5 Tips Bantu Kembalikan Produktivitas Kerja Setelah Libur Lebaran

Kamis, 18 April 2024 | 14:30:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Tips Bantu Kembalikan Produktivitas Kerja Setelah Libur Lebaran

Ilustrasi perempuan kerja. (iStock)

Ladiestory.id - Ladies, waktu libur panjang telah habis, saatnya kembali beraktivitas seperti biasanya. Nah, biasanya di awal kerja seseorang mengalami rasa malas, kantuk  bahkan membuat semangat kerja menjadi menurun. Untuk mengatasinya maka kamu harus melakukan beberapa tips berikut ini untuk membantu mengembalikan produktivitas kerja agar lebih meningkat setelah libur lebaran seperti yang telah Ladiestory.id rangkum berikut, simak yuk!

Awali Hari dengan Semangat

 

Yup, hari pertama mulai beraktivitas dan bekerja seperti biasanya bukan menjadi hal yang menakutkan dan melelahkan, Ladies. Coba awali hari dengan semangat dan pikiran positif agar kamu lebih produktif menjalani hari. Jika di hari libur kamu bangun lebih siang dari biasanya, coba kembalikan harimu lebih pagi dengan begitu kamu kembali terbiasa bangun dan datang ke tempat kerja lebih awal.

Selain itu, untuk kembali membangkitkan semangatmu, kamu bisa memutar musik pagi yang lebih bersemangat dan ceria, atau kamu bisa berolahraga terlebih dahulu sebelum berangkat ke tempat kerja. Memulai hari dengan nada yang baik, bahkan dengan melakukan aktivitas kesenangan yang paling sederhana sekalipun dapat memainkan peran yang besar dalam menciptakan suasana hati secara keseluruhan sepanjang hari.

Atur Suasana Hati dan Berpikir Positif

Ilustrasi Mencatat Daftar Kegiatan Kerja. (Freepik)

 

Seperti yang kita semua tahu, kamu mungkin akan merasa frustasi karena libur panjang telah berakhir. Oleh sebab itu,  jangan bawa perasaan ini ke tempat kerja.

Ketika kamu membawa perasaan negatif ke tempat kerja, maka kamu  akan menghadapi kesulitan untuk mengatasi pekerjaan dan tidak akan bisa mencapai produktivitas kerja dengan optimal. Sebaliknya, bersikaplah positif dan fokuslah pada pekerjaan, atur suasana hati menjadi lebih baik sehingga akan menciptakan perasaan segar dan rileks dari dalam diri dan pikiranmu.

Buat Rincian Daftar Tugas yang Harus Diselesaikan

Ilustrasi Mencatat Daftar Kegiatan Kerja. (Freepik)

 

Supaya kamu tidak bingung untuk melakukan pekerjaan yang harus dilakukan di hari pertama beraktivitas, alangkah lebih baik jika kamu merencanakan daftar tugas ataupun pekerjaan yang harus diselesaikan. Nah, dengan cara ini akan memudahkanmu untuk lebih fokus dan membuat rencana kegiatanmu lebih tertata.

Jadi, untuk menghindari kelelahan di pagi hari, buatlah daftar to do list yang harus kamu selesaikan dan buatlah prioritas yang sesuai. Dengan begitu, kamu pun akan tidak terlalu stres dan memiliki energi yang lebih baik untuk menjalani hari. Membuat jadwal dan berjalan sesuai dengan rencana akan membantu kamu tetap fokus dan mampu mempersiapkan diri lebih baik untuk menyelesaikan tugas-tugas harian.

Mulai dengan Tugas Kecil dan Lakukan Perlahan

Ilustrasi Bekerja. (Freepik)

 

Seperti halnya olahraga, kamu perlu melakukan pemanasan terlebih dahulu. Terjun langsung ke dalam pekerjaan setelah istirahat yang panjang akan membuat kamu  merasa lebih stres dan terbebani.  Oleh karena itu, kamu dapat memulai  dengan tugas yang paling kecil dalam prioritasmu. Dengan menyelesaikan satu tugas dalam daftar yang telah kamu rencanakan sebelumnya,  maka kamu  akan lebih produktif dan akan membuat kamu bersemangat untuk menyelesaikan lebih banyak pekerjaan.

Atur Waktu Beristirahat

Ilustrasi Istirahat. (Pexels.com/)

 

Dilansir dari Egypt Today, peralihan dari suasana hati yang tenang dan santai ke kesibukan yang penuh adalah hal yang sulit, baik secara mental maupun fisik. Inilah sebabnya mengapa kamu juga perlu beristirahat sejenak di sela-sela hari kerjamu. Setelah setiap 90 menit bekerja, bangunlah dan beranjak dari meja kerjamu selama 5 atau 10 menit. Ini akan membuat segalanya lebih mudah bagi dirimu untuk  meringankan tekanan kerja jika ada.