5 Kesalahan Menggunakan Makeup di Usia 50 Tahun Ke Atas yang Sering Terjadi

Jumat, 20 Oktober 2023 | 00:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Kesalahan Menggunakan Makeup Di Usia 50 Tahun Ke Atas Yang Sering Terjadi

Ilustrasi Riasan Usia 50 Tahun. (iStock)

Ladiestory.id - Kesalahan dalam riasan yang paling sering terjadi adalah ketika meniru gaya makeup orang lain. Padahal, cara tersebut bisa saja tidak cocok dengan jenis kulit maupun wajah. Nah, dari sekian banyak kesalahan yang terjadi. Ada lima hal umum khususnya dalam kesalahan menggunakan makeup di usia 50 tahun keatas.

Tentunya, hal ini menjadi penting untuk diketahui. Sebab, tak banyak yang menyadari kesalahan ini dan terus melakukannya secara berulang. Hal inilah yang ternyata justru membuatmu semakin terlihat menua. Tentu kamu tidak menginginkannya kan?

Nah, kira-kira apa aja sih daftarnya? Simak aja yuk selengkapnya mengenai lima kesalahan menggunakan make up usia 50 tahun keatas yang wajib kamu ketahui berikut ini. 

Tidak Mencerahkan Mata Terlebih Dahulu

Obat tetes mata. (Special)

 

Kerap kali ketika menggunakan riasan, banyak yang mengabaikan hal ini. Alhasil, kondisi mata yang lelah atau merah menjadi kesalahan menggunakan make up usia 50 tahun keatas yang sering terjadi. 

Ada baiknya, jika kamu mencerahkan mata terlebih dahulu. Misalnya, dengan menggunakan tetes mata. Sebab, pada usia 50 tahunan mata menjadi lebih rentan menjadi merah atau lelah. Sehingga, kamu perlu untuk menggunakan produk satu ini dulu. 

Selanjutnya, kamu bisa mengaplikasikan eyeliner, eyeshadow atau eyebrow untuk menyempurnakan tampilan. Riasan mata pun menjadi lebih menawan dan sempurna. 

Tidak Menggunakan Concealer

Ilustrasi Memakai Concealer. (iStock)

 

Meskipun kini sudah ada banyak produk foundation, bb cream ataupun cushion yang sangat praktis untuk digunakan. Sayangnya, ketika kamu tidak menutupi area tertentu dengan concealer maka hasilnya menjadi kurang merata dan sempurna. 

Terdapat beberapa tempat di wajah yang menginginkan penjanna warna produk seusai kuli aslimu. Nah, menurut para ahli concealer bisa menjadi produk terbaik untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Dibandingkan dengan alas bedak yang lebih keras teksturnya. Concealer lebih lembut dan dapat menyatu sempurna dengan kulit. Sehingga, hasilnya terlihat natural dan segar. Kamu pun menjadi terhindari dari kesalahan dalam riasan. 

Terlalu Banyak Menggunakan Bedak

menggunakan bedak.jpg

Ilustrasi Riasan Bedak. (iStock)

Kesalahan menggunakan make up usia 50 tahun keatas yang sering terjadi berikutnya adalah terlalu banyak menggunakan bedak. Penggunaan bedak kerap dianggap dapat menyempurnakan riasan dan membuat tampilan wajah menjadi tahan lama.

Sayangnya, jika kamu menggunakannya terlalu banyak. Maka, wajah terlihat seperti tekstur kue yang menjadikanmu terlihat lebih tua dan kurang natural atau fresh. Bahkan, memudahkan terciptanya garis halus. 

Nah, dibandingkan menggunakan bedak untuk membuat riasan menjadi tahan lama. Kamu bisa menggantinya dengan setting spray yang memiliki kandungan pelembap tinggi. 

Sehingga, wajah menjadi lebih lembap, riasan tahan lama dan sekaligus ternutrisi sepanjang hari. Menarik bukan?

Menggunakan Eyeliner Gelap di Bawah Mata

Ilustrasi Penggunaan Eyeliner. (iStock)

 

Kamu mungkin sering melakukan hal ini untuk memberikan efek mata yang lebih cerah. Sayangnya, jika tidak dilakukan dengan tepat dan di area mata yang ps. 

Maka, akan membuat tampilan mata menjadi lelah dan tertunduk. Disarankan untuk riasan mata, kamu hanya perlu menggunakan eyeshadow pada bagian kelopak mata atas . Kemudian, membiarkan bagian bawah mata menjadi tetap segar. Sehingga, mata menjadi lebih terang dan fresh. 

Namun, jika kamu memang terpaksa menggunakannya. Dianjurkan menggunakan jenis produk yang bertekstur ringan. 

Tidak Menutup Bagian Garis Bibir

Ilustrasi Menggunakan Lipstik. (iStock)

 

Terkahir, kesalahan menggunakan make up usia 50 tahun keatas yang sering terjadi yaitu tidak menutup bagian garis bibir. Apalagi, jika kamu memiliki garis bibir yang gelap.

Kamu bisa menggunakan lip liner atau warna lipstik yang lebih menyerupai bibir untuk menutupinya. Pastikan kau mengisi sempurna pada bagian garis bibir tersebut. Sehingga, lipstik menjadi lebih tahan lama dan terlihat fresh serta natural. 

Jika kamu memiliki jenis bibir yang kering. Jangan lupa tambahkan penggunaan lip gloss pada akhir riasan bibir. Sehingga, ketahanan dan kelembapannya menjadi lebih lama.