5 Perawatan Skincare untuk Kulit Sawo Matang Agar Tetap Cantik

Kamis, 4 Februari 2021 | 09:34:13

LS Beauty

Penulis : LS Beauty

5 Perawatan Skincare Untuk Kulit Sawo Matang Agar Tetap Cantik

Kulit sawo matang merupakan warna kulit khas perempuan Indonesia. Warna kulit ini terlihat eksotis serta seksi. Tak heran, banyak orang Barat yang menginginkan warna kulit sawo matang seperti perempuan Indonesia. 

Selain itu, tanda-tanda penuaan juga lebih lambat muncul pada pemilik kulit sawo matang dan gelap. Sayangnya, masih banyak perempuan yang kurang percaya diri dengan kulit sawo matang yang dimilikinya. 

Alasannya, kulit sawo matang terkesan kusam, kurang terawat, serta tidak segar. Perawatan kulit sawo matang sebetulnya sama dengan tone kulit lainnya. Nah, berikut ini sederet perawatan kulit sawo matang agar kulit tampak cerah, terawat, juga eksotis yang telah dirangkum Ladiestory dari berbagai sumber. 

Rutin Mencuci Wajah 

Sama dengan warna kulit lainnya, pemilik kulit sawo matang juga harus rutin mencuci wajah minimal dua kali sehari, sebelum dan sesudah beraktivitas. Selain wajah tetap sehat dan bersih, juga menghindari kulit semakin gelap lantaran kusam. 

Pilih pembersih wajah atau facial cleanser berbahan natural yang dapat menutrisi dan mencerahkan tampilan kulit wajah seperti lidah buaya, teh hijau, witch hazel, dan chamomile

Tetap Pakai Sunscreen 

Pemilik kulit gelap memiliki daya toleransi lebih baik terhadap paparan sinar matahari, ditambah cenderung mengalami tanda-tanda penuaan lebih lambat. Namun, bukan berarti kulit sawo matang tak perlu memakai sunscreen

Penggunaan sunscreen menjadi perawatan kulit sawo matang yang tak boleh dilewati. Sunscreen berkhasiat melindungi kulit dari dampak buruk sinar UV seperti flek hitam, kulit kusam, kulit menggelap, penuaan dini, dan sebagainya. 

Apalagi pemilik kulit gelap berisiko lebih besar mengalami dark spot, hiperpigmentasi, dan warna kulit tidak merata. Untuk itu, gunakan sunscreen baik di rumah maupun beraktivitas di luar ruangan. 

Skincare Berbahan Vitamin C 

Kandungan vitamin C dalam skincare merupakan antioksidan yang melindungi kulit dari paparan sinar matahari, radikal bebas, juga polusi. Bagi pemilik kulit gelap, vitamin C mampu melancarkan dan menghalangi pertumbuhan melanin berlebih dalam tubuh. 

Produksi melanin berlebih dapat menyebabkan hiperpigmentasi dan dark spot. Karena itu, pilih skincare dengan kandungan vitamin C. Kandungan ini biasa ditemukan pada produk serum yang digunakan pagi atau siang hari. Ya, vitamin C berfungsi paling baik pada siang hari lantaran sifat antioksidan tersebut. 

Skincare Antiaging

Sementara untuk skincare malam hari, pemilik kulit sawo matang dapat memilih skincare dengan manfaat anti-aging, yakni meremajakan kulit dan melawan tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan dan garis halus. 

Sebab, tanda-tanda penuaan dini dapat menimpa tone kulit apa pun serta penuaan bakal muncul seiring berjalannya waktu. Kamu bisa menemukan skincare anti aging pada produk skincare seperti toner atau serum. 

Lakukan Eksfoliasi 

Dalam perawatan kulit, eksfoliasi penting dilakukan untuk semua warna kulit, terlebih perawatan kulit sawo matang. Hal ini bertujuan mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menyebabkan kulit kusam. Walhasil, kulit kembali bersih, segar, serta glowing

Untuk pengelupasan, kamu bisa memilih produk toner eksfoliasi dengan kandungan AHA dan BHA yang ringan. Bisa pula melakukan scrubbing. Lakukan eksfoliasi atau scrubbing satu hingga dua kali dalam seminggu. Jangan terlalu sering karena dapat membuat kulit tipis dan iritasi.