5 Tips Buat Bayi Nyaman Ketika Cuaca Panas, Wajib Coba!

Sabtu, 6 Mei 2023 | 15:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

5 Tips Buat Bayi Nyaman Ketika Cuaca Panas, Wajib Coba!

Ilustrasi Bayi. (Special)

Ladiestory.id - Cuaca panas tentunya membuat siapa saja tidak nyaman. Begitupun dengan bayi kecil yang kesulitan menyejukkan diri. Oleh karenanya, sangat penting bagi kamu untuk mengetahui tips buat bayi nyaman ketika cuaca panas.

Sebab, ketika kamu membiarkan bayi terkena cuaca panas. Maka, dapat berisiko mengalami gangguan Sudden Infant Death Syndrome (SIDS). Misalnya, ketika cuaca panas bayi menjadi tetap tiur maka semakin meningkatkan resiko SIDS. Tntunya, keadaan ini sangat embayahakn bagi si kecil bukan?

Nah, untuk kamu yang tengah mencari informasi mengenai tips buat bayi nyaman ketika cuaca panas? Yuk, simak lima daftar lengkapnya berikut ini.

Berikan Pakaian yang Tepat

Ilustrasi Bayi. (Special)

 

Cara buat bayi nyaman ketika cuaca panas yang pertama adalah dengan memberikan pakaian yang tepat. Usahakan untuk mengenakan pakaian yang longgar serta ringan untuk anak. Sehingga, membuat bayi dapat nyaman bergerak seharian. 

Kamu dapat menggunakan bahan seperti katun atau linen yang lembut. Selain itu, bahan ini juga dapat menyerap keringat dengan baik. Ketika bayi berada di luar ruangan, berikan celana panjang, lengan panjang serta topi yang dapat melindungi si kecil secara maksimal dari cuaca panas. Bahkan, dari paparan sinar matahari yang berbahaya. Sebab, paparan sinar matahari banyak memiliki bahaya bagi si kecil.

Berikan Sirkulasi Udara yang Baik

Ilustrasi membersihkan rumah. (Special)

 

Diketahui, bayi tidak mudah untuk mengeluarkan keringat. Pdahal cara ini merupakan hal terbaik untuk mendinginkan diri. Oleh karenanya, kamu perlu menghindari meninggalkan si kecil di dalam ruangan yang panas atau mobil yang terparkir di lapangan terbuka. Cara ini sangat membantu untuk mencegah terjadinya heat stroke.

Sehingga, amat sangat penting untuk kamu memberikan sirkulasi udara yang baik. Pastikan ruangan si kecil memiliki ventilasi yang cukup. Supaya, udara dapat terus berganti dan bayi juga mendapatkan kesegaran di tengah cuaca panas.

Gunakan Stroller atau Car Seat yang Nyaman

Stroller Chelsea Olivia. (Instagram.com/chelseaoliviaa)

 

Selanjutnya, ada pula cara buat bayi nyaman ketika cuaca panas dengan menggunakan stroller atau car seat yang nyaman. Sebab, seringkali beberapa jenis stroller atau car seat justru tidak memiliki sirkulasi udara yang cukup baik.

Sehingga, ketika panas dari tubuh si kecil bercampur dengan stroller atau car seatnya ketika beraktivitas di luar ruangan. Maka, dapat menyebabkan rasa tidak nyaman untuk si kecil dan meanggunya saat beraktivitas. 

Alangkah lebih baiknya, pilihlah jenis baby stroller atau varr seat yang menggunakan bahan nilon ringan. Hindari bahan kain yang berat seperti denim. Ketika wajah si bayi mulai terlihat merah segera lakukan pertolongan pada si kecil dan tempatkan ia di ruangan yang sejuk dan nyaman.

Hindari Bayi Terkena Cuaca Panas

Ilustrasi bayi main di rumah. (Special)

 

Bagi kamu yang memiliki rencana untuk mengajak anak keluar. Maka, kamu perlu menghindari waktu yang membuat bayi terkena cuaca panas. Kamu perlu untuk menghindari keluar ruangan ketika pukul 10 siang hingga dua siang. 

Sebab, pada waktu ini sinar matahari sangat berbahaya bagi kulit. Namun, jika kamu tetap memerlukan berkegiatan di luar ruangan pada waktu tersebut. Gunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari sinar UV. Selain itu, dapat juga gunakan topi serta payung untuk memaksimalkan perlindungan terhadap kulit.

Perhatikan Kebutuhan Cairan Tubuh Anak

Ilustrasi Bayi Minum Susu Formula. (Special)

 

Cara buat bayi nyaman ketika cuaca panas yang terakhir adalah dengan memperhatikan kebutuhan cairan tubuh. Namun, bagi bayi yang berada dalam usia dibawah enam bulan hindari memberikan air putih. 

Sebab, ASI yang diberikan oleh ibu sama saja berfungsi untuk menghidrasi tubuh. Terutama, ketika cuaca panas tentunya bayi membutuhkan lebih banyak cairan tubuh 50% lebih banyak. Tingkatkan perhatian mu kepada bayi ketika cuaca panas.

Pahami maksud ketika anak mulai menjadi rewel, lesu hingga sering menangis. Bisa jadi itu merupakan tanda ia mengalami kepanasan. Kamu juga dapat mengeceknya dengan meletakkan tangan di perut maupun bagian belakang leher. Hal ini untuk mengetahui keadaan bayi apakah kepanasan atau tidak?