5 Rekomendasi Mainan Pilihan Orang Tua Untuk Edukasi Anak

Kamis, 5 Agustus 2021 | 04:32:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

5 Rekomendasi Mainan Pilihan Orang Tua Untuk Edukasi Anak

Foto: Ladiestory.id

Di setiap umur anak, kegiatan bermain menjadi salah satu kegiatan penting guna membantu anak mengembangkan potensi yang dimilikinya. Dalam memaksimalkan perkembangan seorang anak, orang tua perlu menyediakan stimulasi yang sesuai, semacam memberikan mainan edukasi.

Melalui mainan, potensi sang anak akan lebih terasah hingga anak dapat sekaligus belajar terkait sekitarnya.

Kini terdapat begitu banyak beragam mainan edukasi yang ada di pasaran, tetapi dalam mencari mainan yang pas, kamu butuh melakukan beberapa pertimbangan, misalnya usia anak, kualitas, keamanan, sampai manfaatnya.

Mainan edukasi tidak berguna untuk menghibur si kecil saja, namun juga membantunya dengan memahami dunia, merangsang perkembangan otaknya dan juga meningkatkan kemampuan motorik ataupun kemampuan emosional hingga anak bisa belajar banyak hal dengan cara unik sejak kecil.

Seiring dengan berjalannya waktu dan bertambahnya usia, kemampuan berekspresi dengan kata-kata juga akan semakin meningkat. Dengan demikian, sang anak juga akan memperoleh dua manfaat sekaligus ketika memainkan mainan edukasi favorit nya.

Apa saja mainan yang dapat mengedukasi anak anak ya?

Kartu atau Board Games

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Usia 4 sampai 6 tahun adalah usia yang tepat guna belajar berkomunikasi dengan berkelompok. Banyak usia anak pada kisaran di atas yang umumnya hanya bermain sendiri mulai diperluas lingkungannya.

Bagi anak seusia ini, kamu dapat memilih mainan seperti kartu, board games, atau mainan sejenis lainnya. Mainan ini bisa dimainkan oleh anak kamu bersama denganmu maupun teman-temannya.

Anak kamu pun bisa merasakan kegembiraan ketika bermain bersama, belajar mentaati aturan main, dan perasaan ketika kalah maupun memenangkan permainan. Bila anak kamu memainkan permainan yang menang atau kalahnya disebabkan oleh strategi, ia akan mendapatkan kesempatan mengasah kemampuan berpikir logisnya.

Wooden Blender

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Kenalkan anak di dunia memasak dan dapur melewati mainan ini. Mainan tersebut adalah blender yang dilengkapi dengan 2 pcs buah, bisa dipotong-potong kemudian disambungkan lagi, pisau mainan dan gelas. Jadi sangat aman dan nyaman guna dipakai oleh anak-anak.

Mainan wooden blender ini termasuk pretend play, jadi anak-anak bermain peran layaknya tengah membuat jus asli sehingga dapat melatih motorik halus dan kasar, melatih koorinasi mata dengan tangan pun melatih imajinasi mereka. Memakai cat dengan warna yang menarik sekaligus aman untuk anak, sehingga ibu tidak perlu risau.

Balok dan Set Konstruksi

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Balok bagi anak 3-6 tahun umumnya dapat disusun sesuai kemauan, tidak hanya ditumpuk-tumpuk menurut warna. Kamu dapat memberikan balok dengan jumlah banyak sehingga anak dapat berkreasi menciptakan beragam bentuk maupun bangunan dari balok-balok itu, seperti Lego tetapi dengan ukuran besar.

Puzzle

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Semenjak umur 5 tahun, anak-anak telah dapat mulai mengenali bentuk dan ukuran. Oleh sebab itu, kami sarankan guna memilih puzzle siluet layaknya tangram maupun puzzle 3D. Mainan ini dapat berfungsi supaya anak dapat belajar memilih bentuk yang sesuai guna mengisi ruang kosong pada bagian tertentu. Dengan memikirkan perpaduan dan beragam wujud yang berbeda, kecerdasan anak ketika mengenal ruang serta kemampuan berpikir logisnya pun juga akan meningkat.

Kereta Ekspres Kayu

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Mainan ini mempunyai manfaat edukatif yakni melatih konsentrasi, melatih imajinasi, pengenalan warna juga mengembangkan imajinasi.

Mainan ini adalah mainan yang dibuat bongkar pasang sehingga juga dapat melatih motorik anak. Dilengkapi tali penarik sehingga berguna juga sebagai mainan bergerak yang sangat menarik untuk anak.

Sumber : review.bukalapak.com/pojoksatu.id/my-best.id