5 Hal Penting Sebelum Membeli Perhiasan Berlian Secara Online

Senin, 23 November 2020 | 16:50:47

LS Lifestyle

Penulis : LS Lifestyle

5 Hal Penting Sebelum Membeli Perhiasan Berlian Secara Online

Kita tentu familiar dengan kalimat "Diamonds are a girl's best friend" yang adalah kutipan dari film mendiang Audrey Hepburn. Berlian memang terkenal cantik dan membuat penampilan lebih elegan. Jadi wajar kalau menjadi perhiasan yang diinginkan setiap wanita. Dewasa ini, kita bisa membeli berlian secara online, dengan harga yang juga lebih murah. Namun pertanyaannya, kira-kira aman nggak ya? Lalu bagaimana cara memilih recommended seller dan membedakan antara berlian yang asli dan palsu? Membeli perhiasan berlian secara online, itu berarti kita tidak bisa melihat dan memegangnya secara langsung untuk melihat kualitasnya. Karena alasan ini lah, maka diperlukan beberapa tindakan preventif dari kita sendiri, sebelum membeli. Jangan lupa perhatikan 5 hal berikut ini, yah.

Pilih Toko Yang Menyediakan Sertifikat

Ini adalah hal yang paling mendasar, yang wajib diperhatikan saat akan membeli berlian baik secara online maupun langsung di toko. Sertifikat yang digunakan untuk memastikan keaslian berlian adalah sertifikat GIA atau EGL. Keduanya dikeluarkan oleh institut terpercaya yang melakukan pengukuran sertifikasi terhadap berlian yang akan dibeli secara profesional. Faktor yang biasanya diuji adalah 4C yaitu; carat (karat), color (warna), clarity (kejernihan), dan cut (potongan). Selain keempat itu masih ada tes-tes lainnya. Hindari membeli berlian yang tidak disertai dengan sertifikat, karena kamu akan kebingungan untuk menilai kualitas berlian tersebut. Jangan mudah tergiur dengan harga murah tanpa sertifikat, ya! Bisa saja itu berlian palsu, atau bahkan hasil curian.

Beli Dari Penjual Berlian Yang Memiliki Kredibilitas

Membeli cincin kawin berlian atau perhiasan berlian lainnya secara online memang cukup riskan, karena kita tidak tahu persis siapa yang mengoperasikannya. Bahkan saat membeli di situs yang terlihat terpercaya sekalipun, kamu bisa saja menjadi korban penipuan. Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan riset online melalui Google, lihat bagaimana review secara keseluruhan dari orang-orang yang sudah pernah membeli di situs tersebut. Hal ini akan lebih mudah dicari tahu apabila pembelian berlian dilakukan di online marketplace, kita bisa langsung mengecek review dari para pembeli terdahulu.

Customer Service Pepresentative Yang Responsif

Mengingat harga berlian cukup mahal, artinya kita tidak bisa sembarangan membeli. Pastikan toko online tersebut memiliki customer service representative (CSR) yang baik dan responsif. Dengan begitu, kamu bisa menanyakan sampai detil tentang berlian yang diinginkan. CSR yang baik memiliki pengetahuan tentang produk yang dijualnya, jadi tanyakan langsung mulai dari harga, karat, warna, sertifikat, kebijakan pengembalian, dsb.

Pilih Opsi Pembayaran Yang Aman

Jika berencana untuk membeli cincin kawin berlian, kalung berlian, atau sejenisnya secara online, pastikan untuk membeli di situs yang memang sudah terproteksi. Hal ini bisa dipastikan saat memasuki halaman pembayaran. Situs yang memiliki kredibilitas biasanya akan menyertakan URL dengan HTTPS (S untuk secure) yang memastikan bahwa pembayaran yang dilakukan aman. Pada beberapa situs biasanya juga disertai dengan logo VeriSign. Jika mereka menyediakan opsi pembayaran dengan PayPal, ada baiknya untuk melakukan pembayaran via PayPal saja agar lebih aman. Bagi kamu yang berencana untuk membeli di marketplace, pastikan mereka memiliki kebijakan transfer untuk memastikan keamanan. Dengan kebijakan ini, uang yang di transfer baru akan dikirim ke toko yang bersangkutan ketika barang sudah diterim pembeli, dengan tidak adanya klaim untuk mengajukan penukaran atau pengembalian barang.

Cari Tahu Kebijakan Pengembalian Penukaran Barang

Membeli perhiasan berlian secara online memiliki resiko 50:50, entah karena pengemasan atau proses pengiriman yang kurang baik, sehingga menyebabkan produknya memiliki kecacatan. Karena itu, penting sekali untuk menanyakan kebijakan pengembalian atau penukaran barang yang disediakan dari toko tersebut.

Ada toko yang memiliki garansi pengembalian barang dalam waktu tertentu (14 hari misalnya). Lalu tanyakan juga dengan detil bagaimana proses pengembalian atau penukaran barangnya, dan cek apabila masih ada ketentuan lainnya yang berhubungan dengan penukaran atau pengembalian barang. Contohnya, apakah ada biaya pengiriman yang ditanggung oleh pembeli misalnya?

Sumber Foto Utama: Freepik.com