5 Ayat Al-Qur'an tentang Pernikahan Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Kamis, 9 Desember 2021 | 10:45:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

5 Ayat Al-Qur'an Tentang Pernikahan Lengkap Arab, Latin Dan Artinya

Foto: pernikahan Ria Ricis (spesial)

Ladiestory.id - Pernikahan merupakan suatu yang sakral, menyatukan dua insan manusia secara sah dari segi agama dan negara. Pernikahan merupakan salah satu ibadah, dan bisa jadi gudang pahala bagi kita.

Ayat Al Quran Tentang Pernikahan

Dalam Al-Quran juga dijelaskan mengenai pernikahan. Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam tentang makna pernikahan di dalam Al Quran. Berikut penjelasan tentang ayat Al Quran yang membahas pernikahan.

Foto: ilustrasi Al-Qur'an (spesial)

QS An Nisa Ayat 22

وَلَا تَنْكِحُوْا مَا نَكَحَ اٰبَاۤؤُكُمْ مِّنَ النِّسَاۤءِ اِلَّا مَا قَدْ سَلَفَۗ اِنَّهٗ كَانَ فَاحِشَةً وَّمَقْتًاۗ وَسَاۤءَ سَبِيْلًا

Walaa tankihuu maa nakaha aabaaukum mina alnnisaa-i illaa maa qad salafa innahu kaana faahisyatan wamaqtan wasaa-a sabiilaan.

Artinya: "Dan janganlah kamu menikahi wanita yang telah dinikahi oleh ayahmu, kecuali pada masa yang telah lampau. Sesungguhnya perbuatan itu sangat keji dan dibenci Allah dan seburuk-buruk jalan (yang ditempuh)."

An Nahl ayat 72

وَاللَّهُ جَعَلَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا وَجَعَلَ لَكُمْ مِنْ أَزْوَاجِكُمْ بَنِينَ وَحَفَدَةً وَرَزَقَكُمْ مِنَ الطَّيِّبَاتِ أَفَبِالْبَاطِلِ يُؤْمِنُونَ وَبِنِعْمَتِ اللَّهِ هُمْ يَكْفُرُونَ

Waallahu jaaaala lakum min anfusikum azwajan wajaaaala lakum min azwajikum baneena wahafadatan warazaqakum mina alttayyibati afabialbatili yuminoona wabiniaamati Allahi hum yakfuroona.

Artinya: "Allah menjadikan bagimu pasangan (suami atau istri) dari jenismu sendiri, menjadikan anak dan cucu bagimu dari pasanganmu, serta memberimu rezeki dari yang baik. Lantas mengapa mereka beriman kepada yang batil dan mengingkari nikmat Allah?"

Ar Rum ayat 21

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Wa min ayatihi an khalaqa lakum min anfusikum azwajal litaskunu ilaiha wa ja'ala bainakum mawaddataw wa raḥmah, inna fī żalika la`ayatil liqaumiy yatafakkarụn.

Artinya: "Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya. Dia menciptakan pasangan untukmu dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan menjadikan di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda kebesaran Allah bagi kaum yang berpikir."

Q.S. Al-Baqarah ayat 223

نِسَاۤؤُكُمْ حَرْثٌ لَّكُمْ ۖ فَأْتُوْا حَرْثَكُمْ اَنّٰى شِئْتُمْ ۖ وَقَدِّمُوْا لِاَنْفُسِكُمْ ۗ وَاتَّقُوااللّٰهَ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّكُمْ مُّلٰقُوْهُ ۗ وَبَشِّرِ الْمُؤْمِنِيْنَ

Nisa`ukum ḥarsul lakum fa`tụ ḥarṡakum anna syi`tum wa qaddimụ li`anfusikum, wattaqullāha wa'lamu annakum mulaqụh, wa basysyiril-mu`minin.

Artinya: "Istri- istrimu adalah ladang bagimu, maka datangilah ladangmu itu kapan saja dan dengan cara yang kamu sukai. Dan kerjakanlah amal yang baik untuk dirimu. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa kamu kelak akan menemui-Nya. Sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang beriman.”

QS. An Nur ayat 32


وَأَنْكِحُوا الْأَيَامَى مِنْكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ إِنْ يَكُونُوا فُقَرَاءَ يُغْنِهِمُ اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Wa angkiḥul-ayama mingkum waṣ-ṣaliḥina min 'ibadikum wa imaa`ikum, iy yakụnụ fuqaraa`a yugnihimullaahu min faḍlih, wallaahu waasi'un 'aliim.

Artinya: "Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) dan Maha Mengetahui."

Itulah beberapa ayat suci Al-Quran lengkap dengan latin dan artinya yang membahas tentang pernikahan. Semoga informasi tersebut dapat menambah pengetahuan kita.