yang Bisa Temani Kamu Rayakan Kemerdekaan Indonesia

Selasa, 10 Agustus 2021 | 01:00:00

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

5 Film Bertema Nasionalisme Yang Bisa Temani Kamu Rayakan Kemerdekaan Indonesia

Foto: Ladiestory.id

Pada kondisi pandemi Covid-19 ini, perayaan Kemerdekaan Indonesia kelak yang ke 76 menjadi terbatas. Perlombaan yang biasanya diadakan, terpaksa ditiadakan guna mencegah penyebaran virus corona. Namun kamu tetap dapat menumbuhkan semangat nasionalisme melalu menonton film nasionalisme Indonesia.

Terdapat banyak film Indonesia yang mengusung tema nasionalisme. Kamu dapat memilih film mengenai pahlawan, maupun film ringan tetapi tetap mengusung semangat nasionalisme.

Karya anak bangsa mengenai dunia perfilm-an memang tidak hanya tentang romansa dua manusia saja, namun film-film yang mengambil tema rasa nasionalisme kepada bangsa Indonesia juga tidak jarang mampu menarik perhatian publik. Serentet penghargaan juga datang dari berbagai sisi, baik dari konten, produksi, kualitas film, pemain dan tema mampu mendapat respons positif dari peminat film.

Menonton film dengan tema nasionalisme dapat menjadi cara yang menarik dalam menumbuhkan rasa nasionalisme terhadap anak. Berikut adalah rekomendasi film film bertemakan nasionalisme yang kami sediakan untuk kamu.

1. Jenderal Soedirman (2015)

foto:instagram/moviecoid
Foto: Instagram/moviecoid

 

Salah satu pahlawan kemerdekaan Indonesia adalah Jenderal Sudirman. Beliau merupakan salah satu tokoh kunci yang melawan Belanda yang ketika itu hendak menjajah kembali Indonesia.

Diperankan oleh Adipati Dolken yang menjabat sebagai Jenderal Besar Soedirman, film ini mengisahkan sebuah perjuangan sang jenderal ketika terjadinya perang gerilya. Walaupun tengah sakit berat, Jendral Besar Soedirman tidak pernah absen menyerah dalam berjuang untuk tanah air.

Kisah Jenderal Soedirman telah banyak ditulis pada buku Sejarah, jadi kamu mungkin pernah membacanya. Namun dengan menonton film ini, kamu akan mendapatkan gambaran yang lebih nyata mengenai perjuangan sang Jenderal Besar Sudirman.

2. 5 cm

foto:instagram/herjunotali_indonesia
Foto: Instagram/herjunotali_indonesia

 

Kisah tentang perjalanan lima sahabat menuju puncak Mahameru guna mengibarkan bendera tepat pada perayaan kemerdekaan Indonesia. Walau didominasi kisah cinta dan persahabatan, tetapi perjalanan yang penuh tantangan dan rintangan serta diselingi dengan gambar keindahan alam Indonesia yang berulang kali tersaji, mampu menggugah kembali rasa cinta dan rasa bangga kita kepada Indonesia dan alamnya yang indah. Selain dalam bentuk film, kamu juga dapat membaca novelnya yang masuk ke dalam deretan best seller.

3. Laskar Pelangi

foto:instagram/imeldaachsanpublicity
Foto: Instagram/imeldaachsanpublicity

 

Jika film yang satu ini tentunya kamu sudah tak asing lagi ditelinga para penikmat film Tanah Air. Ya, Laskar Pelangi. Diadaptasi dari novel terkenal karya penulis Andrea Hirata, Laskar Pelangi menceritakan tentang sekelompok bocah Belitung yang memiliki mimpi untuk masa depan cemerlang mereka.

Tetapi karena suatu hal, SD tempat mereka menuntut ilmu terancam akan ditutup. Dengan segala cara, Lintang, Ikal, Mahar, Harun, dan kawan-kawan berusaha mempertahankan sekolah mereka.

4. Kartini (2017)

foto:instagram/robertronny
Foto: Instagram/robertronny

 

Film Indonesia yang memiliki tema nasionalisme berikutnya adalah Kartini. Film ini bercerita mengenai kisah tokoh emansipasi wanita, R.A. Kartini yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo dengan apik memerankan Kartini di film ini.

Kamu dapat lebih mudah membayangkan perjuangan Kartini supaya dapat terus belajar. Film ini dapat memotivasi kamu terlebih perempuan untuk tetap meraih pendidikan setinggi mungkin.

5. Soekarno

foto:instagram/mvppictures_id
Foto: Instagram/mvppictures_id

 

Seperti judulnya, film Soekarno ini bercerita tentang kisah perjuangan Bung Karno dalam merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah. Penuh makna dan pesan inspiratif, film arahan Hanung Bramantyo ini harus banget untuk ditonton. Terlebih lagi, menjelang kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus mendatang, sangat pas rasanya untuk menonton film Soekarno ini.

Ayo jangan ketinggalan untuk menonton film bertemakan nasionalisme di atas. Tanamkan sikap nasionalisme sejak dini!