5 Cara Makeup Tahan Lama di Wajah

Senin, 27 Desember 2021 | 02:00:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

5 Cara Makeup Tahan Lama Di Wajah

Ilustrasi perempuan makeup. (Special)

Ladiestory.id -  Makeup memang merupakan salah satu upaya perempuan dalam mempercantik diri. Makeup juga tidak lagi dipakai saat ada acara-acara khusus saja, tetapi telah menjadi ritual wajib setiap hari bagi perempuan.

Menggunakan makeup juga perlu disesuaikan dengan kebutuhan. Bila hanya akan pergi hangout maka cukup gunakan makeup natural. Selain mengaplikasikannya lebih mudah, kelebihan mengenakan makeup natural ini akan menjadikan wajah tampak alami dan tidak mencolok. Hal ini karena makeup natural dapat menyesuaikan tone kulitmu. Saking pentingnya pemakaian makeup, semua orang mengharapkan makeup yang tahan lama.

Ilustrasi Cushion Terbaik. (Spesial)

Ketika makeup berantakan sedangkan Kamu mesti berjumpa dengan seseorang untuk sebuah keperluan tentu ini dapat membuat mood berantakan. Alhasil hari Kamu terasa menyebalkan dan Kamu menjadi merasa mudah marah.

Berikut adalah tips agar makeup dapat tahan lama.

Pastikan Wajah Bersih Sebelum Makeup

Ilustrasi mencuci muka. (Special)

Pertama, Kamu mesti membersihkan wajah terlebih dahulu. Jangan biarkan terdapat bekas makeup yang masih menempel sisa dari pemakaian makeup sebelumnya. Hapus minyak yang terdapat pada wajah, khususnya pada lekukan hidung dan bawah mata.

Hal ini bertujuan agar meminimalisir kemungkinan makeup luntur ketika Kamu berkeringat akibat cuaca panas.

Gunakan Pelembap

Ilustrasi menggunakan pelembab. (Special)

Pemakaian pelembap merupakan salah satu cara agar makeup natural dan tahan lama sebab membantu menyempurnakan makeup serta melindungi kulit. Walaupun wajahmu berminyak, Kamu tetap harus mengenakan pelembap.

Namun ingat, sebelum membeli pelembap, tentukan sesuai dengan kebutuhan kulit, layaknya membeli pelembap khusus bagi kulit berminyak atau mempunyai efek mattifying. Sementara untuk Kamu yang berkulit normal, ada baiknya kenakan pelembap yang ringan.

Gunakan Es Batu

Ilustrasi menggunakan es batu. (Special)

Suhu yang dihasilkan es batu dapat membuat pori-pori menjadi tertutup. Hal ini bagus bagi Kamu yang terbiasa mengenakan foundation dan bedak. Alhasil makeup menjadi lebih rapi, rata dan menyatu dengan kulit.

Ingat, putar-putar es batu pada bagian mata juga ya supaya kantong mata kempes dan hasil makeup lebih enak dipandang.

Jauhkan Tangan

Walaupun tidak disadari, salah satu yang menjadikan makeup tidak tahan lama yaitu tangan yang terlalu sering menyentuh wajah. Disisi lain terdapat banyak masalah yang dimunculkan oleh tangan yang membawa banyak bakteri tersebut.

Antara lain mengakibatkan iritasi, penyebaran bakteri ke wajah akan meluas, dan minyak pada wajah pun akan meningkat. Oleh sebab itu, menjauhkan tangan dari wajah merupakan salah satu upaya make up natural dan tahan lama.

Pilih Produk Waterproof

Produk waterproof ini membantu supaya makeup Kamu tidak mudah luntur.  Di sisi lain, perhatikan juga pemilihan warna foundation dan bedak. Jangan pilih yang lebih cerah juga lebih gelap dari warna kulit wajahmu.

Ada baiknya pilih yang warna yang seirama dan paling mirip dengan kulitmu. Ketika kulit menghasilkan keringat atau minyak berlebih, makeup akan luntur. Sesekali kamu dapat tepuk-tepuk menggunakan tisu kering. Namun foundation dan bedak yang berbeda dengan warna kulitmu, akan menjadikan Kamu tampak cemong, makeup berantakan dan tidak enak dilihat.