5 Kunci Atasi Rasa Malas Saat Puasa Ramadan 2023, Wajib Coba!

Sabtu, 1 April 2023 | 15:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Kunci Atasi Rasa Malas Saat Puasa Ramadan 2023, Wajib Coba!

Ilustrasi Malas. (Special)

Ladiestory.id - Ketika menjalani puasa Ramadan dan tetap beraktivitas terkadang membuat rasa malas menjadi muncul. 

Misalnya, selepas sahur akan timbul rasa kantuk yang tersisa dan menjadikan tubuh ingin segera kembali berbaring. Bahkan, ketika berada di kantor pun tubuh tetap merasa lemas dan sesekali rasa malas muncul. 

Tak ayal kondisi ini membuat tubuh tidak produktif dalam menjalankan kegiatan. Tetunya, kondisi semacam ini akan berbahaya jika dibiarkan begitu saja dalam jangka waktu yang lama. 

Selain itu, kualitas ibadah maupun tingkat produktivitas menjadi menurun. Nah, kira-kira apa saja ya kunci atasi rasa malas saat puasa Ramadhan 2023? Berikut Ladiestory.id rangkum khusus untukmu.

1. Buat Goals Harian

Ilustrasi Goals. (Special)

Kunci atasi rasa malas saat puasa Ramadan 2023 yang pertama adalah membuat goals harian. Cara ini sangat efektif untuk meningkatkan semangat dalam diri. Bahkan, kamu juga termotivasi untuk segera menyelesaikannya sesuai tujuan.

Misalnya, kamu merencanakan memasak makanan kesukaanmu, membersihkan kamar yang berantakan hingga mencuci pakaian yang telah menumpuk.

Nah, dengan menyibukan diri melakukan berbagai kegiatan untuk mencapai tujuan. Rasa malas pun perlahan akan menghilang dan kamu dapat beraktivitas dengan baik seharian.

2. Kurangi Distraksi

Ilustrasi Bermain Ponsel. (Special)

Pernahkah kamu menjadi malas ketika memfokuskan diri bermain ponsel atau menonton film streaming? Jika benar, berarti kamu tengah  mengalami kondisi rasa malas yang berkepanjangan.

Kondisi ini tentunya tidak menguntungkan. Sebab, justru aka mengalihkanmu dari berbagai rencana kegiatan yang telah ditulis. 

Oleh karenanya, ketika mengerjakan sesuatu mulailah untuk menghindari diri dari berbagai distraksi. Namun, jika kamu telah menyelesaikannya dan menginginkan self reward kamu dapat kembali bermain ponsel maupun menonton film streaming dengan batas waktu yang telah ditentukan.

3. Hindari Kebiasaan Menunda

Ilustrasi Malas. (Special)

Kunci atasi rasa malas saat puasa Ramadan selanjutnya adalah hindari kebiasaan menunda. Siapa nih yang suka menunda pekerjaan? Jika kamu sering melakukannya, yuk mulai kurangi dari sekarang.

Sebab, kebiasaan menunda hanya akan membentuk kepribadianmu dan munculnya rasa malas. Mungkin ketika terjadi satu atau dua kali terasa tidak mengapa dan belum memiliki efek langsung.

Namun, jika kondisi ini berlangsung lama. Kamu justru akan nyaman ketika rasa malas muncul dan memilih untuk mengerjakan sesuatu ketika sudah mendekati waktunya. 

Misalnya, kamu akan mengerjakan tugas rumah atau kuliah. Karena kamu suka untuk menundanya. Kamu jadi tergesa-gesa untuk mengerjakannya ketika waktunya akan berakhir. Alhasil, kinerjamu pun kurang maksimal dan pekerjaan mu pun tak memiliki hasil yang optimal.

4. Fokuskan Pikiran untuk Menyelesaikan Kegiatan

Ilustrasi Fokus. (Special)

Ketika rasa malas muncul, kunci jitu untuk mengatasi rasa malas yaitu dengan memfokuskan pikiran untuk menyelesaikan kegiatan. Misalnya, ketika bangun tidur jangan hanya berdiam diri dan scrolling sosial media. 

Mulailah untuk memfokuskan diri memulai hari dengan rencana kegiatan yang telah disusun. Hindari melakukan hal lain diluar rencana yang telah kamu buat sebelumnya. Sebab, rasa malas justru akan semakin kua dan kamu pun kesulitan melakukan apapun.

5. Berikan Hadiah Kecil untuk Diri Sendiri

Ilustrasi Bahagia. (Special)

Kunci atasi rasa malas saat puasa Ramadan 2023 yang terakhir adalah memberikan hadiah kecil untuk diri sendiri. Cara yang sering diabaikan ini nyatanya sangat efektif dalam menghilangkan rasa malas saat puasa.

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan seperti memberikan hadiah berupa makanan lezat saat berbuka usai mengerjakan berbagai pekerjaan rumah.

Bahkan, kamu juga bisa memberikan hadiah lain pada diri sendiri dalam bentuk barang jika kamu berhasil mencapai goals yang telah ditulis.

Itulah enam kunci atasi rasa malas saat puasa Ramadan 2023 yang perlu kamu tahu. Sehingga, selama momen spesial ini kamu dapat meraih seluruh berkah dan menjadi pribadi yang lebih baik. Semoga informasi di atas bermanfaat dan selamat mencoba ya, Ladies!