5 Jenis Elang Terbesar di Dunia, Bobotnya Capai Belasan Kilogram!

Rabu, 25 Agustus 2021 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

5 Jenis Elang Terbesar di Dunia, Bobotnya Capai Belasan Kilogram!

Foto: Ladiestory.id

Siapa sih, yang tidak tahu dengan jenis burung yang satu ini? Mereka diketahui sebagai burung pemangsa yang kuat. Ya, burung itu merupakan elang. Elang adalah burung predator yang berasal dari keluarga Accipitridae dan bergenus Aquila.

Mereka mempunyai cakar dan paruh yang kuat, begitu pula mata yang sangat tajam. Di sisi lain, elang pun mempunyai bobot tubuh yang cukup besar ketimbang dengan burung pemangsa lainnya.

Burung elang merupakan pemuncak rantai makanan dan yang menakjubkan, mereka diartikan sebagai simbol dari kebebasan dan kekuatan.

Jenis Elang Terbesar di Dunia

Berdasarkan One Kind Planet, burung elang mempunyai sekitar 60 spesies yang berbagai macam. Nah, dari puluhan spesies tersebut, terdapat yang digolongkan sebagai yang terbesar, lho. Berikut ini merupakan jenis-jenis elang terbesar di dunia.

1. Elang Haast

Foto: nzbirdsonline.org.nz

 

Elang haast (Harpagornis moorei) merupakan burung elang endemik yang berasal dari Selandia Baru, yang keberadaannya sudah punah. Elang haast pun mempunyai nama lain yang diketahui sebagai Elang Harpagornis.

Faktanya elang haast telah menjadi elang terbesar yang pernah hidup di dunia, dengan bobot mencapai 17,8 kilogram dan lebar sayap sepanjang 3 meter.

Melansir dari laman New Zealand Birds Online, elang haast telah punah sekitar 500-600 tahun yang lalu. Dahulu kala mereka hidup di pulau-pulau selatan Selandia Baru dan menjadi predator yang sangat ganas pada ekosistemnya.

2. Elang-Laut Steller

Foto: animals.sandiegozoo.org

 

Elang yang hidup di wilayah pesisir timur laut Asia ini termasuk burung pemangsa besar dan menjadi elang laut terbesar dari semua elang laut yang masih hidup saat ini.

Elang-laut steller (Haliaeetus pelagicus) mempunyai panjang tubuh sekitar 85-105 cm, berat tubuh 6,8 sampai 9 kilogram dan lebar sayap hingga 1,95 sampai 2,5 meter.

Hal itu membuat elang ini sebagai pemilik sayap terbesar diantara semua elang yang masih hidup.

Mangsa utama elang-laut stellar yaitu ikan dan burung laut. International Union For Conservation Of Nature (IUCN) menyatakan elang ini menjadi sepesis rentan. Sehingga, mereka dilindungi oleh hukum, terlebih di Jepang.

3. Elang Ekor Putih

Foto: Ladiestory.id

 

Elang ekor putih (Haliaeetus albicilla) beredar luas di Eurasia dan tergolong elang terbesar di benua Eropa. Elang ekor putih merupakan salah satu anggota dari genus Haliaeetus ataupun elang laut.

Mereka mempunyai berat tubuh sekitar 4,3 sampai 5,5 kilogram, lebar sayap mencapai 193 sampai 244 sentimeter dan panjang tubuh 74 hinga 92 sentimeter.

Elang ekor putih merupakan burung nasional dan simbol dari negara Jerman. Elang besar ini kerap memangsa ikan, burung serta mamalia kecil. Mereka diklaim sebagai sepupu dekat dari elang botak, yakni elang yang hidup di Amerika Utara.

4. Elang Ekor Baji Australia

Foto: trevorsbirding.com

 

Elang ekor baji merupakan elang terbesar di Australia dan salah satu yang paling besar di dunia. Lingkungan asli mereka terletak di Australia dan Papua Nugini. Elang ini diketahui juga dengan nama Bunjil atau Eaglehawk.

Mereka mempunyai lebar sayap mencapai 2,3 meter dan berat 3,2 sampai 5,3 kilogram. Umumnya, berat tubuh betina lebih berat dibandingkan jantan.

Seperti namanya, mereka mempunyai ekor berwujud baji atau segitiga dan menjadi satu-satunya elang dengan wujud ekor baji. Burung pemangsa ini merupakan lambang negara bagian Australia, wilayah Utara dan South Wales dan juga menjadi maskot tim sepak bola Australia, The West Coast Eagles.

5. Elang Harpy

Foto: gringosabroad.com

 

Panjang tubuh mereka bervariasi antara 89 hingga 109 sentimeter dengan berat mencapai 9 kilogram. Ukuran elang Harpy betina mencapai dua kali lipat ukuran elang Harpy jantan. Elang Harpy suka memangsa hewan yang juga seukuran dengan dirinya.

Selain tubunya yang besar, elang Harpy juga mempunyai kaki yang kuat dan cakar yang mematikan. Cakar mereka bisa tumbuh sepanjang 5 inci atau sekitar 12 sentimeter. Kaki dan cakar mematikan ini yang mempermudah mereka untuk menangkap mangsanya.

Di Amerika Selatan mulai dari Meksiko hingga Argentina Utara, elang Harpy tersebar di wilayah-wilayah tersebut. Mereka menempati kawasan hutan tropis, biasanya mereka ada di atas pohon kapas sutra dan membangun sarang di ketinggian 27 hingga 43 meter di atas tanah.

Demikian ulasan tentang jenis elang terbesar di dunia. Semoga tulisan ini bisa menambah wawasan, ya!

Berita Terkait