5 Jenis Kelinci Lop Paling Populer

Minggu, 19 Desember 2021 | 15:45:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

5 Jenis Kelinci Lop Paling Populer

Memelihara kelinci. (Special)

Ladiestory.id - Selain kucing dan anjing, kelinci merupakan hewan jinak yang bisa dipelihara di rumah. Wajah yang menggemaskan dan bulu yang lembut membuat banyak orang terpikat dan akhirnya menjadikannya hewan peliharaan di rumah.

Cara Perawatan Kelinci Jenis Lop

Merawat kelinci jenis lop bukanlah sesuatu yang susah untuk dilakukan, berikut tips merawat kelinci lop:

1. Kebersihan Kandang harus selalu diperhatikan

Kelinci jenis lop merupakan jenis kelinci yang rentan terkena penyakit apabila kondisi kandang kotor dan jarang dibersihkan.

2. Memberi Makan dengan Gizi Seimbang

Sebelum memberi makan kelinci lop perlu diukur dulu kalori dan nilai gizinya. Pemberian makan yang asal-asalan akan membuat imunitas kelinci tersebut menurun akibatnya kelinci akan mudah terserang penyakit.

3. Sisir Bulu Kelinci Agar Tidak Kusut

Pastikan Kamu rajin menyikat dan menyisir bulu kelinci jenis ini, karena bulu kelinci yang bersih dan tidak kusut menjadikan kelinci ini lebih sehat dan panjang umur.

Jenis Kelinci

Di dunia banyak sekali jenis kelinci. Masing-masing kelinci tersebut memiliki karakteristik tersendiri. Seperti halnya kelinci jenis lop. Tubuh yang mungil serta hidung yang pesek membuat kelinci ini terlihat semakin menggemaskan. Karakteristik yang membedakan kelinci lop dengan kelinci jenis lainnya adalah telinganya yang panjang dan jatuh ke bawah. Kelinci lop sendiri memiliki beberapa jenis, diantaranya:

1. English Lop

Kelinci English Lop
Kelinci English Lop. (Special)

Kelinci ini berasal dari Afrika namun dikembangkan di Inggris. Kelinci English lop memiliki ukuran tubuh yang cukup besar dengan berat 4-6 kilogram. Untuk harganya sendiri, kelinci ini terbilang cukup mahal mencapai 4 juta rupiah per ekornya.

2. French Lop

Kelinci French Lop
Kelinci French Lop. (Special)

Kelinci French lop merupakan jenis kelinci domestik yang dikembangkan di Perancis. Kelinci ini merupakan hasil perkawinan antara kelinci jenis English Lop dan Flemish Giant. Ukuran tubuhnya tergolong sangat besar dengan berat mencapai 12 kilogram. Kelinci ini memiliki ciri-ciri telinga yang panjang namun tidak sepanjang telinga kelinci English Lop, pada kepala bagian atas dari kelinci ini berbentuk kotak dan memiliki tubuh yang kuat.

3. Holland Lop

Kelinci Holland Lop
Kelinci Holland Lop. (Special)

Kelinci Holland lop berasal dari negara Belanda. Kelinci ini tergolong dalam kelinci mini dengan berat sekitar 1.8-2 kilogram ketika dewasa. Kelinci ini memiliki beragam warna, ada sekitar 80 jenis warna kelinci.  Ciri yang dimiliki kelinci ini diantaranya tubuh yang sintal, bulat dan pendek. Bahkan sekilas ketika dalam posisi duduk kelinci ini terlihat mirip dengan anjing bulldog. Kelinci ini terkenal sebagai kelinci yang tenang, lembut dan tidak agresif.

4. Mini Lop

Kelinci Mini Lop
Kelinci Mini Lop. (Special)

Mini lop merupakan kelinci yang berasal dari hasil persilangan antara holland lop, french lop dan chincillia. Kelinci ini tergolong kelinci domestik dan diakui oleh British Rabbit Council. Ukuran tubuh dengan wajah yang lebar membuat kelinci jenis ini terlihat proporsional. Kelinci mini lop juga dibudidayakan sebagai hewan peliharaan maupun hewan pertunjukan. Usia dari kelinci jenis ini termasuk panjang mencapai 12 tahun dengan berat tubuh mencapai 2 kilogram.

5. American Fuzzy Lop

American fuzzy lop
Kelinci American fuzzy lop. (Special)

American Fuzzy Lop merupakan hasil persilangan antara French Lop dan English Anggrora. Kelinci yang memiliki ciri hidung yang pesek, bola mata yang berwarna merah cenderung hitam dan bulu seperti wol ini telah mendapatkan pengakuan di Amerika pada tahun 1988. Sekilas kelinci ini terlihat seperti marmut karena ukuran tubuhnya yang kecil dengan berat badan 1.8 kilogram. Sifat manja dan aktif yang dimiliki oleh kelinci ini menjadikannya hewan yang banyak diminati untuk dipelihara.