5 Mitos Tentang Menyusui yang Sebaiknya Tidak Dipercayai oleh Para Ibu

Senin, 13 Maret 2023 | 00:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Mitos Tentang Menyusui Yang Sebaiknya Tidak Dipercayai Oleh Para Ibu

Ilustrasi Ibu Menyusui (Hindustan Times)

Ladiestory.id - Bagi para new moms atau ibu baru tentu ingin memberikan berbagai kebutuhan yang terbaik bagi buah hatinya, salah satunya dengan memberi ASI. Pemberian ASI memang sangat penting dilakukan khususnya pada saat bayi baru lahir untuk terpenuhi kebutuhan nutrisinya. Pemberian ASI pun sangat baik jika dibandingkan dengan susu formula, hal ini dikarenakan ASI lebih mudah dicerna oleh bayi. Namun, ada beberapa mitos seputar ASI dan menyusui yang beredar di masyarakat membuat para ibu khawatir dan takut untuk memberikan ASI eksklusif. Nah, berikut ini ke lima mitos tentang menyusui yang sebaiknya tidak perlu dipercaya.

Bentuk dan Ukuran Payudara Mempengaruhi ASI

Ilustrasi ibu menyusui. (Special)

 Mitos pertama yang muncul di kalangan masyarakat ialah jika bentuk dan ukuran payudara ibu menyusui dapat mempengaruhi produksi maupun jumlah ASI. Nah, hal ini tidaklah benar ya, moms. Bukan berarti mereka yang memiliki ukuran payudara kecil tidak mampu memproduksi jumlah ASI, begitu pula sebaliknya. Ukuran payudara sendiri dapat dipengaruhi oleh jaringan lemak, namun jaringan lemak ini pun tidak mempengaruhi produksi jumlah ASI.

Setelah Melahirkan Tidak Bisa Memproduksi Cukup ASI

Ilustrasi ibu menyusui. (Special)

Para ibu muda tentu akan merasa dilema dan khawatir apabila tidak mampu memberikan kebutuhan ASI eksklusif pada buah hatinya. Maka tak jarang banyak diantara mereka merasa putus asa dan stres jika mendapatkan ASI yang sangat sedikit. Banyak yang mempercayai jika setelah melahirkan sangatlah sulit untuk memproduksi ASI. Alhasil mereka pun harus beralih ke susu formula sebagai solusi alternatif untuk memberikan susu pada buah hatinya. Eits, sebenarnya hal seperti ini memanglah wajar jika ASI yang dihasilkan sedikit setelah melahirkan. Namun, moms jangan khawatir karena seiring berjalannya waktu produksi ASI juga bisa bertambah sesuai dengan kebutuhan bayi.

Dilarang Minum Obat Saat Menyusui

Ilustrasi minum obat. (Special)

Tidak ada larangan jika moms mengonsumsi obat-obatan saat menyusui, bahkan kesehatan moms tetap harus terjaga saat menyusui agar tidak mudah jatuh sakit. Namun, yang harus diperhatikan adalah moms sebaiknya dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat dan dosis yang cukup sesuai kebutuhannya sehingga tidak mempengaruhi saat moms menyusui.

Payudara Cepat Kendur

Foto: Ladiestory.id

Sering menyusui bayi maka payudara moms akan cepat kendur. Nah, hal ini juga hanyalah mitos ya, moms. Saat moms hamil maka ukuran payudara akan membesar hal ini dikarenakan pengaruh akibat perubahan hormon semasa kehamilan berlangsung. Namun, yang harus moms ketahui sering menyusui tidak mempengaruhi perubahan bentuk pada payudara, perubahan bentuk payudara ini bisa saja disebabkan oleh kebiasaan pola hidup, faktor genetik maupun kondisi kehamilan.

Tidak Boleh Mengonsumsi Makanan Pedas

Ilustrasi ibu menyusui. (Special)

Nah, moms mitos selanjutnya yang kerap beredar dan sering dipercayai ialah mengonsumsi makanan pedas maka akan berpengaruh pada rasa ataupun produksi ASI, oleh sebab itu disarankan untuk para moms sebaiknya mengonsumsi makanan pedas. Eits, jangan salah kaprah moms, hal ini tidaklah benar. Moms masih bisa mengonsumsi makanan pedas pada saat menyusui bahkan hal ini pun tidak berpengaruh terhadap rasa ASI.

Nah, moms itulah ke lima mitos seputar menyusui dan mengASIhi yang paling banyak beredar di masyarakat. Jangan sampai moms mempercayai hal tersebut dan takut untuk memberikan ASI kepada si buah hati. Moms juga dapat mencari tahu berbagai informasi seputar menyusui agar tidak salah kaprah dan informasi yang diperoleh akurat kebenarannya. Semoga informasi ini bermanfaat.