5 Makanan Sehat Balita untuk Bantu Tingkatkan Kemampuan Otak

Sabtu, 20 Januari 2024 | 10:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Makanan Sehat Balita Untuk  Bantu Tingkatkan Kemampuan Otak

Ilustrasi Anak sedang makan. (Canva)

Ladiestory.id - Ternyata, ada lho makanan sehat untuk balita yang bantu tingkatkan kemampuan otak. Penasaran apa aja?

Ketika buah hati memasuki usia balita. Maka, pada masa ini ia akan mudah menyerap berbagai informasi yang masuk. Tak ayal, membuatnya banyak bertanya atau melakukan hal baru.

Utamanya pada usia 1-3 tahun balita tengah mengalami perkembangan kemampuan berpikir yang tepat. Oleh karenanya, selain memberikan pengetahuan secara lisan maupun visual perlu juga asupan gizi penting yang masuk ke dalam tubuh. 

Jika diabaikan, maka efeknya bisa memicu kelemahan dalam daya ingat maupun berpikir. Tentunya, hal ini tidak ingin kamu alami pada buah hatimu bukan?

Nah, tenang saja kamu sudah berada di artikel yang tepat. Supaya kamu tidak bingung atau salah pilih nutrisi, kamu bisa nih simak ide makanan terbaik untuk sang buah hati. Berikut ini penjelasan lengkap  yang telah dirangkum dari uclahealth.com. Yuk, simak!

Telur

Ilustrasi telur rebus. (Special)

 

Makanan sehat untuk balita yang bantu tingkatkan kemampuan otak di urutan pertama adalah telur. Makanan satu ini tentu sudah tak asing, bukan? Bahkan, bagi sebagian keluarga menyantap telur merupakan sebuah pilihan yang tepat. Selain mudah ditemukan, bahan satu ini juga memiliki harga yang terjangkau.

Namun, tak banyak yang tahu bahwa telur mengandung nutrisi yang berlimpah mulai dari kolin, protein hingga vitamin B12. Kombinasi kandungan ini, diketahui mampu bekerja untuk meningkatkan kecerdasan. Selain itu, juga dapat menambahkan kemampuan daya ingat serta fungsi kognitif  pada anak. 

Adapun anjuran mengkonsumsinya yaitu sebanyak 2 butir setiap harinya. Sebab, makanan ini mampu memenuhi kebutuhan kolin balita secara maksimal.

Makanan Laut

makanan laut seafood (Special)

Jika kamu pecinta makanan laut, ternyata bahan alami ini cocok jadi nutrisi balita lho. Hal ini karena kandungan proteinnya berfungsi maksimal dalam meningkatkan perkembangan otak anak.

Selain itu, ada pula kandungan lain seperti zat besi, seng, yodium, kolin hingga omega-3. Kandungan ini kemudian bekerja maksimal dalam meningkatkan kemampuan berpikir anak. 

Namun, tak semua jenis makanan laut bisa kamu sajikan. Hindari ikan yang mengandung merkuri tinggi seperti ikan tuna.

Kamu dianjurkan menyajikan makanan seperti ikan, kepiting, udang dan salmon. Hal ini karena bahan makanan tersebut termasuk rendah merkuri dan tidak menimbulkan gangguan pada saraf. 

Sajikan sebanyak 1 ons per minggunya dalam bentuk 2-3 kali makan. Tenang saja, makanan ini bisa dikonsumsi anak usia dibawah 3 tahun dengan pengolahan yang tepat.

Sayuran Berdaun Hijau

 

Ilustrasi sayuran hijau. (Special)

 

 

Makanan sehat untuk balita yang bantu tingkatkan kemampuan otak berikutnya yaitu sayuran berdaun hijau. Jadi, inilah waktu yang tepat untuk kamu mulai menyajikannya pada sang buah hati. 

Diketahui, sayuran mengandung zat besi dan folat yang berlimpah. Kombinasi nutrisi ini yang kemudian membantu meningkatkan kemampuan kognitif anak. Berbeda dengan anak yang tidak mendapatkan asupan ini, maka akan mengalami keterlambatan dalam daya pikir. 

Oleh karenanya, kamu perlu untuk memasukan sayuran berdaun hijau ke dalam makanan buah hati. Adapun pilihan sayuran yang direkomendasikan yaitu bayam dan kangkung.

Sebagai tambahan informasi, selain meningkatkan kemampuan berpikir kandungan ini meningkatkan daya ingat yang lebih baik. Jadi, sayang banget kalau kamu tidak mencobanya.

Daging Sapi Tanpa Lemak

Banner Artikel Ilustrasi Daging Segar. (Special)

 

Berikutnya, ada pula makanan daging sapi tanpa lemak yang cocok jadi pilihan. Bahan alami satu ini mengandung nutrisi yang tepat untuk balita.

Melansir dari uclahealth.com, terdapat kandungan zat besi dan seng yang berlimpah. Kombinasi inilah yang kemudian mengurangi risiko anemia pada anak. 

Selain itu, zat besi juga dapat bekerja efektif dalam meningkatkan kemampuan konsentrasi anak saat belajar atau beraktivitas. Bahkan, menurunkan risiko ADHD pada sang buah hati.

Yogurt

Ilustrasi pisang dan yoghurt. (Special)

Makanan sehat untuk balita yang bantu tingkatkan kemampuan otak di urutan terakhir yaitu yogurt. Makanan dengan rasa manis dan asam menyegarkan ini tentu sangat digemari anak-anak.

Selain rasanya yang lezat, ternyata ada pula kandungan baik di dalamnya misalnya, protein, kolim, seng, yodium. Kombinasi kandungan tersebut kemudian mendukung perkembangan otak sejak usia balita. Selain itu, juga meningkatkan kemampuan berpikir secara menyeluruh.

Kamu bisa menyajikannya dalam bentuk salad buah atau langsung mengonsumsinya. Apalagi, kini sudah banyak produk yoghurt yang praktis, bukan?