Logo LadieStory.ID
LADIESTORY.ID | LIFESTYLE | 5 RAHASIA PERNIKAHAN BAHAGIA MENURUT PARA AHLI

5 Rahasia Pernikahan Bahagia Menurut Para Ahli

LS Lifestyle
Kamis, 04 Februari 2021 | 09:35:26
Durasi baca: 2 menit, 39 detik
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp
Bagikan ke Twitter Bagikan ke Facebook Bagikan ke Email Bagikan ke Whatsapp

5 Rahasia Pernikahan Bahagia Menurut Para Ahli 

Menjalani kehidupan pernikahan memang tak akan selalu berjalan indah dan mulus. Tentu saja akan menghadapi berbagai permasalahan yang membuat kehidupan rumah tangga mengalami pasang surut. 

Kehidupan berumah tangga memang tidak semudah yang dibayangkan. Ada banyak problematika yang harus dihadapi. Cinta saja tak cukup untuk menyatukan dua individu yang berbeda dalam ikatan pernikahan. 

Umumnya setiap pasangan suami istri menginginkan pernikahan yang bahagia dan langgeng. Berbagai cara dilakukan agar hubungan pernikahan bahagia. Nah, berikut ini rahasia dan tanda pernikahan bahagia menurut para ahli yang perlu dilakukan suami istri agar pernikahan bisa langgeng dilansir dari laman Lifehack.com. 

Baca juga: Studi Ungkap Pernikahan Mewah Berpeluang Besar Bercerai

Merayakan Kabar Baik Bersama 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan psikolog Shelly Gable, asisten profesor di UCLA, dan Harry Reis, profesor di University of Rochester, salah satu rahasia pernikahan bahagia adalah merayakan kabar baik dan kesuksesan bersama. 

Mereka menemukan pasangan bahagia tidak harus merayakan kesuksesan besar saja, seperti promosi pekerjaan, untuk menjadi bahagia. Sebaliknya, pasangan yang merayakan kemenangan setiap hari, seperti menemukan benda yang hilang, lebih cenderung mengalami pernikahan bahagia. 

Beri Ekspektasi Tetap Tinggi 

Pada masa lalu, sebagian besar pakar perkawinan mendorong pasangan untuk menurunkan ekspektasi mereka terhadap pasangan lantaran ekspektasi yang terlalu tinggi hanya akan menyebabkan kekecewaan. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengharapkan hal-hal baik dari pernikahan, kemungkinan besar membuat hal itu akan terjadi.

Sebuah studi pada 2004 yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology menemukan pasangan paling bahagia ketika ekspektasi mereka cocok dengan kemampuan yang dimiliki. 

Pasangan yang memiliki ekspektasi tinggi terhadap satu sama lain belum tentu akan kecewa, melainkan mengalami kepuasan pernikahan yang tinggi saat pasangannya mampu memenuhi ekspektasi tersebut. Hal ini sekaligus menjadi tanda pernikahan bahagia

Baca juga: Studi Ungkap Pernikahan Mewah Berpeluang Besar Bercerai


Katakan Terima Kasih

Mengucapkan terima kasih kepada pasangan adalah hal kecil yang dapat berdampak besar pada pernikahan. Penelitian dari Arizona State University pada 2007 mengungkapkan ucapan terima kasih kepada pasangan karena telah menyelesaikan tugas-tugasnya dapat membuat berkurangnya kebencian atas ketidakseimbangan yang dirasakan dalam tugas-tugas rumah tangga. 

Menunjukkan penghargaan atas kontribusi satu sama lain untuk keluarga bisa menjadi cara mudah untuk menjaga pernikahan yang bahagia. 

Berikan Ciuman pada Pagi Hari 

Kebiasaan kecil yang dilakukan bersama pasangan juga dapat menunjukkan tanda pernikahan bahagia. Misalnya, memberikan ciuman singkat sebelum berpisah saat pagi hari dapat memberikan manfaat bagi pernikahan sekaligus mengawali hari dengan sikap positif. 

Dokter dan psikolog Jerman menemukan pria yang berciuman dengan pasangannya sebelum berangkat kerja setiap pagi memiliki harapan hidup rata-rata lima tahun lebih lama dan menghasilkan uang 20 hingga 30 persen lebih banyak daripada pria yang tidak melakukan hal tersebut. 

Bahkan pria yang mencium istrinya sebelum pergi memiliki peluang lebih rendah untuk mengalami kecelakaan mobil dalam perjalanan ke tempat kerja. Karena itu, jangan mengabaikan hal-hal kecil ini dalam pernikahan.  

Baca juga: Rahasia Skincare Kulit Glowing dan Awet Muda Aktor Korea Park Seo Joon

Cari Keseruan dan Beri Kejutan 

Menghentikan kebosanan dalam pernikahan adalah bagian penting dalam menjaga hubungan yang bahagia. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Psychological Science pada Maret 2009 kebosanan dalam perkawinan dapat merusak kepuasan perkawinan. 

Kamu bisa mempertahankan kegembiraan dalam pernikahan dengan pergi berkencan, sering memberi kejutan satu sama lain, dan mencari aktivitas baru untuk dilakukan bersama sebagai pasangan. Dengan menjaga hubungan tetap segar dan menarik dapat meningkatkan peluang untuk membangun pernikahan yang langgeng. Ini juga menjadi tanda pernikahan bahagia

Tanda pernikahan anda bahagia Tips mempersiapkan pernikahan Menikah Pernikahan yang bahagia

RESPONSES

Give your comment here COMMENT

Related Posts

Trending On Lifestyle