5 Tips Cerdas Atur Keuangan di Awal Pernikahan, Yuk Lakukan!

Sabtu, 6 Mei 2023 | 00:00:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

5 Tips Cerdas Atur Keuangan Di Awal Pernikahan, Yuk Lakukan!

Ilustrasi merencanakan keuangan bersama pasangan. (Special)

Ladiestory.id - Pernikahan merupakan babak baru dalam kehidupan seseorang. Ada banyak hal baru yang akan kamu rasakan setelah menikah. Kamu juga akan menjalani sebuah kehidupan yang mungkin akan berbeda dari sebelumnya. Jika sebelum menikah penghasilan yang kamu miliki hanya kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhanmu, kini setelah menikah kamu juga perlu memikirkan masa depan keluarga kecilmu.

Oleh karena itu, kamu perlu membuat perencanaan keuangan bersama pasangan sejak awal pernikahan. Tujuannya adalah agar kamu dan pasangan lebih siap dalam menghadapi segala tantangan yang berhubungan dengan finansial keluarga. Nah, Ladiestory.Id telah merangkum lima tips cerdas mengatur keuangan di awal pernikahan. 

Buat Anggaran Bulanan

Ilustrasi merencanakan keuangan bersama pasangan. (Special)

 

Hal pertama yang perlu kamu lakukan dalam mengatur keuangan adalah dengan membuat rencana anggaran bulanan. Karena kini kamu telah menikah, maka jangan lupa libatkan juga pasanganmu dalam hal ini ya. 

Kamu bisa menuliskan total penghasilan yang dimiliki dalam anggaran bulanan ini. Selain itu, catat juga semua biaya yang akan rutin dikeluarkan setiap bulannya serta siapkan juga dana darurat dan tabungan. Dengan cara ini, maka kamu dan pasangan dapat mengevaluasi pengeluaran yang tidak perlu serta dapat menentukan prioritas kebutuhan. 

Buat Rencana Keuangan Jangka Panjang

Ilustrasi merencanakan keuangan bersama pasangan. (Special)

 

Kamu dan pasangan tentunya menginginkan pernikahan yang langgeng bukan? Oleh karena itu, kamu dan pasangan harus mulai memikirkan masa depan rumah tangga kalian. Untuk mewujudkan cita-cita di masa mendatang, kamu dan pasangan harus mulai untuk membuat rencana keuangan jangka panjang. 

Rencana keuangan ini berisikan perencanaan untuk membeli rumah atau mobil, tabungan pendidikan anak, hingga dana pensiun. Yang perlu diperhatikan adalah adanya komitmen antara kamu dan pasangan untuk mewujudkan rencana jangka panjang ini. 

Terbuka dengan Pasangan

Ilustrasi merencanakan keuangan bersama pasangan. (Special)

 

Kamu dan pasangan dapat menjadi pasangan yang solid jika selalu bersikap terbuka termasuk dalam hal finansial. Semua penghasilan ataupun pengeluaran dalam rumah tangga, pasangan perlu mengetahuinya.

Begitu juga jika kamu ingin memutuskan suatu keputusan yang berkaitan dengan keuangan, maka sebaiknya bicarakan terlebih dulu dengan pasangan secara terbuka dan jujur. Tujuannya adalah agar keputusan yang kamu buat tersebut adalah keputusan yang tepat dan untuk menghindari risiko terjadinya masalah finansial di kemudian hari. 

Daftar Asuransi

Ilustrasi beli polis asuransi. (Special)

 

Asuransi menjadi hal yang penting untuk kamu miliki. Pasalnya, kamu tidak tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang. Asuransi berguna untuk memberikan perlindungan keuangan keluargamu. Misalnya saja jika ada anggota keluarga yang sakit atau mengalami kecelakaan, maka kamu tidak perlu mengambil dana tabungan untuk pengobatannya, kamu bisa mengandalkan asuransi. 

Namun, dalam memilih asuransi kamu perlu berdiskusi dengan pasangan jenis asuransi yang tepat, sesuai kebutuhan dan kemampuan. Kamu dan pasangan bisa mencari informasi tentang beragam jenis asuransi melalui internet ataupun melalui agen asuransi. 

Hindari Utang

Ilustrasi penggunaan kartu kredit. (Special)

 

Pada awal pernikahan, kamu dan pasangan perlu berkomitmen untuk menghindari segala jenis utang. Pasalnya, terlalu banyak utang akan membuat keuangan keluarga menjadi tidak sehat. Terlebih jika utang tersebut dilakukan secara diam-diam. Selain dapat merusak kondisi keuangan juga dapat menghancurkan rumah tangga. 

Pasangan yang baru menikah umumnya akan mudah tergoda untuk menghabiskan banyak uang untuk liburan maupun membeli barang mewah. Hal ini dapat terjadi karena merasa belum memiliki tanggungan berupa kebutuhan anak. Namun anggapan ini keliru, justru sebelum memiliki anak, kamu dan pasangan harus bisa berhemat dan menabung lebih banyak demi masa depan keluarga yang lebih baik.